Argo (2012)

Lester Siegel: Argo fuck yourself

Directed By: Ben Affleck

Cast: Ben Affleck, Bryan Cranston, Alan Arkin, John Goodman

Synopsis:

Pada tahun 1979 terjadi penyerbuan warga Iran terhadap Kedutaan besar AS di Tehran akibat “ikut campur”nya AS dalam memberikan suaka terhadap presiden bonekanya, Shah Reza Pahlevi. Pahlevi terkenal dengan kediktatorannya dan selama kepemimpinannya telah membantai ribuan warganya. Lebih dari 50 orang disekap dan hanya 6 orang yang berhasil lolos. Namun mereka hanya bisa bersembunyi di rumah salah satu warga Canada dan tidak bisa kemana- mana.

Tony Mendez adalah seorang agen CIA yang mempunyai ide brilian untuk pembebasan ini. Dia bekerja sama dengan produser Hollywood untuk membuat film palsu dengan publikasi dan persiapan asli berjudul Argo. Mendez akan mengeluarkan 6 orang warga AS tersebut dengan berpura- pura menjadi kru film Argo dari Canada.

Review:

Well, akhirnya pecah telor juga. Saya akhirnya mereview film yang tidak diputar di bioskop. FYI, saya hanya mereview film update yang sedang atau dikit lagi diputar di bioskop lokal. Sebenarnya sudah lama saya ingin mereview film ini. Akhirnya karena disulut oleh terpilihnya sebagai Best Picture di 85th Academy Awards, pendirian sayapun goyah. Saya akan mereview film di luar ciri khas review saya…. hopefully just for this once.

Ben Affleck mungkin salah satu praktisi Hollywood yang memiliki karir yang unik. Penonton awam pasti mengenalnya sebagai aktor. Namun sebenarnya karirnya sebagai aktor tidak terlalu membanggakan. Terbukti beberapa kali mendapatkan nominasi, dan memenangkan, piala razzie. Namanya memang mulai dikenal setelah memenangkan Best Writing bersama sahabatnya, Matt Damon, lewat Good Will Hunting 16 tahun yang lalu. Kemudian setelah beberapa kali mencoba peruntungan sebagai aktor, akhirnya karirnya mulai diakui setelah menduduki kursi sutradara lewat film- film seperti Gone Baby Gone dan The Town. Dan semuanya mendapatkan pujian dari kritikus.

Mari kita mulai menilai film Argo. Secara kualitas memang pantas Argo mendapatkan kredit sebagai film terbaik di ajang paling bergengsi itu. Affleck mampu merumuskan suatu film tegang tanpa harus banyak- banyak mengeluarkan efek ledakan dan tembak- tembakan. Cukup dengan adegan- adegan ringan, semacam terburu- buru menerbitkan tiket pesawat. Apalagi adegan klimaks di bandara yang memang dianggap apik. Banyak yang menyamakan adegan klimaks tersebut dengan film The Next Three Days. Namun bagi saya pribadi, film Argo lebih unggul.

Affleck juga tidak salah dalam memilih jajaran cast. Ke-6 aktor/ aktris yang memerankan kru palsu tersebut secara fisik mirip dengan orang aslinya. Namun mereka tidak hanya dipilih berdasarkan kemiripan saja. Kualtias aktingpun tidak mengecewakan. Mungkin yang paling menarik adalah penampilan duet Alan Arkin dan John Goodman yang memang pantas menyandang gelar scene stealer film ini.

Affleck juga terlihat semakin matang dalam memegang peran sutradara. Tidak sedikit yang menyayangkan dirinya tidak masuk ke jajaran nominasi Oscar sebagai sutradar terbaik tahun ini. Apabila namanya masuk, saya yakin koleksi piala Oscar Ang Lee kagak bakalan nambah satu.

Affleck cukup pintar menggambarkan warga Iran sehingga meskipun berada di pihak oposisi protagonis, mereka tidak nampak seperti antagonis. Narasi di awal film sudah menjelaskan alasan mengapa warga Iran membenci AS saat itu. Suatu strategi aman dalam mencegah kontroversi.

Namun tetap saja film ini membuat kontroversi di beberapa aspek. Salah satunya adalah penyangkalan pihak CIA. Malahan CIA sama sekali tidak mendukung film ini dan lambangnya pun tidak tampak di film ini.

Memang cukup disayangkan film seberkualitas Argo tidak tayang di bioskop lokal. Alasan politikkah? Atau SARAkah? Namun saya sebagai umat Muslim tidak merasa tersinggung dengan film ini. Karena kepiwaian Affleck yang sudah saya sebutkan tadi. Dia mampu membuat warga Iran tidak tampak seperti pihak antagonis.

So once again. Congratulations Affleck. Congratuliations Argo. Argo F**k Yourself…!!!

Rating:

9/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s