Olympus Has Fallen (2013)

Kang: “Takes 15 minutes for your armed forces to come to the White House. We took it down in 13.”

Directed By: Antoine Fuqua

Cast: Gerard Butler, Aaron Eckhart, Rick Yune, Morgan Freeman, Angela Bassett, Cole Hauser, Ashley Judd, Melissa Leo, Radha Mitchell

Synopsis:

Ketika sedang dalam perjalanan menuju sebuah acara penggalangan dana, iring- iringan mobil kepresidenan mengalami kecelakaan. Meskipun Presiden Ben Asher berhasil selamat, namun istrinya tewas dalam kecelakaan tersebut. Seorang pengawal pribadi presiden yang juga adalah sahabat sang kepala negara, Mike Banning, yang berhasil menyelamatkan sang presiden malah dikeluarkan dari dinas Secret Service dan bertugas di Treasury Departent.

18 bulan kemudian ketika sedang menyambut kedatangan Perdana Menteri Korea Selatan, Gedung Putih mendapatkan serangan dari sekelompok teroris yang akhirnya berhasil menyandera Presiden serta beberapa pejabat negara. Banning ketika penyerangan ikut masuk ke Gedung Putih dan ikut membantu mantan- mantan rekan Secret Service-nya. Dan dari semuanya hanya Banning yang masih hidup dan menjadi satu- satunya harapan untuk keselamatan presiden serta anak laki- lakinya.

Review:

 

Selepas kesuksesan Die Hard di tahun 1988 sudah menelurkan genre baru di dunia filem eksyen. Di mana setting tempat berlokasi di area yang terbatas. Film- film semacam dwilogi Under Siege, dwilogi Speed, Sudden Death, Dredd, Con Air, The Rock, serta film yang mengharumkan industri perfilman Indonesia The Raid, diamini sebagai penerus Die Hard. Setelah berulang kali gedung perkantoran jadi setting, apartemen, bis, kapal, kereta, pesawat, bahkan sampai stadiun hoki, Hollywood tidak kehabisan ide tempat apalagi yang bakal diobrak- abrik. Sekarang giliran gedung putih yang tahun ini bakalan 2 kali jadi sasaran aksi teroris.

Melihat trailer dan premis tidak sedikit pihak- pihak yang menyangsikan kesuksesan film ini. Namun ternyata ketika keluar tidak sedikit pula yang terpuaskan. Lupakan sejenak masalah kualitas akting ataupun skenario jempolan, karena ini bukan film Argo, Django Unchained, atau Lincoln. Lupakan ekspektasi atas ledakan dan aksi mega budget, karena Michael Bay tidak menangani film ini serta Jerry Bruckheimer tidak membiayai film ini. Taruh ekspektasi anda seperti menonton film- film aksi seru kelas B.

Faktor utama yang membuat kesuksesan film ini adalah faktor timing. Setelah kegagalan A Good Day To Die Hard yang dianggap kurang “Die Hard”, Olympus Has Fallen malah dianggap lebih “Die Hard”. Karena memang strategi pengulangan elemen- elemen Die Hard malah berhasil di film ini. Sebut saja penyarangan helikopter di rooftop, adegan Forbes bertemu Banning, serta yang lebih ketara adalah mulut Banning yang kasar. Tidak sedikit pula pihak- pihak yang menyangkan kenapa Fox tidak mengambil skrip Olympus Has Fallen sebagai naskah Die Hard 5-nya dulu.

Sebagai sebuah film aksi, Olympus Has Fallen menawarkan beragama adegan aksi brutal dan seru. Mungkin film kelihatan garing di 20 menit pertama. Namun begitu Gedung Putih kedatangan tamu negara, aksi- aksi seru dan ledakan akan menghiasi film yang berdurasi 120 menit ini. Taktik penyerangan gedung putih yang ditampilkan digarap dengan cukup masuk akal.

Dari jajaran cast, film ini cukup cerdik menghadirkan aktor- aktor punya nama yang memiliki tarif tidak terlalu mahal. Sebut saja Butler, Eckhart, Freeman, Judd, Yune, Leo, McDermott, dan Hauser yang ikut main juga di Die Hard 5. Butler sekali lagi membuktikan dirinya masih mampu tampil prima di film- film eksyen setelah cukup puas malang melintang di beberapa film- film romantis. Rick Yune sekali lagi tampil prima sebagai villain. Memang aktor ini sudah cukup membuktikan dirinya mampu dengan baik membawakan peran- peran penjahat yang memang menjadi spesialisasinya. Sebut saja di film- film semacam Ninja Assassins, The Fast and The Furious, dan Die Another Day. Cukup disayangkan memang aktor berbakat ini jarang sekali bermain film.

Selebihnya aktor- aktris pendukung lainnya dipilih seperti dengan sistem asal comot yang penting punya nama. Dan di antara jajaran aktor- aktris pendukung tersebut, ternyata terselip aktris cantik Ashley Judd yang masih terlihat hot.

Antoine Fuqua dianggap lebih berhasil membawa genre aksi 80an semacam ini ketimbang John Moore lewat Die Hard 5 nya. Fuqua memang cukup bertangan dingin dalam mengarahkan film aksi. Film- film semacam Training Day, Shooter, The Replacement Killers, Tears of The Sun, dan King Arthur cukup membuktikan kepiawaian sutradara negro plontos ini.

Sebagai penutup, film ini dijamin akan memuaskan dahaga para penggemar aksi laga. Saya jadi tidak sabar menyaksikan film sejenis yang kayanya lebih bermodal. White House Down yang dibintangi Channing Tatum, Jamie Foxx, James Woods, dan Maggie Gyllenhaal dan disutradarai oleh Rolland Emmerich akan rilis 28 Juni 2013.

Rating:

8.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s