Identity Thief (2013)

Sandy: You got hit by a car. Are you even human?

Diana: The trick is just relax your legs. Read it on Wiki-how.

Image

Directed By: Seth Gordon

Cast: Jason Bateman, Melissa McCarthy, Jon Favreau, John Cho, Morris Chestnut, Amanda Peet, Genesis Rodriguez, T.I. Harris, Robert Patrick

Synopsis:

Sandy Patterson adalah seorang korban pencurian identitas, di mana akibatnya kartu kreditnya dipakai oleh pelaku sampai overlimit. Selain itu si pelaku juga melakukan penyerangan terhadap seorang bartender dan mangkir dari panggilan sidang. Karenanya Sandy mau tidak mau harus berurusan dengan polisi.

Dan demi membersihkan namanya, Sandy harus pergi ke Florids dan menangkap sang pencuri identitas, yang dikenal bernama Diana, dan meyakinkannya untuk ikut serta dengannya ke Detroit untuk membersihkan nama baiknya.

Review:

Image

Apakah anda termasuk orang yang sudah menyaksikan film Horrible Bosses yang rilis 2 tahun yang lalu? Film yang menceritakan 3 orang yang ingin membunuh bosnya yang merusak hidupnya (believe me… most of employee has the same dream…) ini termasuk salah satu film komedi favorit saya. Idenya yang lucu, akting jempolan, serta joke- joke ringan namun tepat sasaran menjadi nilai kuat film tersebut. Kini sang sutradara, Seth Gordon, kembali berkarya dengan sebuah film yang premisnya diharapkan akan menyamai film Horrible Bosses dan buddy road movie semacam Dumb and Dumber dan Due Date.

Secara kualitas film ini masih di bawah Horrible Bosses. Hanya memiliki kesamaan dari pemain utama (Jason Bateman), f-word di mana- mana, joke ringan, serta scheme kejahatan yang brilian. Selain itu dari segi kelucuan masih jauh di bawah. Gordon sepertinya hanya berfokus kepada perkembangan chemistry hubungan Sandy dan Diana yang berhasil diangkatnya ke level nyaman untuk ditonton. Thanks to Melissa McCarthy yang mampu membawakan karakter Diana dengan brilian.

Image

Bisa dikatakan aktris berusia 40 tahun ini adalah center of the universe film ini. Kepiawaiannya dalam berakting mampu membangun karakter Diana yang dari menyebalkan perlahan- lahan berubah menjadi lebih simpatik. Dijamin di awal film penonton akan eneg dan jijik dengan perilaku Diana yang semena- mena, namun seiring berjalannya durasi penonton akan merasa kasian dan karakternya berubah menjadi lebih lovable.

Di samping itu, Jason Bateman, hanya mengulangi perannya di Horrible Bosses. Seorang average american berkeluarga kaku dan taat akan aturan lalu dikarenakan menjadi seorang korban yang berbuntut kepada kerusakan karir di kantornya.

Penampilan karakter- karakter pendukungnya pun kurang memorable. Jika dibandingkan dengan Horrible Bosses yang memiliki karakter pendukung jempolan dari Kevin Spacey, Jennifer Aniston, Jamie Foxx, serta Collin Farrell. Penampilan Robert Patrick, John Cho, Jon Faverau, serta Genesis Rodriguez di film ini kurang memorable.

Image

Jadi secara garis besar, film Identity Thief merupakan film biasa- biasa saja yang kebetulan didukung oleh Melissa McCarthy dan chemistry antara dirinya dengan Jason Bateman yang terbangun dengan baik.

Agak menyesal memang melihat kualitas komedi film ini. Membuat saya makin menunggu sekuel Horrible Bosses yang akan keluar di tahun depan. Mudah- mudahan Seth Gordon akan kembali menunjukkan giginya.

Rating:

7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s