Iron Man 3 (2013)

Pepper Potts: I got you

Tony Stark: I got you first

Image

Directed By: Shane Black

Cast: Robert Downey Jr., Ben Kingsley, Gwyneth Paltrow, Guy Pearce, Paul Bettany, Don Cheadle, Jon Faverau

Synopsis:

Setelah kejadian di New York, Tony Stark menjadi seseorang yang paranoid. Sehingga waktunya hanya dihabiskan untuk membuat armor- armor baru. Hal ini membuat hubungannya dengan Paper Potts menjadi renggang.

Selain itu seorang pebisnis yang sempat dikecewakan oleh Stark, Aldrich Killian, kembali muncul untuk mengajak kerjasama Stark Industries. Tanpa diketahui Stark, ternyata Killian mempunyai keterlibatan atas aksi- aksi anarkis sebuah kelompok teroris yang dipimpin oleh seorang penjahat karismatik bernama The Mandarin.

Review:

Image

Tahun lalu, Marvel, yang kini telah resmi diakusisi oleh Disney berhasil baik secara finansial maupun kualitas atas babak pamungkas storyline yang telah dibuat bertahun- tahun lewat film berjudul The Avengers. Hal ini sudah tentu membuat salah satu perusahaan komik raksasa ini mempersiapkan kisah- kisah tie-in prelude untuk babak kedua kisah Earth’s Mightiest Heroes ini. Setidaknya beberapa film telah dipersiapkan. Yaitu Iron Man 3, Thor: The Dark World, Captain America: The Winter Soldier, Guardians of The Galaxy, serta sebuah sekuel The Incredible Hulk akan menjadi tie- in prelude kisah tersebut. Yang lebih hebatnya lagi, belum juga kisah- kisah tie in tersebut rampung semua, Marvel telah mempersiapkan film The Ant- Man yang jika dilihat dari jadwal rilisnya bisa jadi merupakan tie in untuk prelude film The Avengers 3. Kini, film Iron Man 3 dipilih untuk menjadi babak pembuka keseluruhan storyline tersebut.

Hanya dengan melihat trailernya saja, aura The Dark Knight trilogi telah terasa. Bagaimana akhirnya Iron Man bertemu dengan archenemynya. Lalu aura desperate, dark, dan gloomy yang semakin terasa. Serta tidak ketinggalan kehancuran Tony Stark yang sepertinya membuat penonton semakin penasaran.

Jika dilihat dari jajaran cast, pemilihan 2 aktor watak untuk memerankan musuh utama sudah sangat tepat. Meskipun jauh secara ras, namun Ben Kingsley mampu menjelma menjadi sosok The Mandarin yang cukup menyeramkan. Ketegangan sangat terasa setiap kemunculan sosok The Mandarin di broadcast video. Bahkan di beberapa adegan selain menyeramkan dia juga bisa berakting lucu. Selain itu Guy Pearce berakting cukup bagus menjadi sosok yang menyebalkan. Berbeda dengan jajaran para heronya. RDJ sepertinya terlalu comfort memerankan Tony Stark. Entah mengapa sepertinya karirnya hanya akan mentok di Tony Stark jika dia tidak pintar memilih peran lain. Paltrow bermain sangat biasa saja. Dan yang paling tidak enak dilihat adalah Don Cheadle. Ini merupakan salah satu kekurangan terbesar dari segi casting trilogi Iron Man. Mukanya kurang pas jadi seorang hero. Mukanya muka kasian. Berbeda dengan Terrence Howard yang terlihat lebih meyakinkan.

Image

Dari segi action film ini cukup bagus. Sang sutradara yang memang sudah berpengalaman menulis skenario film aksi cukup bagus dalam mengarahkan adegan aksi. Beberapa adegan aksi cukup menegangkan dan memanjakan mata. Dan yang paling menarik adalah adegan puncak yang melibatkan 42 armor Iron Man. Dari segi komedi juga cukup kocak. Setidaknya tidak segaring penampilan Jon Faverau di film keduanya yang terlihat cukup pathetic berusaha tampil menjadi scene stealer. Speaking of who, mantan sutradara 2 film pertamanya tersebut juga kembali tampil di sini yang thank God banget tidak terlalu sering muncul.

Seperti saya bilang di awal, dari trailer terlihat sepertinya film ini ingin membawa unsur The Dark Knight Trilogy. Memang benar. Kisah kini diarahkan lebih kelam. Namun effort kelam tersebut seperti belum maksimal. Nuansa kelam yang dibuat hanya dari sudut pengambilan gambar dan tone warna saja. Bukan dari skenario. Bahkan secara skenario sebenarnya cukup nanggung. Terlihat benar usaha Black untuk menjadikan The Mandarin lebih manusiawi. Jika di komik The Mandarin adalah seorang penjahat kaya keturunan langsung dari Genghis Khan dan mempunyai 10 cincin dengan teknologi alien, di versi film dia adalah seorang pimpinan teroris yang tidak memiliki kekuatan super apapun. Namun meskipun telah menjadikan karakter The Mandarin lebih “masuk akal”, Black malah menjadikan karakter- karakter penjahat lainnya memiliki superpower. Bagi yang mengikuti kisah Marvel, karakter- karakter penjahat yang saya maksud di sini adalah Aldrich Killian, Ellen Brandt, Eric Savin (tapi tidak menjadi Coldblood), lalu ada John Taggart (tidak juga menjadi Firepower) yang tampil cameo di sini.

Image

Tidak sampai di situ, usaha meniru The Dark Knight juga terlihat di twist. Twist yang mengingatkan saya pada salah satu twist di The Dark Knight trilogy ini (tidak mau menyebutkan yang mana takut jadi spoiler) sebenarnya cukup shocking dan di luar dugaan. Namun saya cukup kecewa dengan twist tersebut. Twist tersebut seperti menghianati beberapa karakter yang sudah dikenal secara umum.

Efek 3D juga tidak terasa. Hasil konversinya sama halnya dengan film- film Marvel lainnya. Namun setidaknya lagu- lagu soundtracknya lumayan bagus.

Secara garis besar Iron Man 3 merupakan film seru lucu dengan naskah yang ingin lebih dewasa namun masih perlu banyak belajar. Dan hanya sekedar pengingat. Seperti halnya menonton film- film Marvel lainnya. Jangan buru- buru beranjak dari kursi sebelum credit title habis. Karena itu salah satu asiknya menonton film- film Marvel selain menantikan cameo Opa Stan Lee tentunya.

Rating:

7.5/10

8 thoughts on “Iron Man 3 (2013)

  1. ending film ini seolah-olah Iron Man mau tamat, tp kemudian terakhir muncul “Tony Stark will return.” ahaha.. emang ga mungkin Iron Man ditamatin, tp dari film ini akan muncul PR bagi Joss Whedon di Avengers 2 atau sutradara Iron Man berikutnya..

    trus S.H.I.E.L.D kemana aja? memang, Tony jadi terlihat lebih keren di film ini daripada kalo ada bantuan dari Nick Fury dkk, tp ini perlu penjelasan.. ahaha..

    kalo buat pembelaan soal Mandarin, menurutku Trevor bukan si Mandarin, Mandarin sesungguhnya adalah si Snow/Leonard/Exley/King Edward VIII/Peter Wayland/Irish. buat pembelaan biar kekecewaan ilang.. ahaha.. secara gitu, arch enemy..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s