Evil Dead (2013)

Mia: Image

Directed By: Fede Alvarez

Cast: Jane Levy, Shiloh Fernandez, Lou Taylor Pucci, Jessica Lucas, Elizabeth Blackmore

Synopsis:

David, Eric, Mia, Olivia, dan Natalie pergi ke sebuah kabin di tengah hutan. David berencana untuk memperbaiki hubungannya dengan sang adik, Mia. Sambil dibantu oleh pacarnya; Natalie, temannya; Eric, dan seorang perawat; Olivia, David ingin melakukan terapi di tempat terpencil untuk melepas ketergantungan Mia terhadap narkoba. Dipilihlah kabin keluarga mereka yang sudah lama tidak dikunjungi. Namun tanpa sepengetahuan mereka, kabin tersebut sempat dijadikan tempat ritual pengusiran roh jahat. Namun barang- barang keperluan ritual tersebut masih ditinggalkan di sana. Termasuk buku terlarang yang dapat membangkitkan roh jahat tersebut. Tanpa sengaja mereka membangkitkan roh jahat tersebut yang berniat mencari 5 orang tumbal agar kebangkitannya bisa lebih sempurna.

Review:

Image

Jauh sebelum sukses mengangkat sang manusia laba- laba ke layar lebar, Sam Raimi beserta sahabatnya, Bruce Campbell sempat membuat sebuah film horor yang dianggap merupakan salah satu franchise horor terbaik sepanjang masa; The Evil Dead trilogy. Franchise horor ini cukup unik. Jika franchise horor lainnya memiliki karakter antagonis sebagai tokoh ikonik, film ini memiliki Ash yang merupakan tokoh protagonis. Ya, berbeda dengan Chucky, Jason Vorhess, Freddy Kruger, Pinhead, Michael Meyers, dan Leatherface, Ash merupakan karakter jagoan di trilogy tersebut.

Kini franchise yang memiliki umur sama dengan saya tersebut dibuat remakenya dengan memasang bintang- bintang baru dan jalan cerita yang dimodif sedikit. Sebenarnya saya rada bingung apakah ini benar remake, spin- off, atau skuel. Karena di Comic Con kemarin Campbell berujar ingin membuat cross over antara The Evil Dead Original dengan Evil Dead baru ini. Dari statement ini berarti memang ada 2 storyline yang terjadi. Yaitu storyline Ash sebagai survivor versi original dan si ……………… sebagai survivor versi modern. (Sengaja gak mau nyebut nama takut spoiler). Untuk itu ke depannya di review ini saya tidak akan menggunakan istilah remake lagi. Namun versi original dan versi modern.

Image

Sebagai sebuah adaptasi franchise klasik, film ini cukup bagus penggarapannya. Modifikasi storyline membuatnya jadi menarik. Tidak berlebihan tagline yang menyebutkan The Most Terrifying Film You Will Ever Experience. Karena memang adegan- adegan yang mengumbar kengerian terpampang jelas di film ini. Hebatnya adegan- adegan slasher maupun gore digarap begitu indah. Terlihat berkelas. Tidak sama dengan film- film slasher lainnya di mana kematian dibuat sekreatif dan sesadis mungkin yang malah membuatnya terlalu dipaksakan. Adegan- adegan kematian dan gore di film ini dibuat lebih masuk akal sesuai adegan yang mengalir.

Yang lebih menarik lagi adalah perasaan menebak siapa yang bakal jadi survivor di akhir film. Jika anda pernah menonton film originalnya, pasti akan tidak menyangka dengan siapa yang bakal survive di akhir film.

Alvarez juga cukup memanjakan fans versi originalnya. Beberapa adegan ikonik juga dibuat ulang di film ini. Dari kalung berbentuk tengkorak di lantai, sweater Michigan University, rekaman suara Professor Knowby di credit title, jalanan yang terputus, pintu terbuka dan peringatan akan kematian yang akan datang, adik kesurupan dikurung di basement, wajah kesurupan mengintip dari kolong basement, serta yang paling ikonik; memutasi tangan sendiri dan penggunaan chainsaw sebagai senjata. Jika anda jeli juga terlihat bahwa cameo mobil yang dipakai di trilogi klasiknya sempat muncul di film ini.

Image

Selain itu semua sinematografinya juga apik. Tampilan kabut, suasana hutan tergambar cukup bagus dan mengerikan. Acungan jempol patut diberikan pula bagi tim make up dan DoP nya.

Overall, saya cukup puas dengan versi modern ini. Meskipun tidak menggunakan pendekatan horor komedi seperti versi original, film ini tetap masih bagus dengan caranya sendiri. Saya tidak sabar menunggu sekuel versi modernnya dan seri keempat dari versi originalnya. Keduanya sedang akan dibuat.

Bagi yang berencana menonton jangan lupa untuk tetap duduk di bangku sampai credit title habis. Karena bakal ada cameo Bruce Campbell sebagai Ash.

Anyway, ada yang ngeh gak kalau huruf depan 5 karakter utama kalau disingkat jadi DEMON. Kalau gak ngeh, silahkan baca kalimat pertama dari sinopsis di atas.

Rating:

8.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s