Snitch (2013)

John Matthews: Every move I make, or don’t make, Jason will have to live with for the next ten years of his life.

Image

Directed By: Ric Roman Waugh

Cast: Dwayne Johnson, Jon Bernthal, Susan Sarandon, Barry Pepper, Benjamin Bratt

Synopsis:

Seorang ayah mau tidak mau harus bekerja sama dengan Jaksa Wilayah dan agen DEA ketika anaknya terancam tuntutan sebagai pengedar narkoba yang sebenarnya merupakan jebakan dari teman kecilnya. Tidak tanggung- tanggung, dia harus mencari pengedar besar agar anaknya bebas dari dakwaan tersebut. Dengan dibantu oleh pegawainya yang mempunyai catatan kriminal, sang ayah malah berhasil mendapatkan kepercayaan dari bos kartel narkoba tersebut.

Review:

Image

Saya termasuk kagum dengan seorang Dwayne Johnson. Ketika sedang berada di puncak ketenarannya di panggung pro wrestling dulu, Johnson menggunakan kesempatan itu untuk mencoba berakting di dunia seni peran. Memang hal ini bukanlah hal yang baru, dulu pernah ada aktor bernama Hulk Hogan yang berasal dari dunia yang sama. Namun kiprah Johnson saat itu cukup sukses, malah mengilhami rekan- rekan seangkatannya untuk menempuh jalan yang sama. Namun tentu saja tidak ada yang menyamai kesuksesan yang diraihnya. Mungkin yang lumayan sukses adalah John Cena dan Steve Austin.

Johnson mungkin terkenal dengan film- film eksyennya. Memang dirinya cukup terkenal sebagai action super star. Bersama dengan aktor- aktor semacam Vin Diesel dan Jason Statham, Johnson diyakini memegang tongkat estafet yang dulu sempat dipegang Stallone, Schwarzenegger, Van Damme, Seagal, Norris, Bronson, dan Eastwood. Namun layaknya seorang aktor profesional, Johnson merasa tertantang untuk bermain di film non aksi. Untuk genre komedi keluarga, Johnson terbilang cukup sukses. Kini Johnson mencoba untuk membuktikan kemampuannya berakting serius minim bak bik buk dar der dor tapi tanpa melucu.

Image

Well, mungkin bukan hanya saya saja yang tertipu dengan trailer dan poster Snitch ini. Trailer menyuguhkan beragam adegan aksi seru yang diperkuat dengan poster yang menjanjikan hal yang sama. And believe me, semua aksi seru yang dijanjikan sudah tertuang di trailer. Ini memang film thriller yang seyogyanya mengandalkan ketegangan yang dibangun dengan hal- hal yang dialami oleh sosok protagonis utama. Namun Waugh, yang merupakan mantan stuntman, kurang bisa membawakan ketegangan yang diinginkan.

Tempo cerita justru terasa sangat lambat dan terlalu mengada- ngada. Sesuatu yang membuat film ini terasa semakin lemah. Aksi seru yang saya sebutkan di awal pun tidak seseru yang dibayangkan. Memang untuk adegan- adegan awal film ini cukup memberikan ketegangan yang seru. Namun semua itu langsung hilang dengan berjalannya skenario yang payah serta penyutradaraan yang kurang baik.

Sebagai seorang karakter utama, dan satu- satunya nilai jual film ini, Johnson kurang begitu menampilkan akting yang meyakinkan. Dirinya terlihat dungu dan tidak bisa apa- apa. I know, itu memang tuntutan peran dari karakter yang dimainkan. Namun setidaknya bisa dipilih aktor yang memiliki kemampuan akting yang bisa membawakan perannya secara lebih emosionil. Tidak harus Johnson. Saya pikir aktor sekelas Nicolas Cage lebih pas. Atau aktor lain yang tidak usah berotot.

Jika dibandingkan dengan supporting cast nya kemampuan akting Johnson sangat kalah telak. Sarandon dan Pepper cukup memberikan performa yang pas terhadap masing- masing karakter yang dimainkan. Apalagi jika dibandingkan dengan John Bernthal yang berhasil menjadi pemain yang paling mencuri perhatian di film ini. Jebolan film seri The Walking Dead ini bermain sangat baik.

Image

Akhir kata, sebagai sebuah kesatuan film, Snitch merupakan sebuah produk gagal yang cukup lihai menipu lewat trailer dan poster. Salah satu metode yang kerap dilakukan film- film kelas B. Apalagi jika anda ingin menyaksikan adegan aksi khas The Rock.

Rating:

5.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s