Now You See Me (2013)

Thaddeus Bradley: “The closer you look, the less you’ll actually see.”

Image

Directed By: Louis Leterrier

Cast: Jessee Eisenberg, Mark Ruffalo, Woody Harrelson, Isla Fisher, Dave Franco, Melanie Laurent, Morgan Freeman, Michael Caine

Synopsis:

J. Daniel Atlas, Merritt McKinney, Henley Reeves, dan Jack Wilder adalah empat orang pesulap jalanan direkrut oleh seseorang yang misterius. Setahun kemudian mereka sudah menjelma menjadi superstar sulap dan dikenal sebagai The Four Horsemen. Namun dalam sebuah pertunjukan di Vegas, mereka berhasil merampok uang sejumlah 3 juta euro dari sebuah bank di Paris dan membagi- bagikannya kepada para penonton.

Untuk menangani kasus ini seorang agen FBI dan agen Interpol terpaksa harus bekerja sama. Mereka berdua harus memutar otak sebelum The Four Horsemen kembali melakukan aksi perampokan lagi.

Review:

Image

Sebagai sebuah bentuk hiburan, sulap dan film memiliki satu kesamaan. Ilusi. Kita disuguhi oleh suatu keajaiban yang terkadang tidak masuk akal. Padahal semua keajaiban tersebut dilakukan dengan menggunakan tipuan yang sebenarnya logis, ilmiah, dan masuk akal. That’s why it’s called MOVIE MAGIC.

Now You See Me adalah sebuah persembahan terbaru dari sutradara spesialis action yang terkenal dengan The Transporter, The Incredible Hulk, dan The Clash of The Titans. Now You See Me merupakan gabungan antara The Prestige dan Ocean’s Eleven. Perlu diketahui, film- film yang ditangani sutradara asal Prancis tersebut rata- rata bergenre Action dan lebih mengedepankan fun bukan pengembangan karakter or semacamnya. Apalagi skrip ditangani oleh Boaz Yakin (Prince of Persia: Sands of Time, The Punisher, Safe), Ed Solomon (Super Mario Bros., Men In Black, Charlie’s Angels), sudah bisa terprediksi lah film semacam apa yang akan disajikan.

Image

Menyaksikan film ini bagaikan menyaksikan pertunjukan sulap. Semua hanya berupa ilusi. Si empunya pertunjukan akan kerap memberikan guidance salah agar pusat perhatian penonton terfokus kepada satu titik, sementara trick sebenarnya berada di titik yang lain. Kalau di dunia sinema kita mengenalnya dengan istilah twist. Ya, Now You See Me adalah film bertwist yang mungkin banyak kalangan penyuka film berkelas akan kurang bisa menikmati sementara para penyuka pop corn movie akan merasa menonton sebuah film cerdas. Alasannya? Karena mereka tidak suka dibohongi.

Sebagai sebuah tontonan summer, Now You See Me bisa dikatakan sebuah sajian ringan tanpa efek bombastis namun masih mengedepankan sisi fun. With “fun” I mean “Pop-Corn Fun” not “Award-Winning Fun”. Mungkin banyak kalangan yang secara instan akan membandingkan film ini dengan The Prestige. Tapi harus diingat, The Prestige digawangi oleh Christopher Nolan yang notabene disebut- sebut sebagai salah satu sutradara tercerdas masa kini yang berhasil mendobrak trademark film- film superhero serta dikenal sebagai twist- twist cerdas dan cerita njlimet. Sementara seperti saya katakan sebelumnya, Leterrier merupakan sutradara spesialis aksi.

Dari jajaran cast sudah cukup menjanjikan. Kualitas akting bintang- bintang semacam Jessee Eisenberg, Morgan Freeman, Mark Ruffalo, Michael Caine, serta Woody Harrelson sudah tidak usah diragukan lagi. Namun sepertinya karena terlalu ingin menampilkan tontonan sulap yang fantastis, aktor- aktor jempolan tersebut tidak diberikan porsi yang cukup untuk mengembangkan karakternya masing- masing. Bahkan jika dibandingkan, Ocean’s Eleven lebih jelas dalam menggambarkan karakteristik tiap tokoh. Character development bisa dikatakan salah satu flaw di film ini. Mungkin hanya Ruffalo yang diberikan ruang lebih untuk menunjukan kualitas akting dan character developmentnya.

Adegan laganya ditampilkan dengan cukup seru. Apalagi scene di mana karakter yang diperankan oleh adik dari James Franco menghindari kejaran agen- agen FBI. Nilai plus lainnya adalah pergerakan kamera yang cukup dinamis. Apalagi untuk scene- scene sulap yang membuat adegan- adegan tersebut terlihat sangat menarik.

Image

Untuk trik- trik sulap sebenarnya jika yang rajin melihat acara semacam Magic’s Biggest Secrets Finally Revealed sudah tidak akan heran lagi. Apalagi untuk para praktisi sulap mungkin menganggapnya bukan sesuatu yang cerdas. Namun bagi penonton awam yang sering berkata “wow”, “ooohhh”, “ahhh” saat menonton pertunjukan sulap pasti akan menganggapnya hebat. Jika dibandingkan dengan The Prestige, triknya masih kalah cerdas. Padahal untuk konsultan sulapnya, Leterrier memakai jasa David Copperfield.Saya pun mengharapkan nantinya dibuatkan sekuel. Dengan membawa isu organisasi yang cukup misterius di kalangan pesulap, The Eye, film ini memiliki potensi untuk dibuat sampai menjadi trilogi.

So, untuk sebuah hiburan, Now You See Me merupakan pilihan tepat. Despite flaw- flaw yang cukup banyak, film ini berhasil dalam segi menghibur. Asal jangan terlalu berharap film sekelas festival. Just relax, dan bayangkan anda sedang melihat pertunjukan sulap. As Houdini always said…. Now you see me, now you don’t.

Rating:

8/10

4 thoughts on “Now You See Me (2013)

  1. poster filmnya keren. bagus sekali….!
    gara2 posternyalah aku pingin nonton filmnya. walopun dapat nilai jelek dari kritikus & beberapa penonton.

  2. gue ketiduran pas di adegan klimaks di 25mnt terakhir, ini film emang bagus stroyline nya cuma kudu konsentrasi bangettt T_T, jangan coba2 deh nonton ini film malem2 dengan kondisi sedikit capek atau kantuk. hahhaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s