After Earth (2013)

Cypher Raige: “Fear is not real. It is a product of thoughts you create. Do not misunderstand me. Danger is very real. But fear is a choice.”

Image

Directed By: M. Night Shyamalan

Cast: Jaden Smith, Will Smith, Sophie Okenode, Zoe Isabella Kravitz

Synopsis:

Akibat peperangan, bencana alam, serta polusi yang terlalu tinggi, manusia merasa bumi sudah tidak lagi aman untuk dihuni. Untuk itu para ahli mencari tempat tinggal baru bagi manusia dan menemukan sebuah planet bernama Nova Prime. Sialnya Nova Prime dihuni oleh para alien yang memelihara mahluk- mahluk ganas yang disebut Ursa guna membunuh para “penghuni baru” tersebut. Untuk menjaga keselamatan umat manusia, dibentuklah kesatuan ranger yang berisikan orang- orang yang terlatih.

1000 tahun setelah kependudukan Nova Prime, sebuah kapal jatuh di bumi. Hanya sepasang ayah- anak, Cypher dan Kitai, yang selamat dari kecelakaan tersebut. Dikarenakan Cypher terluka cukup parah, Kitai mau tidak mau harus seorang diri berjalan 100 km melintasi bumi untuk mengambil alat suar agar bisa mengirim sinyal SOS ke Nova Prime. Kitai harus waspada, karena bumi kini dihuni oleh hewan- hewan yang sudah bermutasi dan yang lebih parah, pesawat yang ditumpanginya bermuatan seekor Ursa yang kini lepas berkeliaran mencari mangsa.

Review:

Image

Jika disuruh menyebutkan aktor- aktor yang memiliki box office power cukup besar mungkin kita akan menyebut nama Tom Cruise dan Brad Pitt. Iya, apapun filmnya, para penonton akan berbondong- bondong mengantri bioskop hanya dengan melihat nama mereka di poster film. Nama lain yang mungkin terlintas di pikiran kita adalah Will Smith. Sama halnya dengan umumnya para ayah, aktor yang mendapat julukan Mr. July ini akan menggunakan “power” yang dimilikinya untuk mensukseskan anak- anaknya. Mungkin banyak yang menyayangkan Will terlalu mengeksploitasi Jaden karena masih terlalu muda. Namun saya bilang masih wajar, Will mempergunakan kesempatan sebelum masa keemasaannya pudar. Dan lagi Jaden sebenarnya memiliki potensi akting yang bagus.

Kini Will berkolaborasi dengan M.Night Shyamalan, sutradara yang ingin membuktikan bahwa dirinya masih memiliki potensi menjadi sutradara terbaik Hollywood. Sebuah misi yang sudah berulang kali dilakukan namun tidak kunjung berhasil. Memang, Shyamalan dulu dinilai sebagai salah satu sutradara muda berpotensi lewat Unbreakable, Signs, dan tentu saja, The Sixth Sense. Namun paska film- film tersebut Shyamalan menunjukkan kemerosotan kualitas.

Image

Namun sebenarnya sutradara keturunan India itu cukup beruntung masih mampu merilis film- film terbarunya pada musim panas. Apalagi sampai menyutradarai aktor sekelas Will Smith.

Membahas film After Earth, tidak ubahnya membahas film- film Shyamalan lainnya. Pesan yang ingin disampaikan tidak dapat ter-delivered dengan baik. Hubungan father and son yang seharusnya menjadi strongpoint film ini tidak mampu terealisasi dengan baik. Saya tidak melihat chemistry yang terjadi antara Will dan Jaden. Ironisnya, mereka benar- benar ayah dan anak di kehidupan nyata. Jika dibandingkan dengan The Pursuit of Happyness, film yang menjadi debut Jaden Smith tersebut lebih menunjukkan hubungan father and son yang baik dengan chemistry yang kuat.

Image

Penyutradaraan Shyamalan pun jadi semakin kacau. Naskah yang sebenarnya sangat potensial ini malah menjadi berantakan. Adegan- adegan aksinya terasa serba tanggung. Ketegangan yang ingin dibangunpun tidak berhasil sama sekali.

Yang menarik malahan dari segi creature design dan sinematografinya. Yah setidaknya gambaran hewan dan ursanya masih lumayan menghibur. Menurut saya pribadi, ada baiknya jika Shyamalan berusaha belajar lebih baik lagi dalam hal penyutradaraan. Atau memikirkan karir alternatif lainnya. To be a scriptwriter would suit him well.

Rating:

5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s