Man Of Steel (2013)

Lois Lane: What’s the S stand for?

Clark Kent: It’s not an S. On my world it means hope.

Lois Lane: Well, here, it’s an S.

Clark Kent: (Giggles)

Lois Lane: How about Super….

(Microphone Feedback)

Clark Kent: Excuse me.

Image

Directed By: Zack Snyder

Cast: Henry Cavill, Amy Adams, Michael Shannon, Kevin Costner, Russell Crowe, Diane Lane, Laurence Fishburne

Synopsis:

Clark Kent selalu merasa berbeda dari anak- anak seusianya. Dia memiliki indera yang lebih tajam serta kekuatan yang melebihi kekuatan manusia biasa. Jonathan Kent, pria yang diyakini selama ini merupakan ayah kandungnya menjelaskan bahwa dirinya sebenarnya bukanlah dilahirkan dari buah kasih kedua orangtuanya. Namun ditemukan di dalam sebuah benda yang jatuh dari langit.

Selama beberapa tahun Clark mengembara untuk mencari jati dirinya. Hingga dia sampai di Antartika dan menemukan bahwa nama sebenarnya adalah Kal- El, anak Jor- El. Kal berasal dari Planet Kripton yang sudah hancur. Sinar matahari, atmosfir, serta tingkat gravitasi bumi yang berbeda dari planet asalnya membuat Kal menjadi seorang manusia super di bumi.

Pada saat yang sama seorang tahanan militer Planet Kripton, General Zod, beserta kroni- kroninya berhasil lolos dari penjaram Phantom Zone. Dan mencari Kal ke berbagai sudut tata surya hingga menemukannya di bumi. Zod bermaksud menjadikan bumi sebagai Kripton yang baru yang otomatis membunuh umat manusia.

Kini tinggal Clark yang berdiri di antara ambisi Zod serta keselamatan umat manusia.

Review:

Image

Jika ditanya sebutkan karakter superhero yang paling dikenal seluruh dunia harus dijawab secara spontan sebagian besar orang akan menyebut Superman. Tidak salah memang. Terlepas dari lambang simbolisasi kedigdayaan amerika dan agama yang dianut duo kreator, Superman merupakan superhero paling terkenal sejagad raya. Orang tinggal di desa pun pasti tahu Superman meskipun gak ngerti asal- usul maupun ceritanya. Kenapa saya bilang simbolisasi kedigdayaan amerika? Well, his suit is red and blue (Sama seperti kebanyakan jagoan Amerika lainnya; Spider-Man, Captain America, Optimus Prime(?)) Kuat, punya banyak kekuatan, dan pada awal- awal cerita komiknya tidak memiliki kelemahan sebelum akhirnya Kryptonite diperkenalkan lewat sandiwara radio, The Adventures of Superman pada tahun 1943. Tanpa bermaksud menyinggung masalah SARA, banyak ahli teologi dan linguistik yang percaya bahwa nama Kal-El memiliki kesamaan dengan bahasa Hebrew yang berarti “Voice of God”. Sebagian besar nama malaikatnya menggunakan akhiran “El” (GabriEL, AriEL, AzazEL, AzraEL, DaniEL, dll.). Anyhow, this is still one of my favorite superhero.

Superman juga dipercaya sebagai pembuka jalan bagi superhero- superhero baru yang lahir pada era setelahnya yang lebih memfokuskan pada satu kekuatan saja.

Image

Telah banyak aktor- aktor yang memerankan Superman baik itu versi film layar lebar, sandiwara radio, animasi, maupun versi film serinya. Dan dari semua nama aktor yang pernah memerankannya, nama Christopher Reeves lah yang dinilai paling pas memerankan Superman. Dia dengan piawai mampu menonjolkan sisi heroik Superman sekaligus Clark Kent yang canggung. Hal ini lah yang coba diulangi ketika Superman Returns dibuat. Brandon Routh dinilai kurang maskulin dan aksi tarung fisikpun kurang begitu memuaskan.

Belajar dari kesalahan maka trio David S. Goyer, Christopher Nolan, dan Zack Snyder membuat sebuah film Superman dengan universe yang baru. Tidak ingin mengulangi apa yang sudah berhasil disajikan lewat versi Christopher Reeves, Man Of Steel akan membuat Superman lebih membumi dengan story dan pengembangan karakter khas Nolan dan Goyer, serta visualisasi dan adegan laga khas Zack Snyder. Menurut saya ini suatu perpaduan yang bagus mengingat Nolan piawai di bidang story namun lemah di adegan laga sementara Snyder sebaliknya.

Untuk cerita disajikan dengan menarik. Pemilihan teknik flashback dirasa sangat tepat. Terasa di sini Nolan mengulangi apa yang dilakukannya lewat Batman Begins. Timeline masa kini adalah ketika si tokoh utama mencari jati diri sambil mengingat kejadian masa lalu. Chemistry antara Clark dan orangtua angkatnya cukup bagus. Bahkan beberapa adegan cukup mengharukan. Yang mungkin masih perlu digali adalah chemistry antara Clark dan Louis yang terlihat terasa dipaksakan. Adegan “kissing”, yang sudah menjadi kewajiban harus ada pada film superhero yang punya pacar, terlihat cukup klise dan cheesy.Image

Untuk urusan aksi laga, saya jamin penggemar Superman dan penggemar aksi bombastis akan cukup terpuaskan. Dengan bergaya bay-like action scene, Snyder membuat adegan aksi yang biasanya hanya bisa dinikmati lewat komik dan animasi bisa kita saksikan dengan CGI dan spesial efek yang top ciamik bin cantik. Perang antara Superman dan Zod beserta pasukannya tersaji secara bombastis.

Dari segi casting hampir tidak ada cacat. Henry Cavill sangat pas memerankan Superman vesi baru ini. Badannya mampu terbentuk dengan baik. Amy Adams yang awalnya saya kurang sreg karena terlalu tua untuk jadi pacar Henry Cavill, bermain cukup pas. Meskipun di beberapa adegan tetap kelihatan seperti flirting-an sama brondong. Duo Robin Hood (Costner dan Crowe) mampu memerankan perannya dengan baik. Bisa dikatakan peran terbaik mereka dalam beberapa tahun ke belakang. Yang paling bagus menurut saya adalah Michael Shannon. Dengan berbekal tampang antagonisnya Shannon mampu menghadirkan Zod yang bengis serta cukup mengancam.

Semua itu dibalut dengan musik gubahan Hans Zimmer yang tidak kalah megahnya dengan musik gubahan John Williams 35 tahun yang lalu. Namun yang cukup mengganggu adalah editing di paruh awal film yang kurang bagus. Namun semua itu tetap aja tidak mempengaruhi hasil akhir film ini.

Akhir kata sebagai salah satu penggemar Superman saya cukup puas dengan film ini. Sebuah penantian yang cukup lama atas film Superman yang bagus terbayar sudah. Mudah- mudahan ini akan membuka jalan terealisasinya proyek Justice League dan film- film superhero DC lainnya. Seperti kita ketahui Warner Bros sebagai pemilik hak untuk memfilmkan tokoh- tokoh DC sangat- sangat berhati- hati dan cukup pelit serta pesimis untuk memfilmkan karakter superhero DC.

Oiya sebagai tambahan, Man Of Steel juga menyiapkan trivia Lex Luthor yang diwakilkan dengan tulisan Lexcorp. Batman dengan logo Wayne Enterprise nya. Serta adegan akhir yang saya jamin akan membuat fans- fans Superman bergeliat. Apa itu? Nonton aja ndiri ya….. Up Up and Away….!!!

Rating:

9/10

6 thoughts on “Man Of Steel (2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s