White House Down (2013)

Finnerty: “John Cale. Why do you wanna be a secret service?”

John Cale: “I can’t think one more important job than protecting the president.”

Image

Directed By: Roland Emmerich

Cast: Channing Tatum, Jamie Foxx, Maggie Gyllenhaal, Jason Clarke, James Woods, Richard Jenkins, Joey King

Synopsis:

John Cale (Channing Tatum) adalah seorang polisi Washington yang bertugas untuk mengawal juru bicara Gedung Putih. Impiannya hanya satu: Menjadi seorang Secret Service. Di hari dia akan menjalankan sesi job interview dengan Secret Service Finnerty (Maggie Gyllenhaal), John mengajak anaknya, Emily (Joey King) dengan maksud untuk memperbaiki hubungan dengan anak semata wayangnya tersebut.

Namun sial, ternyata Gedung Putih diserang sekelompok teroris pimpinan Emil Stenz (Jason Clarke) yang sepertinya tidak senang dengan politik damai dari Presiden Sawyer (Jamie Foxx). John mau tidak mau harus ikut terlibat demi menyelamatkan anaknya sekaligus menyelamatkan sang Presiden dan negaranya.

Review:

Image

Twin Films adalah sebutan untuk dua buah film atau lebih dengan plot yang sama dan dirilis pada waktu yang berdekatan oleh dua studio berbeda. Ini bukanlah hal yang baru di blantika perfilman Hollywood. Di antaranya ada Argageddon dan Deep Impact, Mirror Mirror dan Snow White and The Huntsman, Seal Team Six: The Raid on Osama Bin Laden dan Zero Dark Thirty, Antz dan A Bug’s Life, Iron Eagle dan Top Gun, serta yang masih fresh diingatan kita adalah Oblivion dan After Earth. Selain film yang dibintangi Tom Cruise dan Will Smith tersebut terdapat dua film yang memiliki plot yang mirip. Olympus Has Fallen dan White House Down. Selain plot, unsur- unsur lainnya juga memiliki kemiripan seperti penghianatan, politik militer, protagonis selain harus menyelamatkan presiden juga harus menyelamatkan seorang bocah, protagonis ketika melakukan aksinya bukan seorang Secret Service tetapi ingin bergabung (lagi) ke dalam Secret Service, dan lain sebagainya.

Saling dibandingkan antara satu dengan yang lainnya merupakan hal yang sullit dielakkan. Oke, lupakan dulu review di situs- situs semacam Rotten Tomatoes yang terkadang bertolak belakang dengan opini publik. Olympus Has Fallen yang lebih dulu rilis terbukti merupakan sebuah surprise bagi kalangan penggemar film aksi. Harapan tinggi sudah pasti digantungkan kepada film karya sutradara The Day After Tomorrow ini.

Dari segi premis, budget, serta materi promosi menjanjikan White House Down akan lebih “gila” dibandingkan Olympus Has Fallen. Trailer yang dirilis dalam 3 versi juga tidak ada yang jelek. Lalu apakah ternyata hasil akhirnya bisa mengungguli Olympus Has Fallen?

Image

Saya katakan tidak. White House Down menjelma menjadi film serba tanggung yang dibuat dengan budget mahal. Sayapun bingung dikemanakan budget sebesar 150 juta USD tersebut. Nampak budget Olympus yang hanya 70 juta USD dimanfaatkan lebih maksimal. Padahal Roland Emmerich terkenal sebagai sutradara spesialis aksi bombastis. Spesial efek di film ini sangat kurang memuaskan. Emmerich sepertinya kali ini kurang total dalam menghancurkan Gedung Putih. Padahal ini bukanlah pertama kalinya dia memporakporandakan Gedung yang menjadi kantor sekaligus kediaman orang nomor satu di Amerika tersebut.

Hampir dari segala segi film ini kurang memuaskan. Dari jajaran pemeran hanya Joey King yang bermain dengan bagus. Selebihnya? Well, sebagai 2 pemeran utama, Tatum dan Foxx kurang menimbulkan chemistry yang pas. Padahal film ini juga memiliki potensi menjadi sebuah buddy cop movie. Ya kalau saya sih maklumlah. Udah ngerti kok bagaimana kapasitas akting kedua aktor tersebut. Akting Maggie Gyllenhaal, Richard Jenkins, James Woods juga biasa- biasa saja. Aktor yang karirnya sedang menanjak, Jason Clarke, kurang begitu bengis menjadi seorang antagonis. Masih di bawah penampilan Rick Yune di Olympus yang terlihat lebih menyebalkan.

Untuk adegan aksinya sangat- sangat kurang. Kelihatan sekali usaha Emmerich untuk mendapatkan rating PG-13 yang justru malah menjadi bumerang bagi film ini. Beda dengan Olympus yang rela memiliki rating R sehingga sangat all-out untuk menghadirkan adegan laga brutal serta penuh darah. Something what action fans want.

Image

Durasi yang 131 menit terasa terlalu lama. Sebenarnya jika ingin memadatkan adegan aksi dan memangkas adegan- adegan drama yang membosankan dan tidak penting, film ini bisa menjadi sekitar 90 menit dan itu akan lebih efisien untuk film semacam ini. Karena memang yang dinantikan film semacam ini bukanlah penggalian karakter yang terlalu lebay. Namun aksi fantastis dan over the top.

Sebagai akhir kata, saya cukup kecewa dengan film ini. Sebagai seorang action fans saya mengharapkan lebih dari seorang Roland Emmerich. Untung saja sutradara 2012 dan ID4 tersebut masih mampu menghadirkan humor- humor ringan sebagai penyegar suasana. Anyway saya juga bertanya- tanya. Kira- kira Indonesia berani gak ya bikin plot serupa dengan White House Down dan Olympus Has Fallen? (dnf)

Rating:

6.5/10

4 thoughts on “White House Down (2013)

    • yoi itu juga termasuk… selain itu masih banyak yang lain lagi kaya The Raid: Redemption (meski bukan asli holiwut) dan Dredd, Dante’s Peak dan Volcano, Mission To Mars dan Red Planet, Flightplan dan Red Eye, No Strings Attached dan Friends With Benefit, dan masih banyak lagi….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s