Despicable Me 2 (2013)

Gru: “Good night Agnes. Never gets older.”

Image

Directed By: Pierre Coffin & Chris Renaud

Cast: Steve Carell, Kristen Wiig, Benjamin Bratt, Pierre Coffin, Chris Renaud, Russell Brand, Ken Jeong, Steve Coogan, Elsie Fisher, Dana Gaier, Miranda Cosgrove

Synopsis:

Setelah kejadian di film pertama, Gru (Steve Carrell) mulai berhenti menjadi seorang villain dan memfokuskan diri menjadi seorang ayah bagi Margo (Miranda Cosgrove), Edith (Dana Gaier), dan Agnes (Elsie Fisher). Namun ketika sebuah organisasi bernama Anti Villain League yang dipimpin oleh Silas Ramsbottom (Steve Coogan) membutuhkan Gru untuk bergabung dan menangkap seorang supervillain bernama El Macho (Benjamin Bratt), Gru mau tidak mau harus kembali berurusan dengan dunia supervillain dengan dibantu oleh seorang agent AVL, Lucy Wilde (Kristen Wiig) dan para minion (Chris Renaud dan Pierre Coffin).

Review:

Image

Sebagai sebuah film animasi, Despicable Me yang dirilis tiga tahun lalu merupakan paket serba lengkap yang bisa memuaskan berbagai baik dari kritikus maupun dari penonton awam. Dari segi cerita mengingatkan kita dengan sebuah film spy tahun 60 an ala James Bond dengan gimmick yang tidak kalah amazing. Dari segi komedipun, film tersebut menawarkan berbagai macam bentuk yang membuat film ini makin dicintai berbagai macam kalangan. Trio yatim piatu, terutama Agnes menawarkan komedi menggemaskan ala lovable characters. Dan yang menjadi jualan utamanya adalah penampilan para Minions yang mewakili komedi slapstick. Bahkan mahluk- mahluk kuning tersebut menjelma menjadi scene stealer seperti Scratch lewat Ice Age ataupun The Penguins lewat Madagascar.

Kesuksesan yang dialami otomatis membuat para produser tergiur untuk menciptakan sekuel. Masih mengangkat elemen- elemen kesuksesan pertama, ditambah unsur komedi romantis, membuat Despicable Me 2 memberikan janji surga tersendiri bagi para fansnya.

Image

Secara keseluruhan unsur- unsur komedi masih cukup berhasil membuat film ini menarik. Penampilan karakter Minions masih mampu mengocok perut penonton. Ceritapun berhasil membawa film sekuel ini ke level lebih tinggi dari pada predesornya dari segi komedi. Namun untuk unsur plot masih lebih “wow” film pertamanya. Plot mencuri bulan bagi saya masih lebih unik dan menarik dibandingkan plot ala The Avangers bercampur The Silence of The Lambs.

Kredit tersendiri perlu diberikan kepada duo penulis Cinco Paul dan Ken Daurio yang mampu menambahkan unsur seorang ayah yang takut menghadapi kenyataan anak gadisnya sudah remaja dan mulai tertarik lawan jenis. Namun unsur father-to-daughters yang terkandung di dalam film ini belum mampu menandingi film pertamanya yang jujur bisa menghadirkan scene- scene yang cukup touching.

Image

Karakter meskipun karakter penjahatnya tidak se- memorable film pertama, penampilan Benjamin Bratt sebagai El Macho patut diberikan applause tersendiri. Ditambah beberapa karakter baru yang sebenarnya cukup tipikal dengan film- film sejenis. Seperti Agent Lucy Wilde, Silas Ramsbottom, Antonio, dan Floyd Eagle- San yang cukup menarik perhatian.

Secara tampilan grafis film ini masih bisa masuk ke dalam kategori memuaskan. Ditambah efek 3D yang masih cukup terasa seperti film pertamanya. Dan seperti predesornya, Coffin dan Renaud pun masih meneyelipkan Credit Scene yang dikhususkan bagi para pecinta Minions dan penikmat tampilan 3D. Namun Credit Scene kali ini juga memiliki unsur promosi akan film Spin- Off Minions yang akan tayang tahun depan.

And as a result, Despicable Me 2 mampu menjadi sebuah film animasi yang cukup menghibur dibandingkan dengan animasi- animasi Summer Movies tahun ini lainnya yang sudah dirilis. Anyway saya secara pribadi cukup bangga dengan film ini. Karena salah satu sutradaranya, Pierre Coffin adalah anak dari novelis legendaris Nh. Dini, yang berarti dia memiliki setengah darah Indonesia. (dnf)

Rating:

8/10

2 thoughts on “Despicable Me 2 (2013)

  1. kecewa bgt di XXI Jogja ga nayangin versi 3Dnya.

    semua lelucon yg lucu udah ditayangin di trailer dan TV Spotnya. jadi ga berasa lucu lg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s