The Heat (2013)

Mullins: “I’ll kill her with your dead body.”

Image

Directed By: Paul Feig

Cast: Sandra Bullock, Melissa McCarthy, Marlon Wayans, Michael Rapaport, Joey McIntyre

Synopsis:

Special Agent Sarah Ashburn (Sandra Bullock) adalah seorang agen FBI cerdas yang sangat ambisius untuk mendapatkan promosi di tempat kerjanya. Sayangnya karena keegoan, kekakuan, dan kesokpintaran dirinya membuat dirinya tidak disukai rekan- rekan kerjanya.

Detektif Shannon Mullins (Melissa McCarthy) adalah seorang detektif Boston PD yang kasar dan tidak perduli orang lain. Seluruh anggota keluarganya membencinya dan adiknya mendekam di penjara karena kasus narkoba.

Keduanya terpaksa harus bekerja sama untuk meringkus seorang gembong narkoba bernama Larkin yang masih misterius.

Review:

Image

Buddy Film (Movie) adalah sebuah istilah untuk menyebut sebuah film yang memiliki plot seputar persahabatan atau hubungan non romatis antara dua orang karakter yang biasanya pria. Contohnya: Midnight CowboyDumb and Dumber, dan Trading Places. Namun ada juga yang disebut Female Buddy Film yang karakternya adalah wanita seperti Thelma and Louise. Sub- Genre Buddy Movie yang paling terkenal adalah Buddy- Cop Movie. Di mana kedua karakter utama adalah penegak hukum seperti Bad Boys, Sherlock Holmes, dan Hot Fuzz. Namun bisa saja hanya salah satunya yang berprofesi sebagai penegak hukum. Bahkan sama sekali tidak ada yang berprosei sebagai penegak hukum, namun sesuai plot tema kedua karakter utama menjadi protagonis (meskipun terkadang ada twist yang membuat salah satunya menjadi antagonis) dan harus menggagalkan suatu aksi kejahatan seperti: Taxi, Banlieue 13/ District 13, dan The Last BoyScout. Biasanya karakter- karakter di film semacam ini memiliki latar belakang yang berbeda. Seperti dari sifat, cara kerja, budaya, ataupun terkadang dari segi rasial.

url

Unsur- unsur Buddy Movie juga tidak menutup kemungkinan diselipkan di sebuah film meskipun itu bukanlah unsur utama dari plot film tersebut seperti Iron Man 3, White House Down, dan Die Hard.

Kali ini yang coba ditawarkan oleh sutradara Bridesmaids adalah sebuah gabungan antara genre Female Buddy Movie dan Buddy-Cop Movie. Untuk mengisi 2 karakter inti dipilihlah aktris spesialis genre komedi yang sempat booming ditahun 90an, Sandra Bullock dan seorang rising star yang namanya kerap diperbincangkan oleh para pecinta film dikarenakan dirinya mampu berakting baik sekaligus memberikan gambaran lain dari seorang wanita di sebuah genre komedi, Melissa McCarthy.

Image

Pemilihan Bullock dan McCarthy memang merupakan pilihan tepat. Mereka berdua mampu menampilkan ciri khas masing- masing yang justru membuat film ini semakin bernyawa. Sandra Bullock sangat pas dalam membawakan peran Special Agent Ashburn yang kaku, ortodoks, serta kutu buku. Di satu sisi Melissa McCarthy berhasil memberikan unsur beringasan, kasar, serta minim toleransi untuk karakter Detective Mullins. Hal- hal tersebut yang membuat chemistry antar karakternya terjalin cukup baik.

Hal ini juga turut diperkuat oleh jajaran supporting cast yang tampil pas. Selain nama- nama seperti Michael Rappaport dan Marlon Wayans, film ini turut didukung oleh mantan anggota boyband yang terkenal lewat tembang Step By Step dan I’ll Be Loving You (Forever) nya, Joey McIntyre. Khusus untuk Wayans ternyata di sini dia bisa juga melepas imej konyol yang sudah menjadi trademark di setiap karakternya.

Image

Naskah yang ditulis oleh Katie Dippold juga cukup baik. Unsur komedinya mampu memancing tawa penonton. Tak lupa scriptwriter cantik, yang ikut tampil cameo sebagai suster ini menyelipkan twist yang cukup ampuh untuk menambah unsur detektifnya. Selain itu porsi action pun cukup pas dan cukup seru untuk dinikmati.

Saya merekomendasikan film ini untuk ditonton. Karena selain cukup bagus, film ini merupakan pilihan yang pas untuk ditonton bagi pria maupun wanita. Bagi pria tentunya akan suka dengan adegan- adegan aksi serta adegan ledakan yang turut mewarnai film ini. Bagi penonton wanita tentunya akan suka dengan tema- tema girl power atau emansipasi, di mana sesuatu yang biasanya hanya diperuntukkan bagi para pria kini bisa dilakoni oleh wanita.

Rating:

7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s