The Conjuring (2013)

Ghostly Voice: Wanna play hide and clap?

Image

Directed By: James Wan

Cast: Patrick Wilson, Vera Farmiga, Lili Taylor, Ron Livingston, Shanley Caswell, Hayley McFarland, Joey King, Mackenzie Foy, Kyla Deaver

Synopsis:

Roger (Ron Livingston) dan Carolyn Perron (Lili Taylor) pindah ke rumah baru bersama kelima putrinya: Andrea (Shanley Caswell), Nancy (Hayley McFarland), Christine (Joey King), Cindy (McKenzie Foy), serta April (Kyla Deaver). Ternyata rumah pertanian yang kini mereka tempati dihuni oleh mahluk- mahluk tak kasat mata yang bukan hanya mengganggu namun juga berpotensi untuk melukai secara fisik.

Untuk itu mereka memutuskan untuk menghubungi pasangan paranormal investigator terkenal yang juga merupakan pasangan suami- istri: Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga). Namun ternyata apa yang mereka temui kini jauh lebih kuat dan lebih berbahaya dari apa yang selama ini mereka hadapi selama ini.

Review:

Image

Mungkin bagi kita nama Edward dan Lorraine Warren terasa sangat asing, namun di negara asalnya pasangan paranormal investigator, yang terkadang menulis pengalamannya lewat buku tersebut, cukup terkenal. Edward adalah seorang demonologist satu- satunya yang diakui kaum gereja namun tidak pernah mengikuti pendidikan rohani. Lorraine adalah seorang cenayang yang cukup kuat. Meskipun mereka berdua diakui dan memiliki banyak murid, namun sebenarnya ada juga pihak yang tidak percaya dan menganggap apa yang mereka ceritakan adalah hoax semata.

Di antara banyak kasus yang mereka tangani ada beberapa yang cukup terkenal di Amerika, bahkan beberapa di antaranya menjadi inspirasi penulisan materi film atau buku horor. Kasus- kasus terkenal tersebut antara lain: kasus The Amitvylle horror, Smurl Family, Annabelle Doll, dan Demon Murder Trail.

Image

Di antara kasus- kasus yang pernah ditangani mereka ada satu kasus yang (kabar) nya begitu menakutkan sehingga tetap dirahasiakan. Yaitu kasus yang menimpa farm house milik Perron Family. Dan kasus ini lah yang diangkat ke layar lebar dengan judul The Conjuring.

The Conjuring ditangani oleh sutradara spesialis horor yang cukup diakui. Ya, memang hasil- hasil karya James Wan bukan saja mampu memuaskan penggemar film horor, namun juga para kritikus. Sebut saja Saw, Dead Silence, dan Insidious. Yang cukup unik adalah film The Conjuring ini dinilai memiliki karakteristik paling mirip dengan salah satu karyanya, Insidious yang pada bulan September nanti akan muncul sekuelnya.

Image

The Conjuring masih menggunakan formula Insidious di mana James Wan memakai template  yang kerap dipakai film- film horor klasik. Nuansa seram dibangun oleh pengambilan kamera serta tone- tone sendu. Dan ditambah musik gubahan Joseph Bishara yang telah berhasil membuat stress penonton di film Insidious. Dan si Bishara ini gimana kurang serem? Baik di film Insidious dan The Conjuring dia masuk jajaran cast sebagai salah satu jurig.

Hasil kerja Art Director, Geoffrey S. Grimsan juga cukup baik untuk menampilkan aura- aura kengerian.

Image

Dari jajaran pemain Lili Taylor merupakan yang tampil paling baik. Lalu ada the next Chloe Moretz, Joey King yang sekali lagi mampu tampil apik seperti yang pernah dibawakannya lewat The Dark Knight Rises dan White House Down. The rest of them, berakting cukup baik namun masih dalam skala biasa- biasa saja.

Adegan- adegan seram yang menjadi nilai jual masih efektif dalam membuat takut atau kaget penonton. Tensi ketegangan dari naskah yang ditulis oleh Chad dan Carey Hayes tetap terjaga sampai ending. Hanya saja sebagian adegan paling seram sudah tersaji di trailer- trailernya. Jadi mungkin bagi para trailer hunter akan terasa kurang menakutkan. Apalagi yang sampai hapal adegan demi adegan di dalam trailernya.

Image

Jika film ini sukses bukan tidak mungkin akan muncul sekuel- sekuel lainnya. Dan petualangan The Warrens bisa saja menjadi franchise baru di tangan James Wan mengingat begitu banyaknya kasus- kasus yang pernah di tangani dan belum semuanya di angkat menjadi sebuah film.

As a conclusion, The Conjuring merupakan salah satu film horor klasik modern yang bisa memuaskan para pecinta horor. James Wan sekali lagi mampu menghasilkan karya bagus dari tangan dinginnya. Meskipun secara kualitas masih di bawah Insidious. Minimal apabila Insidious mampu membuat lagu Tip Toe Through The Tulips yang dinyanyikan Tiny Tim kembali terkenal, “tepuk tangan” khas film The Conjuring akan selalu membekas di pikiran penonton. So, anyone wanna play hide and clap with me? *Clap Clap* (dnf)

Rating:

8/10

2 thoughts on “The Conjuring (2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s