Turbo (2013)

Guy Gagné: No dream is too big and no dreamer is too small

Image

Directed By: David Soren

Cast: Ryan Reynolds, Michael Pena, Paul Giamatti, Luis Guzman, Bill Hader, Snoop Dogg, Samuel L. Jackson, Maya Rudolph, Ben Schwartz, Richard Jenkins, Ken Jeong, Michelle Rodriguez

Synopsis:

Seumur hidupnya, Theo (Ryan Reynolds) hanya memiliki satu impian: Menjadi cepat dan menjuarai kejuaraan racing Indy 500. Sang kakak, Chet (Paul Giamatti) selalu menasihatinya dan menyadarkannya bahwa dirinya hanya seekor siput kebun. Namun sebuah kecelakaan unik menyebabkan Theo memiliki kemampuan layaknya sebuah mobil balap. Hal ini yang membuat impiannya bisa terwujud. Dengan dibantu seorang manusia pemimpi, Tito (Michael Pena) dan teman- temannya serta siput- siput balap yang dipimpin oleh Whiplash (Samuel L. Jackson), Theo berusaha mengikuti perlombaan tersebut dan merubah namanya menjadi Turbo.

Review:

Image

Jangan takut bermimpi setinggi langit meskipun yang kamu impikan sama sekali tidak mungkin terjadi. Meskipun plot sederhana tersebut dinilai terlalu naif jika beneran ada di dunia nyata, namun kenyataannya premis itu yang masih menjadi nilai jual untuk sebuah film keluarga.

Plot ini pula yang menjadi pondasi utama sebuah persembahan terbaru Dreamworks Animation. Dengan mengambil inti cerita seekor siput yang biasanya berjalan lambat bisa bergerak super cepat. Jika Pixar punya Cars, maka Dreamworks menggabungkannya dengan animasi A Bug’s Life menjadi Turbo.

Image

Untuk sebuah sajian animasi sebenarnya film ini cukup menghibur. Sarat dengan tipikal film- film Dreamworks Animation lainnya, yang tidak bermaksud menggurui layaknya Pixar namun memiliki nilai hiburan yang tinggi. Lelucon- lelucon “aman” akan membuat anak- anak , bahkan dewasa, tertawa lebar. Adegan- adegan aksipun pastinya mampu menjadi daya tarik sendiri bagi para penonton anak laki- laki.

Namun sayang naskah yang ditulis oleh trio Robert D. Siegel, Darren Lemke, serta sang sutradara kurang begitu bagus dalam menjaga pace cerita. Beberapa adegan yang diharapkan mampu memacu adrenalin terasa kurang efisien dalam menghasilkan tujuannya.

Image

Yang paling saya senangi dari film ini adalah kualitas voice cast nya. Terutama Samuel L. Jackson, Luis Guzman, serta Snoop Dogg yang sukses menyuarakan perannya masing- masing sebagai Whiplash, Angelo, dan Smoove Move.

Untuk kualitas 3D nya tidak terlalu istimewa. Namun untung saja theme song yang diputar sepanjang film sangat enak didengar dan terasa nyambung dengan adegan. Terutama The Snail is Fast yang dinyanyikan oleh V12 and Classic.

Image

Despite segala macam kekurangan tersebut, nampaknya Dreamworks masing sangat pede dengan franchise ini karena ke depannya sudah dipersiapkan sekuel yang berupa film serial dengan judul Turbo: F.A.S.T. Namun sayangnya dari informasi yang saya dapat seluruh voice talent diganti dengan aktor- aktris baru.

So, bagi anda yang memang menggemari film animasi mungkin Turbo bisa dijadikan pilihan hiburan. Film ini cukup menghibur meskipun tidak bisa dikatakan spesial dan memorable. Sekedar masukan jangan buru- buru keluar bioskop karena ada stinger di awal credit title yang cukup menarik. Selebihnya hanya audio clip yang ada di ending title -nya. (dnf)

Rating:

7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s