Elysium (2013)

Max Da Costa: I Promise you, one day I’ll take you to Elysium.

Image

Directed By: Neill Blompkamp

Cast: Matt Damon, Jodie Foster, Sharlto Copley, Diego Luna, Alice Braga, William Fichtner, Wagner Moura

Synopsis:

Pada akhir abad ke-21, bumi sudah rusak dikarenakan ulah manusia bercampur dengan berbagai macam bencana alam. Pada saat itu orang- orang kaya di bumi mendapatkan hal eksklusif untuk tinggal di sebuah satelit buatan yang disebut Elysium. Di sana mereka mendapatkan berbagai macam fasilitas mewah serta pelayanan yang memadai, seperti kapsul yang bisa menyembuhkan berbagai macam kerusakan organ tubuh manusia. Sementara bagi masyarakat biasa terpaksa harus tetap hidup di bumi yang sudah rusak.

Pada tahun 2154 tersebutlah seorang mantan kriminal bernama Max Da Costa (Matt Damon) yang sedari kecil sudah bermimpi untuk pergi ke Elysium, bahkan menjanjikan suatu hari akan mengajak teman kecilnya, Frey (Alice Braga) pergi ke negeri impian tersebut. Namun mimpi tinggallah mimpi.

Sampai suatu saat, sebuah kecelakaan kerja membuat hidup Max diperkirakan tersisa 5 hari lagi. Satu- satunya harapan Max adalah pergi ke Elysium dan mendapatkan perawatan di kapsul medis tersebut. Untuk itu dia terpaksa harus kembali bekerja dengan mantan bosnya, Spider (Wagner Moura) dengan menyetujui untuk membajak isi otak seorang pebisnis John Carlyle (William Fichtner) dengan bayaran sebuah tiket pergi ke Elysium.

Ternyata Carlyle menyimpan sebuah informasi rahasia hasil konspirasinya dengan menteri pertahanan Elysium, Delacourt (Jodie Foster). Untuk itu, wanita sadis tersebut menugaskan seorang maniak sadis bernama Kruger (Sharlto Copley) untuk menggagalkan aksi Max.

Review:

Image

Sudah menjadi nilai mutlak bagi seorang sutradara baru saat merilis film baru untuk dibandingkan dengan film lamanya. Apalagi jika film lamanya tersebut merupakan sebuah sleeper hit. Sebut saja nama- nama semacam James Wan yang karya terbarunya kemarin selalu dibandingkan dengan film- film lamanya seperti Saw dan Insidious. Atau M. Night Shyamalan yang sampai kapanpun hasil- hasil karya terbarunya akan dibandingkan dengan The Sixth Sense, Unbreakable, dan Signs.

Hal ini berlaku juga bagi sutradara yang berasal dari negara yang sama dengan Charlize Theron, Neill Blomkamp. Film panjang pertamanya yang berjudul District 9 sukses menjadi sebuah sleeper hit di tahun 2009 lalu. Kontan saja ketika mengumumkan proyek sci- fi Elysium

Image

Jika mau dibilang setara dari beberapa sisi film ini masih di bawah kualitas District 9. Hal yang menjadi nilai jual District 9 adalah sebuah cerita out of the box. Tema alien di film tersebut berbeda dengan film- film alien lainnya. Jika template umum manusia yang menjadi protagonis dan alien yang menjadi antagonis, film tersebut menyajikan sebaliknya.

Film Elysium kehilangan nilai breakthrough tersebut. Mungkin memang pada awalnya film ini tidak diperuntukan menjadi sebuah proyek dengan cerita yang berbeda daripada yang lain. Karena memang dari segi plot sudah ratusan ribu kali diangkat ke layar lebar. Bisa dikatakan plot film ini merupakan gabungan antara Total Recall (versi 2012) , Johnny Mnemonic, Robocop, serta diberi nuansa District 9. Nuansa District 9 tersebut sangat terasa di visualisasi kumuh kota Los Angeles di masa depan, serta terik matahari yang tertangkap kamera.

Image

Secara kualitas cerita film ini dibangun dengan apik di awal. Penggambaran masing- masing karakter serta universe yang dibangun dengan rapi disajikan sang sutradara yang juga merangkap sebagai penulis naskah. Namun storytelling menjadi terlalu dragging ke level film eksyen biasa di paruh film kedua. Bahkan di beberapa adegan terasa sangat tidak mungkin, even untuk sebuah film sci- fi sekalipun.

Namun hal tersebut tidaklah terlalu mengecewakan karena Blomkamp menampilkan adegan aksi yang cukup seru. Tapi sayang teknik shaky camera hasil tangkapan sinematografer Trent Opaloch sangat kasar dan membuah capek mata. Sehingga beberapa adegan aksi yang harusnya cukup memukau, menjadi kurang bisa dinikmati dengan maksimal.

Image

Untuk jajaran cast hampir seluruh pemain cukup memainkan perannya dengan baik. Terlebih 2 pemeran utama; Matt Damon dan Jodie Foster yang memang pas dalam membawakan perannya masing- masing. Namun kredit lebih saya berikan kepada Wagner Moura dan Sharlto Copley. Moura sangat bagus memainkan karakter klise seorang underground leader ala film- film sci- fi yang menentang kebijakan pemerintah. Sharlto Copley, yang cukup bikin pangling di awal kemunculannya, sekali lagi membuktikan bahwa dirinya bukanlah aktor pendatang baru sembarangan. Jika di District 9 dia bisa tampil menjadi seorang protagonis dadakan, kemudian menjadi pilot sableng bernama Murdock di film The A- Team. Kali ini dia mampu menjadi seorang antagonis sadis yang menyebalkan. Dan tampilannya pun berbeda dari biasanya. Saya jadi tidak sabar menantikan penampilannya menjadi antagonis di film remake Oldboy yang akan rilis akhir tahun ini.

Image

Sebagai kata penutup, Elysium merupakan sebuah film aksi fiksi ilmiah biasa yang mampu memanjakan dengan berbagai macam adegan heroiknya. Bagi anda yang ingin menyaksikan adegan- adegan laga spektakuler dan seru, akan terpuaskan dengan film ini. Namun bagi anda yang mengharapkan sebuah sajian dengan plot yang brilian dan berbobot, sudah dapat dipastikan akan kecewa. Supaya anda semua bisa menikmati dengan maksimal, camkan kalimat ini di benak anda: Elysium is Elysium. Elysium is not District 9. (dnf).

Rating:

7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s