R.I.P.D (2013)

Roy/ Nick (Repeated Line) : Relax body!

Image

Directed By: Robert Schwentke

Cast: Jeff Bridges, Ryan Reynolds, Kevin Bacon, Mary- Louise Parker, Stephanie Szostak, James Hong, Marissa Miller, Robert Knepper

Synopsis:

Nick Walker (Ryan Reynolds) adalah seorang polisi kota Boston yang tewas terbunuh oleh rekannya sendiri, Bobby Hayes (Kevin Bacon). Namun dikarenakan selama hidupnya dia termasuk seorang polisi korup, Nick terancam menghadapi siksaan abadi di neraka. Namun untungnya, Nick termasuk seorang polisi yang hebat semasa hidupnya. Sehingga sebagai penebus dosa- dosanya, Nick terpaksa harus bekerja sebagai seorang petugas R.I.P.D (Rest In Peace Department) selama 100 tahun. R.I.P.D bertugas untuk menangkap arwah- arwah mantan penjahat yang kabur dari “pengadilan” dan kembali ke bumi. Arwah- arwah yang kabur ke bumi tersebut disebut Deado.

Mildred Proctor (Mary Louise- Parker), komandan R.I.P.D memasangkan Nick dengan seorang hamba hukum era Wild West bernama Roy Pulsipher. Layaknya agen- agen R.I.P.D lainnya, Nick dan Roy menggunakan Avatar atau samaran saat turun ke bumi. Jika Nick menyamar sebagai seorang cina tua bernama Grandpa Jerry Chen (James Hong), Roy menyamar sebagai seorang seorang wanita seksi bernama Opal Pavlenko.

Dalam menangani kasus pertamanya, Nick mendapatkan petunjuk yang mengarah kepada kasus pembunuhan dirinya yang dilakukan oleh Bobby. Nick dan Roy harus berpacu dengan waktu karena ternyata Julia Walker (Stephanie Szostak), sang istri terancam bahaya.

Review:

Image

Sebuah konsep lama, disulap dikit, modif sana- sini, hingga menjadi sebuah film baru bukanlah hal yang baru lagi. Terlebih jika nantinya film tersebut bisa menjadi sebuah franchise tersendiri. Yang paling ketara beberapa tahun ini adalah film horor romatis macam Twilight Saga.

Sama halnya dengan R.I.P.D. Konsep cerita yang berasal dari serial komik rilisan Dark Horse Comics ini memiliki plot cerita perpaduan antara Men In Black dan Ghostbusters serta dicampur dengan ramual ala Ghost. Sebenarnya formula semacam ini sudah tidak aneh lagi di dunia industri hiburan.

Image

Sebagai sebuah tontonan ringan di kala penat menghadapi kerjaan atau stress menjelang ujian atau depresi menghadapi cobaan hidup, sebenarnya film ini cukup berhasil. Dengan dialog- dialog dan scene- scene lucu yang lumayan efektif bisa meringankan beban pikiran kita. Namun sayangnya tidak dibarengi dengan naskah yang baik.

Film ini sebenarnya terlalu cheesy dan menjadi kurang berbobot. Robert Schwentke yang 3 tahun lalu berhasil mencetak sebuah sleeper hit hasil adaptasi komik berjudul RED, kali ini terlihat melempem. Mungkin kita harus menyalahkan tim penulis naskah yang dikerjakan secara gotong royong ini.

Image

Dosa lainnya yang dilakukan oleh para penulis naskah adalah perubahan nama karakter- karakter utama. Entah dengan maksud tujuan apa 2 karakter utama yang memiliki original name Nick Cruz dan Roy Powell diganti menjadi Nick Walker dan Roy Pulsipher. Penggantian nama asli sebuah karakter utama sangat berpengaruh bagi tanggapan para fans. Untungnya seri komik ini belum begitu dikenal luas. Hanya kalangan- kalangan tertentu saja yang tahu.

Untuk adegan aksi, film ini sudah cukup memenuhi syarat. Namun sayangnya kurang diiringi dengan hasil 3D yang maksimal. Dan yang lebih mengecewakan lagi adalah character design untuk para Deado yang kurang terealisasi dengan baik.

Image

Dari segi jajaran pemain hanya Jeff Bridges saja yang bisa mencuri perhatian. Dengan gaya western slenge’an dan suara yang mirip Bane nya The Dark Knight Rises, aktor lawas tersebut bisa membawakan peran Roy dengan sempurna. Berbeda jauh dengan Ryan Reynolds. Sepertinya 5 tahun ke depan dia akan tidak dipercaya lagi memerankan karakter utama. Atau bahkan namanya tidak akan lagi muncul di poster film. Padahal secara kualitas dan fisik dia sebenarnya cukup memiliki potensi. Hanya saja dirinya sepertinya terlalu malas untuk menggali potensi tersebut. Reynolds yang sempat bermain cukup baik di Burried dan X-Men: Origins di sini malah bermain sangat buruk dan kebanting dengan performa Bridges. Padahal film semacam ini sangat mengandalkan chemistry di antara kedua karakter utamanya. Seperti halnya Will Smith dan Tommy Lee Jones.

Jajaran cast lainnya bermain pas- pasan saja. Kevin Bacon dan Mary Louise- Parker kurang begitu mencuri perhatian. Bacon sebagai antagonis utamapun kurang memiliki greget. Berbeda dengan penampilan dirinya sebagai antagonis di film- film semacam Hollow Man, X-Men: First Class, atau Sleepers.

128492

So, untuk sebuah hiburan film R.I.P.D bisa dijadikan pilihan. Namun untuk sebuah film yang berbobot, masih tertinggal jauh di bawah kualitas film- film yang menjadi sumber inspirasinya tadi. Apakah nanti akan dibuatkan sekuel? Sepertinya akan susah sekali melihat perolehan rating IMDB dan Rotten Tomatoes serta perolehan hasil Box Office. (dnf)

Rating:

7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s