Daneff’s Ghostbusters Reboot Fancast

Image

“Who You Gonna Call?” Masih ingatkah anda dengan catchphrase ini? Kalimat terkenal ini terlahir dari sebuah franchise yang cukup populer di tahun 80an. Ya, kalimat tersebut berasal dari film Ghostbusters. Sebagai yang tumbuh seiring dengan lahirnya TV Swasta Nasional, saya pertama kali diperkenalkan dengan franchise ini justru dari serial animasinya. Serial animasi yang berjudul The Real Ghostbusters tersebut merupakan adaptasi dari film keluaran tahun 1984 berjudul Ghostbusters yang kemudian dibuatkan sekuelnya di tahun 1989.

Namun sayang, salah satu franchise yang sempat jadi favorit saya ini, dengan berbagai macam alasan, selalu gagal dibuatkan sekuel keduanya. Sampai saat inipun kepastian jilid ketiganya masih menjadi tanda tanya besar dengan berbagai macam isu simpang siur. Salah satunya adalah ketidak sediaan salah satu pemeran sentral untuk kembali bermain, Bill Murray. Sementara salah satu pemeran sentral lainnya yang juga ikut menjadi kreator franchise ini, Dan Aykroyd cukup antusias dengan film ini. Bahkan terakhir saya dengan dia positif bahwa jilid ketiganya akan syuting di tahun 2014. Meskipun jajaran pemeranpun belum fix. Serta bagaimana dengan nasib karakter Peter Venkman yang dimainkan Murray juga belum jelas.

Di samping itu tidak sedikit pula yang meragukan proyek ini. Salah satu alasan utamanya adalah usia para pemeran utama yang sudah tidak lagi muda. Dengan kata lain harus di reboot. Saya termasuk orang yang lebih memilih franchise ini di reboot saja.

Saya pun tergerak untuk memilih fancast untuk proyek reboot ini. Dikarenakan saya lebih dulu mencintai The Real Ghostbusters, maka saya hanya memasukan 4 anggota Ghostbusters:  Peter Venkman, Egon Spengler, Ray Stantz, Winston Zeddemore, sang sekretaris Janine Melnitz, serta akuntan mereka Louis Tully. Khusus untuk karakter Slimer harus full CGI.

Salah satu syarat terkuat untuk fancast yang saya tampilkan adalah kemampuan comedic performance yang memang sangat dituntut untuk film ini. Di bawah akan saya tampilkan perbandingan tampilan fancast saya dengan tampilan versi animasi serta film lamanya.

The Director

Image

Edgar Wright (Shaun Of The Dead, Hot- Fuzz, The World’s End)

Ghostbusters adalah sebuah film action comedy. Untuk itu diperlukan seorang sutradara yang piawai dan sudah terbukti mengarahkan film dengan genre tersebut. Beberapa nama sempat saya pertimbangkan. Akhirnya saya memilih Edgar Wright yang menurut saya merupakan sutradara komedi yang cukup smart untuk periode sekarang ini.

Other Considerations: Paul Feig, Seth Gordon, McG, Judd Apatow

Peter Venkman

Image

Bradley Cooper (The Hangover, The A- Team, Silver Linings Playbook)

Dalam benak saya karakter Peter Venkman adalah seorang womanizer. Di antara para Ghostbuster lainnya, Peter adalah yang paling malas, egosentris, dan ingin cepat selesai. Metodenya cukup agresif dalam melawan para hantu. Jika rekan- rekannya sibuk menganalisa sebuah fenomena sebelum menghadapi secara langsung, Peter tidak sabar dan lebih memilih langsung turun lapangan supaya pekerjaannya cepat selesai. Dengan kata lain, dia adalah the brawn of the band.

Untuk memerankan karakter Peter Venkman yang pertama kali ada di benak saya adalah Vince Vaughn. Sorot sinar mata serta gerak geriknya mengingatkan saya pada sosok Bill Murray muda. Hanya saja dirinya kurang berkarisma. Akhirnya pilihan saya jatuh kepada kandidat terkuat berikutnya. Bradley Cooper mampu menjadi seorang playboy yang mementingkan diri sendiri dengan baik. Cooper juga memiliki tampilan pas untuk menjadi seorang anti- hero yang sarkastik. Selain itu dirinya lebih mampu menarik minat penonton wanita dan lebih menjual dibandingkan Vaughn.

Other Considerations: Vince Vaughn, Ben Stiller, Paul Rudd

Egon Spengler

Image

Jason Sudeikis (Horrible Bosses, Hall Pass, We’re The Millers)

Egon Spengler dalam benak saya adalah yang paling pintar di antara para Ghostbusters. Meskipun Ray dan Peter sama- sama memiliki gelar scientist, Egon merupakan the brain of the band. Dia yang menciptakan senjata proton pack serta ghost storage facility. Dia merupakan pribadi yang serius dan kutu buku karena memang sedari kecil sudah dibiasakan bermain dengan alat- alat laboratorium.

Untuk perang Egon, aktor yang pertama kali terlintas dalam pikiran saya adalah Ioan Gruffudd. Secara fisik dia paling mirip dengan Harold Ramis. Namun saya meragukan kemampuan komedinya. Akhirnya setelah menimbang- nimbang, saya merasa Jason Sudeikis cocok untuk memerankan Egon. Kemampuan komedinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dia adalah alumni Saturday Night Live. Hanya ditambah dengan kacamata yang tepat dia bisa menjelma menjadi seorang nerd.

Other Considerations: Ioan Gruffudd, Ed Helms

Ray Stantz

Image

Ray Stantz adalah the heart of the band. Dia selalu stay positive dalam segala hal. Seburuk apapun keadaannya, Ray selalu mampu bersikap tenang. Meskipun terlihat polos, namun Ray merupakan yang paling berdedikasi terhadap Ghostbusters. Terbukti dia menjual semua aset warisan orangtuanya untuk memulai bisnis berburu hantu ini.

Untuk peran Ray haruslah berbadan gempal. Di antara seluruh kandidat yang menjadi pertimbangan saya, saya merasa Seth Rogen yang paling pas. Wajahnya bisa terlihat innocent. Cocok untuk karakter Ray yang polos.

Other Considerations: Dan Fogler, Jonah Hill, Kevin Smith

Winston Zeddemore

Winston Zeddemore

Shawn Wayans (Scary Movie, Little Man, White Chicks)

Winston Zeddemore adalah soul of the band. Karena di antara rekan- rekannya dia yang paling religius. Dia juga yang paling konvensional serta mandiri. Jika di versi originalnya Winston bukanlah member original Ghostbusters, namun bergabung setelah melihat iklan lowongan kerja di sebuah koran, di versi reboot ini Winston adalah seorang ahli mekanik teman Ray yang ikut menjadi member setelah menyumbangkan mobil jenazah dari rumah duka tempat ayahnya bekerja dan menambahkannya dengan gadget penangkap hantu ciptaan Egon. Kelak mobil tersebut mendapat nama sandi Ecto-1.

Di antara para aktor yang saya pilih, pemeran Winston lah yang paling susah ditemukan. Dari beberapa nama akhirnya saya memutuskan Shawn Wayans yang paling mendekati Winston dalam gambaran saya. Selain memiliki bakat komedi yang khas, tampilannya slengeannya bisa dibuat sedemikian rupa supaya lebih konservatif. Bahkan di antara Wayans Brothers, dialah yang menurut saya memiliki muka paling alim. (heh?)

Other Considerations: Don Cheadle, Marlon Wayans, Mos Def, Orlando Jones

Janine Melnitz

Janine Melnitz

Anna Kendrick (End of Watch, Up In The Air, Twilight)

Janine Melnitz adalah pegawai Ghostbusters yang diperkerjakan sebagai “sekretaris perusahaan”. Hampir semua pekerjaan administratif dipegangnya. Mulai dari menjawab telepon, membuat catatan, menjawab email, dsb. Dalam versi ini, Janine adalah seorang wanita muda ambisius yang rela bekerja keras demi menabung untuk mengejar impiannya untuk sekolah disainer di Paris. 

Well, mungkin di antara jajaran cast hanya peran Janine yang tidak membutuhkan seorang komedian. Bagi saya karakter Janine berfungsi sebagai pemanis. Enak dilihat dan smart. Dia bisa memanfaatkan sisi kewanitaannya di antara para pria, seperti membersihkan kantor, dan lain- lain. Dan menurut saya Anna Kendrick mampu untuk memegang peranan tersebut. Selain cantik, cerdas, saya juga yakin dia mampu dengan mudah mengikuti arus komedi rekan- rekan prianya.

Other Considerations: Kat Dennings, Anna Faris

Louis Tully

Louis Tully

Jay Baruchel (The Sorcerer’s Apprentice, She’s Out Of My League, This Is The End)

Louis Tully adalah akuntan freelancer yang disewa untuk menangani pencatatan keuangan Ghostbusters. Dia sangat jenius dalam hal ilmu sosial. Bahkan memiliki banyak gelar dan sertifikat di bidang ekonomi, keuangan, pajak, audit, serta hukum. Namun sebenarnya jauh di dalam lubuk hatinya dia ingin menjadi seorang hero dan beraksi di medan pertempuran. Selama menangani keuangan Ghostbusters, Louis terlibat cinta lokasi dengan Janine.

Dari beberapa kandidat sebenarnya ada 2 nama yang menurut saya paling pas memerankan Louis Tully. Jay Baruchel dan Christopher Mintz- Plasse. Namun nama terakhir saya coret karena masih terlalu muda. Jay Baruchel lah yang akhirnya saya pilih. Sosoknya yang culun serta suaranya yang aneh menjadi nilai lebih untuk memerankan tokoh nerd yang pathetic.

Other Considerations: Christopher Mintz- Plasse, Eddie Kaye Thomas

Dan reboot ini harus menampilkan pula…………………………

Stay Pufft Marshmallow Man

dysfunctional-Stay-puft-marshmallow-man

dan juga…..

Slimer

slimer

Please give comment apabila ada jajaran fancast yang menurut anda lebih pas dibandingkan dengan yang telah saya pilih di atas tadi. (dnf)

201207070021

2 thoughts on “Daneff’s Ghostbusters Reboot Fancast

Leave a Reply

