2 Guns (2013)

Stig: You’re my people and we have a code. You fight for the guy that’s fighting next to you.

Image

Directed By: Baltasar Kormakur

Cast: Denzel Washington, Mark Wahlberg, Paula Patton, Edward James Olmos, James Marsden, Bill Paxton, Fred Ward, Robert John Burke

Synopsis:

Bobby Beans ( Denzel Washington) dan Michael “Stig” Stigman (Mark Wahlberg) adalah sepasang kriminal yang sesekali bekerja untuk bos kartel Papi Greco (Edward James Olmos). Dikarenakan merasa tidak dibayar sesuai dengan perjanjian, Beans dan Stig berencana untuk merampok bank tempat penyimpanan uang Papi Greco. Perampokan yang dipikir sederhana tersebut ternyata berjalan tidak mulus dan menjadikan mereka menjadi buruan banyak pihak. Tanpa saling mengetahui satu sama lain, ternyata Bobby adalah seorang agen DEA dan Stig adalah seorang intel angkatan laut. Kini mereka mau tidak mau harus bekerja sama lagi untuk menghindari kejaran kartel, agen- agen korup, serta orang- orang yang telah menghianati mereka.

Review:

Image

Jika kita melihat ke belakang sepertinya summer 2013 ini banyak dihiasi oleh film- film bergenre buddy cop. Sebuat saja film- film semacam The Heat, The Lone Ranger, White House Down, R.I.P.D, Pacific Rim, atau Star Trek: Into Darkness. Formulanya pun tidak jauh- jauh yang menceritakan bagaimana 2 tokoh beda watak yang awalnya saling tidak suka mau tidak mau harus bahu membahu untuk memecahkan sebuah kasus.

Sudah pasti untuk membuat sebuah film bergenre ini membutuhkan sepasang aktor yang sudah tidak bagus dan memiliki chemistry antara satu sama lainnya. Untuk itu dipilihlah Denzel Washington dan Mark Wahlberg untuk memegang peranan utama dari film yang diangkat dari graphic novel berjudul sama keluaran Boom! Studios.

Image

Sebenarnya saya pribadi tidak begitu suka dengan permainan Denzel Washington. Meskipun banyak filmnya yang menjadi favorit saya. Bagi saya pribadi aktor yang sudah beberapa kali menerima piala Oscar ini terkadang berakting agak lebay. Namun hal yang saya takutan tersebut tidak terlihat di film ini. Improvisasi- improvisasi lebay yang biasa saya temukan di aktingnya tidak ditemukan di film ini. Sehingga sayapun bisa menikmati perannya sebagai Bobby. Meskipun sebenarnya karakter aslinya di komik adalah seorang caucasian berambut pirang. Selain itu Mark Wahlberg yang terkenal memiliki kualitas akting yang berbeda di setiap filmnya, terkadang bagus terkadang biasa saja, di film ini mampu memerankan sosok Stig dengan baik.

Chemistry di antara keduanyapun saya rasa cukup baik. Mereka bisa mampu melengkapi satu sama lainnya.

Image

Dereta cast pendukungnya juga terbilang cukup menarik. Edward James Olmos dan Bill Paxton yang masing- masing memerankan gembong kartel dan orang yang memburu Bobby dan Stig, juga bermain dengan pas. Sisi nyebelin khas film- film sejenis bisa dibawakan dengan baik. Ditambah penampilan Paula Patton sebagai pemanis yang kali ini bersedia memberikan “EKSTRA” untuk mata anda.

Naskah yang disadur oleh Blake Masters juga cukup bagus. Character building nya terbilang dibangun dengan cukup baik. Ciri khas buddy cop yang from hate to respect bisa tersaji dengan sempurna.

Image

Untuk adegan laganya terbilang cukup seru. Baltasar Komakur yang sebelumnya juga pernah mengarahkan Wahlberg di film berjudul Counterpain eh… Cotraband cukup piawai menambahkan unsur- unsur komedi yang cukup menggelitik.

Akhir kata, film ini bisa dikatakan cukup menghibur. Jangan berekspektasi terlalu banyak. Cukup nikmati saja action dan komedinya. Insyaallah anda akan cukup terhibur. Anyway, posternya lumayan keren tuh. Kaya ada efek 3Dnya. (dnf)

Rating:

7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s