Malavita (2013)

Warren: You’re a maniac.

Belle: Thank you.

Image

Directed By: Luc Besson

Cast: Robert De Niro, Michelle Pfeiffer, Dianna Agron, John D’Leo, Tommy Lee Jones

Synopsis:

Demi menghindari tuntutan hukum, seorang mafia bernama Giovanni Manzoni (Robert De Niro) terpaksa melaporkan organisasinya ke FBI. Untuk melindungi keluarganya, dia mengikuti Witness Protection Program di bawah pengawasan agen Robert Stansfield (Tommy Lee Jones) dan kerap tinggal berpindah- pindah tempat. Ketika berada di Normandia, Giovanni yang kali ini merubah identitasnya menjadi Fred Blake harus menghadapi hitman- hitman yang ditugasi membunuh dirinya dan keluarganya, Maggie (Michelle Pfeiffer), Belle (Dianna Agron), dan Warren (John D’Leo).

Review:

Image

Prancis adalah salah satu negara yang memiliki industri perfilman yang cukup maju. Banyak sineas- sineas dan pemain- pemain berbakat Hollywood yang berasal dari negara tersebut. Untuk sineas mungkin yang paling terkenal adalah Luc Besson. Selain dikarenakan cukup produktif, Besson dikenal mampu membuat sebuah film yang sesuai dengan selera penonton yang terbiasa dengan perfilman Hollywood.

Kali ini film yang dibuat diadaptasi dari sebuah novel berjudul Malavita. Film yang di Amerika diedarkan dengan judul The Family ini cukup menarik perhatian dikarenakan jajaran cast nya yang cukup menjanjikan. Dan dari materi trailer sudah terlihat film dibuat dengan gaya dark comedy yang cukup menarik.

Image

First of all, film ini bisa dikatakan sebuah tribute untuk film- film gangster Amerika. Namun dikisahkan dengan cukup unik. Film ini juga benar- benar mengandalkan para cast sebagai daya jual. Dan kelima pemain utamanya benar- benar pas dan bagus dalam menjalankan tugasnya masing- masing. Terlebih kedua bintang mudanya. Dianna Agron bisa memerankan karakter sweet girl yang bisa sadis. Sementara John D’Leo berhasil menjadi center of attention saya di film ini. Aktingnya sebagai seorang anak lelaki “penerus” ayah cukup meyakinkan.

Baik De Niro dan Jones terlihat comfort memerankan karakter yang sudah identik dengan mereka masing- masing. De Niro dengan karakter gangster sadisnya, dan Jones dengan karakter agen pemerintah yang kakunya. Pfeiffer juga bagus dalam memerankan seorang ibu yang tidak kalah psikopat dengan anggota keluarga lainnya.

Image

Namun kelemahan terfatal dari film ini adalah plot cerita yang sepertinya tidak jelas mau dibawa kemana. Mungkin plot semacam ini masih lebih enak jika dinikmati dalam bentuk novelnya saja. Luc Besson dan Michael Caleo sebagai yang bertanggung jawab dalam mengadaptasi skenario kurang mampu memberikan tensi ketegangan dan dialog- dialog cerdas sehingga terasa bosan di beberapa adegan. Beberapa plothole juga terasa cukup mengganggu. Padahal film mobster identik dengan sebuah film cerdas yang seringkali dilirik juri festival.

Untuk adegan sadis dan eksyennya saya rasa cukup nanggung. Aneh sepertinya mengingat sang produser, Martin Scorsese sebenarnya bisa memberikan masukan bagaimana untuk membuat sebuah mobster family yang baik mengingat dirinya sudah puas malang melintang membuat film serupa.

Image

Walhasil, film Malavita menjadi sebuah sajian serba tanggung yang sebenarnya bisa dibuat istimewa mengingat memiliki plot cerita unik dan jajaran cast yang sangat menjanjikan. Ohya, ada satu hal yang cukup menggelitik. Di mana karakter yang diperankan oleh Robert De Niro diajak nobar film Goodfellas. Seperti kita ketahui film tersebut disutradarai oleh Martin Scorsese dan dibintangutamai oleh Robert De Niro. (dnf)

Rating:

7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s