You’re Next (2011)

Erin: Grab anything that might make a good weapon

Image

Directed By: Adam Wingard

Cast: Sharni Vinson, AJ Bowen, Nicholas Tucci, Wendy Glenn, Margareth Laney, Amy Seimetz, Ti West, Joe Swanberg, Rob Moran, Barbara Crampton, L.C. Holt, Simon Barrett, Lane Hughes

Synopsis:

Paul (Rob Moran) dan Aubrey Davison (Barbara Crampton) merayakan hari jadinya yang ke-35. Untuk itu seluruh anaknya datang dan membawa pasangannya masing- masing. Di tengah acara makan malam bersama, rumah kediaman mereka diserang oleh 3 orang misterius dan mengenakan topeng hewan. Mereka membunuh satu per satu orang yang berada di rumah tersebut. Tanpa mereka ketahui, ternyata salah satu anak Paul dan Aubrey, Crispian (AJ Bowen) membawa pacarnya, Erin (Sharni Vinson) yang ternyata memiliki survival skill dan kemampuan membunuh yang tinggi.

Review:

Image

Sepintas You’re Next seperti slasher movie biasa. Yang pastinya akan dipenuhi adegan sadis dan sedikit nudity. Namun yang membuat beda dan menjadi bahan pembicaraan di dunia perfilman tanah air adalah kalau film ini diimpor oleh Gareth Evans melalui PT. Persada Utama Lestari, anak perusahaan PT. Merantau Films.

Film ini disutradarai oleh Adam Wingard, seorang sutradara yang bersama Gareth Evans turut serta terlibat dalam proyek omnibus V/H/S 2. Uniknya film ini ada rilisan 2011 namun terbatas hanya untuk keperluan festival saja. Rilis secara umumnya baru dilaksanakan 2 tahun setelahnya.

Image

Bisa dikatakan film ini merupakan perpaduan antara The Strangers dan I Spit On Your Grave. Jika kesamaan dengan The Strangers adalah tema home invasion by masked psychopaths, I Spit On Your Grave memberikan ide tentang korban yang memiliki jiwa psikopat tidak kalah dengan antagonisnya. Jadi jika anda menyukai film- film tersebut, sudah pasti anda akan menyukai film ini.

Jangan mengharapkan kualitas akting yang bagus. Karena memang dari sederetah cast yang ada terlihat seperti hanya asal comot. Bahkan dari ke- 6 anggota keluarga Davison tidak ada satupun yang mirip. Jadi anda sulit untuk percaya kalau mereka semua adalah satu keluarga. Mungkin satu- satunya yang memiliki akting yang menarik adalah Sharni Vinson. Itupun sebenarnya dia bisa diganti dengan sembarang aktris muda cantik berhonor murah.

Image

Dari segi penyutradaraan film ini saya katakan cukup baik. Wingard bisa membangun ketegangan demi ketegangan di setiap adegan dan menyisipkan formula black comedy yang cukup kental. Namun terkadang eksekusi lelucon tersebut tidak ditempatkan dengan baik sehingga kurang begitu efektif.

Yang menarik adalah adegan- adegan slashernya yang digarap dengan cukup apik. Terlebih ketika sang protagonis utama menghabisi satu per satu para pembunuh tersebut. Death Scene-nya pun terasa tidak dipaksakan. Ini yang membuat saya cukup terhibur. Terkadang saya cukup muak dengan adegan- adegan Death Scene di film- film sejenis yang terasa seperti sok- sok kreatif dan terlihat dipaksakan.

Image

Selain itu sama seperti halnya film- film sejenis, selalu menyelipkan twist sebagai nilai tambah. Namun bagi anda yang sudah sering menonton genre slasher atau thriller pasti tidak kesulitan menebak twist apa yang akan ditampilkan sejak pertengahan film. Karena memang bagi saya twist nya tidak terlalu istimewa.

Pemilihan penggunaan lagu Looking For The Magic yang dibawakan oleh Dwight Twilley Band di beberapa scene juga cukup memorable. Sama memorable nya seperti penggunaan lagu Tip Toe Through The Rainbow di film Insidious yang menjadi cukup identik dengan filmnya karena disematkan di scene yang tepat.

Image

Kesimpulannya You’re Next merupakan sebuah film yang cukup menarik bagi saya. Tidak berat dan cukup seru. Apalagi tema seperti ini saya suka dimana korban yang tadinya dipikir biasa- biasa saja ternyata memiliki skill berbahaya dan bisa membalas dendam dengan sadis. Dan menyaksikan film ini serta memperhatikan gaya penyutradaraan Wingard, tidak menutup kemungkinan jika bisa mendapatkan proyek yang pas bisa menjadi The Next James Wan, maybe. (dnf).

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s