Prisoners (2013)

Detective Loki: I’m gonna find your daughters

Image

Directed By: Denis Villeneuve

Cast: Hugh Jackman, Jake Gyllenhaal, Melissa Leo, Terrence Howard, Viola Davis, Maria Bello, Paul Dano, Erin Gerasimovich, Zoe Soul

Synopsis:

Keller Dover (Hugh Jackman)- Grace Dover (Maria Bello) dan Franklin Birch (Terrence Howard)- Nancy Birch (Viola Davis) adalah 2 pasang suami istri yang juga merupakan sahabat karib. Ketika mereka sadar bahwa kedua anak bungsunya diculik, merekapun meminta bantuan polisi. Kasus ini ditangani oleh Detective David Loki (Jake Gyllenhaal) yang dalam tempo kurang dari 24 jam telah berhasil menangkap seorang tersangka.

Namun dikarenakan Alex Jones (Paul Dano), sang tersangka memiliki kapasitas IQ tidak lebih dari anak usia 10 tahun, Keller tidak tahu terima dan kemudian menculik pelaku yang masih tinggal bersama bibinya, Holly (Melissa Leo) ini.

Review:

Image

Jika pada musim panas film- film diisi dengan parade Box Office yang penuh dengan pameran efek visual, film yang dikeluarkan di akhir tahun biasanya memiliki tema keluarga atau film yang lebih serius dengan kualitas penggarapan kelas Oscar. Sebut saja film- film semacam The Fighter, Warrior, Les Miserables, Silver Linings Playbook, Hugo, dan The Artist.

Kali ini film yang mengangkat tema drama penculikan ini juga menggunakan momen yang sama dengan harapan kali saja bisa memiliki nasib yang sama. Minimal masuk ke jajaran nominasi bergengsinya. Dengan diiringi oleh tim sukses yang kompeten membuat film ini mendapatkan sorotan bagi para pecinta film thriller berbobot.

Image

Cast ensemble yang menjanjikan merupakan nilai jual utama dari film ini. Dan memang, semua cast yang tampil di film ini mampu membawakan perannya dengan maksimal. Jackman dan Gyllenhaal tampil sebagai lead characters yang bagus dan sangat berkarakteristik. Namun entah karena baru saja tampil atau bagaimana, sepertinya di beberapa adegan, tampilan Jackman sama dengan dirinya saat menjadi Wolverine. Terrence Howard sukses menjelma menjadi seorang ayah korban penculikan yang memiliki temperamen berbeda dengan rekan sesama korban. Melissa Leo dengan tampilan bedanya mampu mengecoh penonton dengan make up dan warna rambut yang bikin pangling.

Image

Tapi sebenarnya yang paling menarik bagi saya adalah penampilan Paul Dano. Aktor kelahiran 1984 ini bisa menyeimbangi kualitas akting rekan- rekannya yang lebih senior tersebut. Bahkan dirinya mampu menyeret emosi penonton. Terkadang kita bisa curiga sama dia, di scene yang lain dia bisa tampil menyebalkan, lalu di adegan lainnya bisa membuat iba dan simpati penonton.

Namun yang sangat disayangkan adalah penampilan Maria Bello dan Viola Davis yang hanya diberikan beberapa adegan saja. Itupun menurut saya kurang bisa mengeksplor kemampuan aktingnya. Tapi tetap saja keduanya bisa memberikan penampilan yang cukup baik.

Image

Penampilan yang menarik dari jajaran cast tersebut tidak lain juga dibantu oleh naskah besutan Aaron Guzikowski yang mampu menjaga tempo ketegangan tanpa terlalu bertele- tele. Tidak lupa pula, pria yang ikut menulis naskah Contraband ini memasukan dialog- dialog cerdas yang mampu menjaga tensi ketegangan dan memberikan nilai plus dari film ini.

Hanya saja saya masih merasakan ada beberapa kekurangan dari segi naskah. Namun jika saya bahas di sini takut nanti ada spoiler. Karena memang terpaut dengan twist cerdas yang telah dipersiapkan.

Image

Sinematografi garapan Roger Deakins juga mampu membawa atmosfir sendu yang dialami para karakter utama. Dengan cuaca yang mendung, hujan, dan gelap menambah kesan depresif dan nightmare yang cukup kuat. Dan sudut pandang pengambilan gambar juga berpengaruh dalam mewakili keadaan psikologis dari tiap karakter.

Saya merasa setidaknya ada salah satu dari jajaran cast yang mampu menembus jajaran nominasi aktor/ aktris utama/ pendukung terbaik. Dan jika harus memilih salah satu, saya memilih Paul Dano yang mendapatkan nominasi.

Image

Sebagai penutup, saya menyatakan film ini sangat layak untuk ditonton. Kemampuan storytelling serta akting para cast menjadikan film yang berdurasi kurang lebih 153 menit ini menjadi enak untuk diikuti. Namun bagi anda yang lebih menggemari film hingar bingar macam The Avengers dan kurang suka dengan drama serius, silahkan mencoret film ini dari Watchlist anda. (dnf)

Rating:

8.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s