About Time (2013)

Tim: Lesson number one: All the time traveling in the world can’t make someone love you.

Image

Directed By: Richard Curtis

Cast: Domhnall Gleeson, Rachel McAdams, Bill Nighy, Lydia Wilson, Lindsay Duncan, Richard Cordery, Tom Hollander, Margot Robbie

Synopsis:

Pada usia ke 21 tahun, seorang pemuda bernama Tim (Domhnall Gleeson) mendapatkan berita mengejutkan. Dari pengakuan sang ayah (Bill Nighy), Tim mengetahui bahwa semua lelaki di garis keturunan sang ayah memiliki kemampuan untuk dapat berkelana melintasi waktu. Tim yang merupakan seorang pemalu dan selalu gagal dalam mendapatkan cinta ingin menggunakan kekuatan supernya tersebut untuk bisa mendapatkan cinta pertamanya, Charlotte (Margot Robbie). Namun ternyata perjalanan waktu bukanlah ilmu pelet. Cinta Charlotte tidak bisa juga didapatkannya.

Akhirnya dengan kekuatannya tersebut Tim bisa mengakali sang waktu dan bisa mendapatkan cinta sejati yang kelak menjadi istrinya, Mary (Rachel McAdams). Tim pun kemudian memutuskan untuk menggunakan kekuatannya tersebut untuk merubah kesalahan- kesalahan yang pernah dibuat oleh dirinya dan juga keluarganya.

Review:

Image

Time is money. Frase tersebut merupakan sebuah frase yang cukup terkenal. Bukan hanya bagi pekerja dengan hitungan honor per jam, namun saking berharganya waktu kita tidak dapat melewati lagi waktu yang sudah terlewati. Terkadang kita sering menyesal atas tindakan salah langkah atau tindakan menyia- nyiakan waktu yang mungkin kita lakukan. Tidak heran banyak sekali manusia yang menginginkan kemampuan untuk bisa kembali ke masa lalu dan merubah jalan hidup yang salah ditempuh.

Dikarenakan mustahilnya harapan ini, tidak sedikit karya- karya seni, baik dalam bentuk film dan sastra yang menggambarkan imajinasi tentang perjalanan waktu. Baik menggunakan mesin waktu ataupun dengan sebuah super power. Salah satunya adalah besutan sutradara yang juga merupakan penulis naskah film- film romantis yang cukup legendaris seperti Bridget Jones’s Diary, Notting Hill, Four Weddings and A Funeral, Love Actually, dan juga salah satu kreator ikon- ikon komedi yang cukup populer dari tanah Inggris Raya ini, The Black Adder dan Mr. Bean.

Image

Kepiawaian Richard Curtis dan pengalamannya dalam meramu formula komedi serta karya romantis membuat film About Time ini hangat untuk disaksikan. Dengan alunan yang bisa menguras perasaan sedih, terharu, bahagia, serta jenaka, Curtis mampu memainkan perasaan penonton. Adegan- adegan sedih juga ditampilkan dengan tidak kacangan dan tidak terlalu disastrous.

Meskipun sebenarnya plot macam ini sudah tidak asing lagi, bahkan untuk film romantis sekalipun, Curtis mampu membuat karakter- karakter unik yang tidak terlalu komikal. Kelucuan demi kelucuan yang timbul sangat realistis dan tidak terlalu dibuat- buat. Chemistry antar- karakter yang tampil di film ini sangat pas. Terutama chemistry Tim dengan istri dan ayahnya.

Image

Penampilan yang diberikan para pemain utama maupun pemeran pembantu sangatlah natural, tidak seperti sedang berakting. Domhnall Gleeson yang lebih dikenal sebagai Bill Weasley di saga Harry Potter, mampu menunjukkan bahwa dirinya bisa untuk diberikan porsi pemeran utama. Secara alami, aktor yang memang (setahu saya) tidak pernah dipercaya untuk memerankan lead character ini, bisa secara natural membawakan peran Tim yang awalnya lugu namun seiring perkembangan waktu bisa menjadi bijaksana.

Rachel McAdams yang sepertinya mengulang perannya di film The Time Traveler’s Wife ini juga pas dalam memerankan love interest dari film ini dengan kepolosan, keluguan, serta lovable character-nya. Sekali lagi, aktris cantik ini membuktikan bahwa dirinya pantas menyandang predikat ratu film- film drama romantis.

Image

Selain itu pemeran- pemeran utama lainnya juga berhasil melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. Dan tidak ada satupun yang miscast. Tapi penampilan terbaik dari film ini dibawakan oleh aktor langganan sang sutradara, Bill Nighy. Aktor gaek yang kerap memerankan karakter- karakter unik ini bisa menimbulkan gelak tawa sekaligus perasaan terharu dengan aktingnya yang pas.

Memang salah satu kepiawaian Curtis dalam menulis naskah adalah memasukkan karakter- karakter bagus dan pas yang beragam dari filmnya. Lengkap dengan keunikan serta penokohan yang baik. Kesederhanaan setting lokasi serta pemilihan tema setiap adegan, seperti baju pengantin yang tidak biasa, suasana hujan di wedding party, ruang cafe yang gelap, serta perjalanan waktu Tim dan ayahnya ke masa ketika Tim masih kecil memberikan kesan tersendiri serta menjadikan adegan- adegan tersebut membekas di hati para penonton.

Image

Selain cerita serta akting yang baik, film ini juga didukung oleh alunan musik- musik soundtrack yang pas mengiringi setiap adegan. Pemilihan musik tema tersebut mampu memberikan nyawa tersendiri bagi adegan yang sedang ditampilkan di layar.

Tidak salah jika saya menobatkan About Time merupakan film teromantis dan terhangat tahun ini. Baik dari segi komedi, drama keluarga, romantisme, serta kesedihan lengkap dibawakan dengan cukup efektif di film ini. Dijamin berbagai macam perasaan akan campur aduk saat menyaksikan film ini. Baik itu peraasan “Ha-Ha-Ha-Ha” maupun perasaan “Hiks-Hiks-Hiks-Hiks”.

Image

Satu pesan moral yang bisa kita petik dari film ini yang ingin saya sampaikan kepada para pembaca blog saya. Kita sebaiknya menjalani waktu yang diberikan Tuhan dengan sebaik- baiknya. Tidak usah takut dalam memilih suatu jalan. Asal kita yakin itu benar, jalani saja dengan kepasrahan kepada Yang Maha Kuasa. Jika memang mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan, anggap itu sebagai anugerah dari- Nya. Namun jika hasil yang didapat mengecewakan dan tidak sesuai dengan harapan, anggap Tuhan ingin menguji iman kita dan sudah pasti diri-Nya telah mempersiapkan sesuatu yang jauh lebih baik dari yang kita harapkan sebelumnya. Karena memang hanya diri-Nya yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita. I know it because I’ve been there. And I’ve done it. And I think all of you have been there and done it too.

A very warm movie indeed. (dnf).

Rating:

8.5/10

2 thoughts on “About Time (2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s