Captain Phillips (2013)

Captain Richard Phillips: Surely there’s something other than fishing and kidnapping people you could do?

Muse: Maybe in America, Irish. Maybe in America.

Image

Directed By: Paul Greengrass

Cast: Tom Hanks, Barkhad Abdi, Barkhad Abdirrahman, Faysal Ahmed, Mahat M. Ali, Yul Vazquez, Katherine Keener

Synopsis:

Pada tanggal 12 April 2009, sebuah kapal kargo Amerika Serikat, Maersk Alabama, diserang 4 orang perompak asal Somalia yang dipimpin oleh Abduwali Muse (Barkhad Abdi). Beberapa awak kapal berhasil menangkap dan melukai tangan Muse. Mereka menuntut pertukaran sang kapten perompak dengan kapten kapal kargo tersebut Captain Richard Phillips (Tom Hanks).

Namun dengan liciknya Muse serta ketiga anak buahnya tidak menepati janji dan menculik Captain Phillips dan kabur dengan lifeboat kapal Maersk Alabama. Selama 3 hari dalam penyekapan, Captain Phillips berinteraksi dengan keempat perompak, terutama dengan Muse. Kedua kapten kapal tersebutpun mulai mengenal satu sama lainnya.

Review:

Image

Mungkin tidak banyak yang tahu mengenai perihal pembajakan kapal kargo yang terjadi di tahun 2009 ini. Kisah drama pembajakan yang terjadi selama 3 hari tersebut adalah pembajakan atas kapal berbendera Amerika Serikat pertama kali yang terjadi selama 200 tahun terakhir. Pembajakan yang terjadi antara tanggal 8- 12 April 2009 itu merupakan kapal keenam yang menjadi korban di perairan Somalia pada minggu tersebut.

Kisah menegangkan itu diangkat ke sebuah buku berjudul A Captain’s Duty: Somali Pirates, NAVY SEALs, and Dangerous Days at Sea yang ditulis oleh Richard Phillips dan Stephen Talty. Dan dari film semi biografi inilah film yang berjudul Captain Phillips ini dibuat di kemudian hari.

Image

Tom Hanks sekali lagi menampilkan performa aktingnya yang baik. Suatu hal yang sudah jarang saya temukan pada beberapa tahun belakang ini. Hanks bisa menjelma menjadi seorang everyman yang mau tidak mau harus tetap berkepala dingin delam menghadapi situasi pelik. Sosoknya pun tidak digambarkan terlalu hero dan malahan di beberapa kesempatan terlihat rapuh.

Namun sebenarnya bintang film ini adalah cast para perompak yang dipimpin oleh Barkhad Abdi sebagai Muse. Tidak seperti kebanyakan peran- peran antagonis di film bergenre sejenis, karakter Muse tidak terjebak ke dalam stereotip umum yang mengundang rasa benci. Justru di beberapa scene kita bisa cukup simpati dengan kepemimpinan Muse. Padahal ini adalah debut akting pertama dari imigran asal Somalia yang sehari- hari bekerja menjadi supir limo di Minneapolis ini. Namun justru di debutnya tersebut dia bisa menampilkan akting yang cukup natural dan tidak terlalu dibuat- buat.

Image

Jajaran cast memang menjadi salah satu faktor terpenting dari film ini. Khususnya untuk pemeran keempat bajak laut tersebut. Casting Director memutuskan untuk menggunakan aktor- aktor asli asal Somalia. Meskipun iklan casting tersebut dibuka di Minneapolis yang menurut Abdi merupakan kota yang memiliki populasi imigran Somalia terbanyak di Amerika. Justru dengan pemilihan aktor Somalia yang tidak terkenal makin memberikan keotentikan tersendiri untuk film ini. Andaikata casting diputuskan memakai aktor Afro- American ntar malah yang kepilih temen- temennya 50 Cent lagi.

Karakterisasi setiap tokoh juga cukup bagus. Terutama (sekali lagi) 4 karakter perompaknya. Muse, sebagai seorang pemimpin digambarkan cukup unpredictable, memiliki rasa tepo seliro, wibawa, serta patut disegan. Lalu ada Bilal (Barkhad Abdirahman) yang temperamental serta digambarkan yang paling kuat di antara para perompak. Najee (Faysal Ahmed) yang masih sangat hijau. Serta Elmi (Mahat M. Ali) yang bertindak sebagai pengemudi kapal lifeboat.

Image

Gaya penyutradaraan Paul Greengrass juga patut diacungi jempol. Unsur sunspense yang terkandung cukup padat. Tidak ada satu momenpun yang disia- siakan dalam membangun karakter serta tensi ketenganan di film ini. Namun adegan eksyen yang disajikan di layar masih masuk akal dan tidak terlalu dibuat- buat.

Tidak diragukan lagi, film ini bisa saja dilirik para juri Oscar tahun depan. Minimal di beberapa kategori, seperti Best Picture, Best Adapted Screenplay, Best Director untuk Paul Greengrass, Best Actor untuk Tom Hanks, serta Best Supporting Actor untuk Badkhad Abdi.

Image

Sebagai kata penutup, Captain Phillips adalah salah satu film terbaik versi saya untuk tahun ini. Dari akting yang berkelas, naskah yang baik, sampai unsur ketegangan yang tiada henti membuat durasi 2 jam lebih tidak terasa. Sebagai perbandingan, Captain Phillips sama halnya dengan Argo tahun lalu. Film kelas Oscar yang diangkat dari kisah nyata dan dibuat dengan cukup menegangkan.

Rating:

9/10

4 thoughts on “Captain Phillips (2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s