Special ID (2013)

Image

Directed By: Clarence Fok

Cast: Donnie Yen, Andy On, Tian Jing, Collin Chou, Ronald Cheng

Synopsis:

Detective Chen Zilong (Donnie Yen) adalah seorang polisi yang sudah bertahun- tahun menyamar menjadi seorang kepala gang. Sebenarnya Chen sudah tidak betah lagi melakukan tugas tersebut dan ingin menjadi polisi normal.

Suatu saat, pimpinan triad Xiong (Collin Chou) memberikan Chen tugas untuk menyelidiki mantan anak buahnya yang bernama Sunny (Andy On). Pada saat yang sama kapten polisi Zhang (Ronald Cheng) memberikan tugas untuk menyelidiki sebuah kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Sunny.

Demi impiannya untuk keluar dari dunia, Chen akhirnya menerima tugas tersebut. Chen pun kemudian menuju Cina daratan dan bekerjasama dengan polisi wanita Fang Jing (Jing Tian) untuk menangkap Sunny.

Review:

Image

Perfilman Hong Kong selalu memiliki martial art action star di setiap generasinya. Yang melegenda sudah pasti Bruce Lee yang berjasa dalam hal mempromosikan perfilman Hong Kong di dunia Internasional. Aktor yang melahirkan aliran Jeet Kune Do ini beken di tahun 70an. Lalu pada tahun 70an akhir mulai muncul superstar- superstar baru yang kelak akan merajai dunia film martial art Hong Kong. Di antaranya yang paling terkenal adalah Jacky Chan, Jet Li, dan Sammo Hung.

Sebenarnya pada tahun 80an, Donnie Yen sudah memulai karirnya, namun masih kalah pamor dengan bintang- bintang tadi. Baru di tahun 2000an lewat film- film semacam Flash Point, dwilogi Ip Man, dan remake

Image

Penampilan Donnie Yen sebagai begundal di film ini cukup bagus. Dengan tampilan tato dan pakaian yang juga menunjang cukup meyakinkan menjadi seorang anggota preman. Ditambah dengan gesture yang sok asik. Aktor Andy On yang menjadi lawan utamanya juga cukup bagus.

Namun yang sayang sebenarnya adalah penampilan aktris Tian Jing yang sangat tidak pantas menjadi seorang polisi. Selain dikarenakan badannya yang terlalu kurus, aksinya dalam melakukan adegan lagapun tidak begitu maksimal.

Image

Berbicara mengenai adegan laga, dengan sangat menyesal, saya bilang cukup mengecewakan. Tercatat hanya 2 scene yang cukup menegangkan. Padahal daya tarik utama dari film- film Donnie Yen adalah adegan laga yang memukau. Beberapa unsur drama dan komedi yang dimasukkan juga tidak begitu efektif. Bahkan gaya Donnie Yen flirting dengan Tian Jiang terlihat sangat dibuat- buat, cheesy, dan lebay.

Film ini juga memiliki plot yang sangat menyedihkan. Dengan alur film yang tidak jelas dan plothole yang sangat mengganggu di sana- sini, bahkan untuk ukuran film sejenis, membuat film ini kurang begitu enak untuk dinikmati. Penokohan karakterpun kurang begitu kuat. Terlebih lagi karakter yang dimainkan Tian Jing. Sepertinya karaker tersebut tidak begitu penting.

Image

Dengan segala kekurangannya Special ID menjadi sebuah film yang memiliki identitas tidak jelas. Saya tidak begitu menyarankan untuk menonton film ini. Jika anda bukan penggemar Donnie Yen saya sarankan untuk melupakan rencana untuk menonton film ini. (dnf)

Rating:

6/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s