Snowpiercer (2013)

Mason: I belong to the front, you belong to the tail.

Image

Directed By: Bong- Joon Ho

Cast: Chris Evans, Song Kang- Ho, Tilda Swinton, Jamie Bell, Octaivia Spencer, Ewen Bremner, John Hurt, Ed Harris, Go Ah Sung

Synopsis:

Pada tahun 2014, sebuah eksperimen membuat bumi diselimuti musim salju abadi. Dinginnya suhu membuat kehidupan di dalamnya ikut mati. Hanya segelintir manusia yang berhasil bertahan hidup dan tinggal di sebuah kereta api yang disebut dengan The Vessel. Kehidupan di dalamnya dihiasi dengan kesenjangan sosial yang cukup tinggi antara si kaya dan si miskin. Penumpang- penumpang yang kaya tinggal dalam kemewahan di gerbong depan. Penumpang- penumpang yang miskin tinggal dengan keadaan yang mengenaskan di belakang.

Tentu saja hal ini menyulut keinginan untuk melakukan revolusi yang dipimpin oleh seorang cacat bernama Gilliam (John Hurt). Di lapangan, pasukannya dipimpin oleh seorang pemuda bernama Curtis (Chris Evans) yang memimpin beberapa penghuni belakang, di antaranya ada Edgar (Jamie Bell), Tanya (Octavia Spencer), Andrew (Ewen Bremmer), dan (Grey) Luke Pasqualino. Mereka dibantu oleh seorang ahli keamanan yang merancang disain keamanan serta sistem kunci pintu kereta tersebut, Namgoong Minsu (Song Kang- Ho) serta anaknya yang memiliki kemampuan seorang cenayang, Yona (Go Ah- Sung).

Tujuan mereka hanya satu, mengendalikan persediaan air kereta tersebut dan mengambilalih kendali kereta yang dipegang oleh seorang bernama Wilford (Ed Harris).

Review:

Image

Tidak bisa dipungkiri, beberapa tahun ke belakang ini industri hiburan Korea Selatan telah memberikan kontribusi dan pengaruh yang cukup besar di dunia internasional. Dari musik tidak sedikit boy band dan girl band Korea yang memiliki fans fanatik, termasuk di Indonesia. Lalu serial Korea yang digila- gilai wanita serta industri perfilman Korea yang semakin maju. Selain itu trend fashion juga memiliki pengaruh yang cukup besar. Tidak sedikit contoh- contoh busana boy band- boy band yang diikuti oleh remaja- remaja meskipun terlihat agak- agak…………….. ya sudahlah…

Melihat materi poster, trailer, serta jajaran cast film Snowpiercer tidak sedikit orang yang mengira ini adalah sebuah film Hollywood. Padahal sebenarnya ini adalah film dari negeri ginseng yang diangkat dari sebuah novel grafis dari Prancis karangan Jacques Lob berjudul Le Transperceneige.

Image

Ide memfilmkan film ini diawali dengan ketertarikan Bong Joon- Ho terhadap komik berjudul Le Transperceneige yang dibacanya langsung di toko komik langganannya ketika sedang merampungkan produksi film yang kelak akan membawa namanya dikenal di dunia internasional, The Host.

Dikarenakan diproduksi dan disutradari oleh orang Korea, maka tidak aneh jika nuansa- nuansa thriller Korea kental terasa di film ini. Seperti nuansa depresi, adegan violence yang sadis, pertarungan yang brutal, serta permainan emosi yang cukup baik dari para pemerannya.

Image

Plot film ini cukup enak untuk dinikmati. Meskipun di beberapa adegan terasa membosankan, namun sang sutradara cukup piawai untuk menjaga tensi film dengan menampilkan adegan- adegan menegangkan serta adegan- adegan lucu yang ditempatkan dengan cukup efektif.

Shot- shot kamera juga cukup baik untuk menangkap momen- momen sesuai dengan pesan yang akan dibawa dalam setiap adegannya. Seperti pemilihan teknik close up di adegan- adegan yang cukup dramatis untuk menangkap mimik wajah pemain lebih dekat dan emosinya lebih tertangkap.

Image

Dari jajaran cast nyaris semua pemain berhasil membawakan perannya dengan baik. Terutama Chris Evans dan Tilda Swinton. Penampilan Chris Evans di film ini bisa dikatakan penampilan terbaiknya sepanjang karirnya. Dirinya bisa menampilkan sosok macho dan sebagai seorang leader yang karismatik. Even, jika dibandingkan dengan perannya sebagai Captain America sekalipun. Tilda Swinton yang sudah terbiasa dengan peran- peran aneh bisa membawakan karakter Mason yang sadis sekaligus menyebalkan dengan cukup apik.

Untuk memberikan nuansa “ini adalah film Korea”, maka sudah pasti akan memasukan beberapa pemain Korea di jajaran cast-nya. Untuk mengemban tugas ini, Bong Joon- Ho memboyong duet pemain yang pernah ikut menyukseskan thriller The Host, Song Kang- Ho dan Go Ah- Sung. Penampilan pemain beda generasi, yang sekali lagi mengulang perannya sebagai ayah- anak, ini bisa dikatakan cukup baik.

Image

Kredit tersendiri patut kita sematkan bagi tim make- up. Dengan kepiawaiannya mereka mampu membuat tampilan Chris Evans dan Tilda Swinton cukup berbeda dan mangling-in. Selain itu musik gubahan Marco Beltrami juga cukup baik sehingga bisa memberikan nyawa tersendiri di setiap adegannya.

Production Design serta Art Direction yang masing- masing dipegang oleh Ondrej Nekvasil dan Stefan Kovacik juga berhasil menggambarkan suasana post- apocalyptic serta musim dingin abadi dengan baik. Di tangan mereka pula setting serta tampilan suasana kereta yang berbeda di tiap gerbongnya cukup ditampilkan dengan bagus dan nyaris sempurna.

Image

Overall, meskipun twist di akhir film kurang begitu greget, namun secara keseluruhan Snowpiercer merupakan sebuah sajian thriller yang cukup baik. Bukan hanya dikarenakan tensi yang cukup terjaga dari awal sampai akhir, namun film ini juga memiliki filosofi- filosofi serta sindiran- sindiran sosial yang cukup mengena. (dnf)

Rating:

8/10

4 thoughts on “Snowpiercer (2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s