The Protector 2/ Tom Yum Goong 2 (2013)

Image

Directed By: Prachya Pinkaew

Cast: Tony Jaa, Petchtai Wongkamlao, Jeeja Yanin, RZA, Marrese Crump, Rhatha Phongam, Teerada Kittisiriprasert

Synopsis:

Mengetahui gajah kesayangannya diculik, Kham (Tony Jaa) mengejar gerombolan penculik yang merupakan suruhan seorang bos bernama Suchart. Namun ketika Kham berhasil masuk ke rumah sang bos Suchart, dia mendapati bos Suchart tersebut telah dalam keadaan tak bernyawa. Hal ini membuat Kham menjadi buruan pihak yang berwajib. Selain menghindari pihak berwajib, Kham juga harus menghindari kejaran keponakan sang bos, Ping Ping (Jeeja Yanin).

Namun Kham mendapatkan bantuan dari seorang interpol, Sersan Mark (Petchtai Wongkamlao) yang merupakan satu- satunya orang yang percaya bahwa Kham tidak bersalah.

Kham kemudian mengetahui bahwa dalang di balik penculikan gajahnya adalah seorang pedagang senjata yang memperkerjakan para ahli bela diri untuk dijadikan pembunuh bayaran, LC (RZA). Dan gajah Kham akan dijadikan senjata untuk membunuh seorang tamu negara.

Review:

Image

Hampir selama lebih dari 3 dekade, Hong Kong telah merajai industri perfilman aksi bela diri Asia. Dengan nama- nama seperti Jacky Chan, Jet Li, Sammo Hung, Bruce Lee, dan Donnie Yen, Hong Kong telah berhasil menjadikan budaya bela dirinya menjadi sebuah tontonan hiburan. Bahkan saking berpengaruhnya film aksi bela diri mereka, sampai- sampai tidak sedikti orang Amerika yang memberikan template bahwa semua orang Chinese pasti bisa Kung Fu.

Namun seiring dengan munculnya milenium baru, mata internasional mulai beralih ke negara- negara Asia lainnya yang memiliki bela diri masing- masing. Dimulai dengan kesuksesan Tony Jaa lewat 2 film Ong- Bak dan Tom Yum Goong, yang secara internasional masing- masing memiliki judul Ong Bak: Muay Thai Warrior dan The Protector (in fact, selama 10 tahun terakhir film- filmnya hanya seputaran dua franchise tersebut).

Image

Selain memperkenalkan seni bela diri Muay Thai, di setiap filmnya, Tony Jaa juga memperkenalkan budaya Thailand ke mata internasional. Seperti kepercayaan terhadap sakralnya patung Budha, kesucian hewan gajah, ataup tarian tradisional. Perpaduan antara seni bela diri dan budaya tradisional ini yang kemudian mengilhami seorang sutradara bernama Gareth Evans untuk memadukan seni bela diri dan budaya merantau di film berjudul Merantau.

Secara kemasan, Tom Yum Goong 2 memiliki nilai jual yang cukup besar. Selain dikarenakan ini adalah sebuah sekuel dari film sukses, di film ini, Tony Jaa dipasangkan dengan seorang action star wanita Thailand yang bisa dikatakan pesaing Tony Jaa, Jeeja Yanin. Bagi pecinta film aksi Asia, menyaksikan mereka beradu jotos di sebuah film sama halnya dengan menyaksikan kolaborasi Jacky Chan dan Jet Li.

Image

Namun sepertinya penampilan Jeeja Yanin kurang begitu dieksplor di film ini. Meskipun masih diberi porsi berantem di sejumlah scene, kebintangan Jeeja Yanin seakan ditutup sedikit demi memberikan porsi yang lebih utama terhadap Tony Jaa. Berbeda dengan ketika The Rock diperkenalkan pertama kali di franchise kelima The Fast and The Furious. Meskipun di seri tersebut menjad newcomer, namun penampilannya masih setara dengan karakter yang dimainkan oleh Vin Diesel. Di sini penampilan Yanin lebih mirip seorang cameo.

Seperti biasa, untuk menampilkan sisi komedi, film ini memasang aktor/ sutradara/ komedian Petchtai Wongkamlao yang sudah menjadi langganan dipasangkan dengan Tony Jaa. Selain itu penampilan aktris/ penyanyi asal Thailand yang baru saja beradu akting bersama Ryan Gosling lewat Only God Fogives, Rhatha Phongam, cukup menjadi pemanis. Meskipun adegan laga yang dilakoniknya kurang luwes dan masih kalah jauh dengan yang pernah dilakukan Pimchanok Luevisadpaibul lewat Bangkok Knock Out.

Image

Sebagai lawan utama Tony Jaa dipilihlan 2 aktor negro, Marrese Crump dan RZA. Marrese Crump, yang pada dasarnya adalah seorang instruktur bela diri sekaligus fight coreographer di beberapa film, cukup meyakinkan sebagai lawan tangguh Tony Jaa. Namun penampilan rapper, yang benar- benar- tergila- gila- dengan- ilmu- bela- diri- meskipun- gak- bisa- akting- dan- gak- bisa- berantem- namun- cukup- pede- untuk- terus- terusan- berperan- sebagai- ahli- bela- diri, tidak begitu meyakinkan. Dan sekali lagi, penampilan RZA kembali membuat saya muak dan eneg.

Image

Dari segi plot, jangan mengharapkan akan menemukan sebuah cerita brilian yang cerdas. Jika dibandingkan dengan film pertamanya, formula yang dipakai masih satu template. Dari penculikan gajah sampai organisasi lawan yang bertaraf internasional. Mungkin apa yang dipikirian penonton dalam menanggapi kisah yang konyol ini bisa diwakilkan oleh dialog yang diucapkan oleh Sersan Mark, “you lost your elephant again? Are you sure it’s not a kitten?”

Dari segi adegan aksi, sekali lagi Tony Jaa mampu memuaskan para fansnya. Hanya saja tidak ada satupun adegan yang memorable. Berbeda dengan jilid pertamanya yang memiliki 4 menit adegan perkelahian di tangga yang diambil dengan teknik one shot dan melibatkan puluhan stunt man.

Image

Film ini juga bisa jadi merupakan salam perpisahan sementara kedua action star bagi industri perfilman Thailand. Tony Jaa bisa terancam tidak akan pernah main film Thailand lagi setelah dirinya mengingkari kontrak eksklusif 10 tahun dengan production house yang telah membesarkan namanya, Sahamongkol Films. Jaa dianggap ingkar kontrak setelah menandatangani kontrak membintangi film ke-7 Fast and Furious. Sementara Yanin telah mengumumkan untuk absen sementara paska kelahiran anak pertamanya.

Hasil akhir yang dicapai oleh Tom Yum Goong 2, cukup mampu memuaskan dahaga penggemar film aksi Thailand. Meskipun memiliki kekurangan dari segi naskah dan akting, namun secara keseluruhan film ini bisa dikatakan sebuah persembahan yang cukup baik yang disajikan oleh Tony Jaa setelah seri kedua dan ketiga Ong Bak yang dianggap buruk.

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s