Homefront (2013)

Morgan “Gator” Bodine: Tell your little girl, she’s got nothing to worry about with such a tough daddy around

Image

Directed By: Gary Fleder

Cast: Jason Statham, James Franco, Izabela Vidovic, Kate Bosworth, Winona Ryder, Frank Grillo, Chuck Zito, Linds Edwards, Rachelle Lefevre

Synopsis:

Phil Broker (Jason Statham) adalah seorang penegak hukum yang menyusup ke dalam organisasi gembong narkoba pimpinan Danny T (Chuck Zito). Di tengah operasi penggerebekan, anak sang bandar, Jojo (Linds Edwards) tewas dihujani 47 butir peluru oleh para polisi. Danny T pun menyalahkan Phil Broker yang menggunakan nama samaran Dalton. 2 tahun berselang setelah peristiwa itu, Phil mengundurkan diri dan tinggal di sebuah kota kecil di Minnesota bersama putrinya, Maddy (Izabela Vidovic).

Suatu hari, Maddy yang dibekali ilmu bela diri oleh sang ayah, mematahkan hidung, Teddy Klum (Austin Craig), bully di sekolahnya. Orangtua sang bully tidak terima dan mencoba membuat perhitungan dengan keluarga Broker. Apalagi Phil berhasil mengalahkan, Jimmy Klum (Marcus Hester), ayah sang bully sekaligus mempermalukan keluarga sang bully.

Merasa keluarganya dipermalukan, Cassie Klum (Kate Bosworth), ibunda Teddy meminta bantuan adiknya yang seorang bandar narkoba lokal, Gator Modine (James Franco). Gator, bersama pacarnya, Sheryl Mott, yang belakangan mengetahui masa lalu Phil, menghubungi Danny T di penjara dengan harapan mendapatkan bagian distribusi narkoba. Danny T kemudian mengirim beberapa anak buahnya yang dipimpin oleh Cyrus Hanks (Frank Grillo) untuk membunuh Phil dan Maddy.

Review:

Image

Jason Statham bisa dikatakan merupakan seorang action superstar yang beruntung. Selain film- filmnya sudah memiliki fanbase tersendiri, Statham merupakan satu- satunya aktor laga yang ikut terlibat di 2 franchise yang terkenal mengumpulkan bintang- bintang action dalam satu screen. Yaitu The Fast and The Furious dan Expendables. Khusus untuk keterlibatanya dengan Expendables membuatnya menjadi sohiban sama Stallone.

Keakrabanya itu jugalah yang akhirnya membuatnya dipercaya untuk menjadi peran utama proyek film Homefront yang naskahnya ditulis sendiri oleh sang Rambo berdasarkan jilid ke-6 dari novel seri Phil Broker karangan Chuck Logan. Tadinya peran Phil Broker akan dimainkan oleh Stallone, namun dikarenakan usianya yang makin tua, naskah film ini menjadi semakin terlupakan dan hanya menuh- menuhin hard disk– nya saja.

Image

Secara kemasan, film ini belum apa- apa sudah menarik minat penonton. Pasalnya film ini dipenuhi oleh bintang- bintang yang cukup memiliki nama. Sebut saja seperti James Franco, Kate Bosworth, Winona Ryder, dan Frank Grillo. James Franco yang bisa dikatakan pertama kalinya memerankan film sejenis cukup mampu memerankan penjahat. Di beberapa scene wajahnya cukup menyebalkan dan secara total mampu menghidupkan peran Gator. Hanya saja wajah cute nya masih kurang dipermak sehingga mostly terasa kurang begitu meyakinkan. Kate Bosworth yang terlihat cungkring di film ini cukup pas memerankan seorang ibu pemadat. Winona Ryder tampil cukup bikin pangling sebagai seorang pelacur teman dekat Gator. Namun bagi saya pribadi penampilan Frank Grillo yang paling pas memerankan anggota gang motor yang sadis.

Image

Hanya saja chemistry ayah- anak yang ditimbukan Jason Statham dan Izabela Vidovic kurang begitu pas. Meskipun sebenarnya secara kualitas akting aktris cilik tersebut termasuk kategori bagus sebagai seorang pendatang baru. Kemampuannya dalam memadukan unsur tough young girl serta memainkan emosi

Image

Dari segi plot bisa dikatakan tema semacam ini sudah ratusan kali diangkat menjadi sebuah film. Kisah seorang mantan penegak hukum/ militer yang harus berususan dengan kriminal lokal sudah pernah kita saksikan di film- film semacam Walking Tall. Namun naskah yang dibuat Stallone serta arahan dari Gary Fleder cukup bagus dalam menjaga tensi ketegangan. Meskipun di pertengahan film adegan aksinya agak menurun, namun intrik demi intrik yang ada di layar cukup menimbulkan efek sebuah film thriller yang baik. Dan bisa dikatakan dari tensi ketegangan serta ritme cerita ini adalah film stand- alone Statham terbaik selama beberapa tahun ke belakang.

Image

Adegan aksi yang ditampilkan juga tidak mengecewakan. Meskipun tidak terlalu bombastis namun cukup seru. Adegan aksi yang ditampilkan tidak semurahan film- film stand alone Jason Statham lainnya yang belakangan ini sering keluar. Fleder dengan piawai mampu meramu adegan tiap adegan dengan menarik dan menjaga tensi ketegangannya tetap terjaga dari awal sampai akhir.

Image

Overall, Homefront menjelma menjadi sebuah aksi thriller seru yang tidak kacangan. Dengan kolaborasi Stallone, Statham, dan Fleder, film ini menjadi sebuah pembuktian bahwa Statham masih bisa bermain di aksi berkualitas meskipun tetap menonjolokan sisi one man show- nya. (dnf).

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s