Out Of The Furnace (2013)

Russell Baze: Nothing wrong with working for a living

Image

Directed By: Scott Cooper

Cast: Christian Bale, Casey Affleck, Woody Harrelson, Zoe Saldana, Forest Whitaker, Willem Dafoe, Sam Shepard

Synopsis:

Russell (Christian Bale) dan Rodney Baze (Casey Affleck) adalah sepasang kakak- adik yang selalu memimpikan akan sebuah kehidupan lebih baik. Suatu hari sebuah kecelakaan membuat Russell harus mendekam di penjara. Tidak hanya cukup sampai itu saja. Ayahnya meninggal dunia, lalu sang kekasih, Lena meninggalkannya demi menjalin hubungan dengan sheriff lokal, Wesley Barnes (Forest Whitaker). Namun masalah terberatnya adalah, sang adik yang mengalami depresi pasca kepulangannya dari Irak, mengambil jalan pintas untuk mendapatkan kekayaan. Bukannya mengikuti jejak ayah dan kakaknya bekerja di pabrik baja, Rodney malah terlibat di pertarungan jalanan di bawah naungan pengusaha bar, John Petty (Willem Dafoe).

Selepas bebasnya Russell dari penjara, keterlibatan Rodney di dunia street fighting makin membesar dengan mengikuti pertandingan di daerah pegunungan yang digelar oleh gangster lokal, Curtis DeGroat (Woody Harrelson). Ketika John dan Rodney dibunuh oleh Curtis dan Wesley tidak mampu berbuat apa- apa, Russell, dibantu oleh pamannya, Red, mencoba mencari jalan pintas dengan melakukan aksi vendetta terhadap Curtis dan kawan- kawannya.

Review:

Image

Secara kemasan dan materi promosi film thriller ini sudah mampu menarik minat calon penonton. Dengan plot cerita yang menarik serta jajaran pemain pendukung yang sebagian besar pernah masuk nominasi Oscar ditambah trailer yang menarik sudah pasti akan menjadikan film ini masuk ke daftar “wajib tonton”. Termasuk diri saya sendiri.

Namun hasil akhir dari film ini tidaklah sesuai dengan harapan. Hampir di setiap elemen film ini sangat mengecewakan.

Image

Naskah yang ditulis oleh sang sutradara dengan Brad Ingelsby terlalu banyak memasukan unsur- unsur yang tidak begitu penting. Seperti memasukan karakter Lena yang sama sekali tidak berguna bagi jalan cerita. Lalu pace yang sangat lambat benar- benar membuat jenuh saat menontonnya. Meskipun sebenarnya di beberapa adegan fighting digarap dengan cukup baik dan seru. Ending yang seharusnya bisa digarap dengan lebih bagus malah cenderung melempem. Ditambah dengan editing yang kasar dan tidak rapi membuat film ini sangat tidak nyaman untuk disaksikan.

Image

Sebenarnya sang sutradara bisa saja menggali potensi para aktor yang sebenarnya memiliki kualitas akting di atas rata- rata. Namun sepertinya hanya Woody Harrelson yang mampu bermain cukup maksimal. Sebagai pemeran antagonis utama, Harrelson mampu tampil dengan cukup menyebalkan. Christian Bale yang sebenarnya langganan dalam memerankan karakter depresi, tidak bisa bermain secara maksimal. Bisa dikatakan ini bukanlah kesalahannya, namun naskah yang tidak cukup baik dalam menggali hal- hal penting dari karakter Russell.

Hubungan brotherhood di antara 2 karakter utama juga tidak cukup tergali dengan baik. Meskipun di beberapa scene kedekatan hubungan mereka bisa digali lebih dalam lagi.

Image

Overall, Out Of The Furnace adalah sebuah film mengecewakan yang secara beruntung didukung oleh jajaran aktor- aktris kompeten. Kesalahan terfatal ada di tangan Scott Cooper yang kurang piawai dalam mengarahkan pemain serta tidak bisa menghadirkan kualitas naskah yang baik. (dnf).

Rating:

4.5/10

2 thoughts on “Out Of The Furnace (2013)

  1. “Lalu pace yang sangat lambat benar- benar membuat jenuh saat menontonnya. Meskipun sebenarnya di beberapa adegan fighting digarap dengan cukup baik dan seru. Ending yang seharusnya bisa digarap dengan lebih bagus malah cenderung melempem. Ditambah dengan editing yang kasar dan tidak rapi membuat film ini sangat tidak nyaman untuk disaksikan.”

    justru itu kelebihan film ini, sepertinya anda tidak cocok nonton film drama,
    tipe”film full action packed / popcorn movie jauh lebih cocok buat anda😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s