Walking With Dinosaurs (2013)

Juniper: I think I just stepped in some fear

Image

Directed By: Barry Cook, Neil Nightingale

Cast: Justin Long, John Leguizamo, Karl Urban, Angourie Rice, Skyler Stone, Charlie Rowe, Tiya Sircar

Synopsis:

Patchi (Justin Long) adalah seekor Pachyrhinosaurus yang akibat serangan seekor Troodon ketika kecil memiliki cacat di atas kepalanya. Dalam suatu pergantian musim, seperti layaknya kawanan dinosaurus lainnya, Patchi beserta kelompoknya bermigrasi ke daerah Selatan. Namun malangnya, ayah- ibu- dan saudara- saudaranya tewas akibat serangan kawanan Gorgosaurus meninggalkan Patchi dan kakaknya, Scowler (Skyler Stone). Kini, ditemani dengan Scowler, Juniper (Tyra Sircair)-  Pachyrhinosaurus betina, Alex (John Leguizamo)- seekor Alexornis, Patchi harus mengalami petualangan untuk bertahan hidup di tengah ganasnya era Cretaceous.

Review:

Image

Walking With Dinosaurs adalah sebuah mini- seri 6 episode yang diproduksi BBC dan ditayangkan perdana di Inggris pada tahun 1999. Perpaduan antara live- action dan animasi CGI yang apik membuat kisah yang mengangkat kehidupan dan tingkah laku dinosaurus ini mendapatkan respon yang positif. Bahkan Guinnes Book of World Records menobatkannya sebagai film seri yang biaya produksi per menitnya paling mahal.

Kesuksesan Walking With Dinosaurs menciptakan franchise Walking With…. yang terdiri dari Walking With Beasts, Walking With Cavemen, dan Walking With Monsters.

Image

Kesuksesan- kesuksesan tersebut membuat gatal bos- bos 20th Century Fox untuk kemudian membeli hak untuk mengangkatnya ke sebuah film layar lebar. Dengan mengambil era Cretaceous dan berfokus kepada seekor Pachyrhinosaurs bernama Patchi, diharapkan mampu memberikan tontonan segar bagi keluarga yang menggambarkan kehidupan hewan- hewan purba yang mendekati kenyataan menurut para ahli paleontologi.  sumbangan penghasilan bagi pihak studio.

Image

Yang membuat film ini menarik adalah penggabungan stockshot live action sebagai latar belakang dengan animasi- animasi CGI untuk menggambarkan tiap karakternya. Hal ini membuat film ini terasa lebih realistis bagaikan menonton serial national geographic. Dan meskipun setiap karakter di film ini mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris, namun gerak mulut yang diciptakan sangat realistis. Dalam arti berbeda dengan film- film hewan berbicara lainnya yang intonasi dan gerak mulutnya saat berbicara mirip dengan manusia. Di film ini gerakan mulut para dinosaurus benar- benar seperti gerakan mulut hewan pada umumnya. Jadi suara yang diberikan para voice talent terasa layaknya dubbing. Maksudnya seperti misalnya kita menyaksikan film Kung Fu Shaw Brothers yang di dubbing ke dalam bahasa Inggris dengan gerakan mulut yang tidak singkron.

Image

Dari segi cerita sebenarnya tidak ada yang spesial dari film ini. Cenderung seperti film anak- anak dengan ending cerita yang mudah ditebak. Dan untuk menarik minat para orang tua yang kebetulan mengantar anaknya menonton film ini, disematkanlah plot- plot dramatisasi, seperti rivalitas antara Patchi dan Scrowler.  Yang sangat disayangkan adalah kemunculan Karl Urban dan kedua anaknya di awal kisah yang mengurangi kerealistisan film ini.

Perpaduan antara kisah childish serta gambar dinosaurus yang natural bumerang bagi film ini. Karena penonton dewasa akan merasa boring dalam mengikuti kisah, dan penonton karakter- karakter yang ada akan kurang lovable bagi penonon anak- anak yang berujung akan susah dalam menjual merchandise-nya.

Image

Overall, film ini adalah film dengan kualitas so- so yang tidak terlalu spesial. Mungkin hanya tampilan gimmick 3Dnya saja yang membuat film ini cukup spesial. Di samping itu, bagi saya pribadi lebih seru nonton Jurassic Park. Meskipun terlalu fiksi, namun setidaknya masih lebih enak diikuti. (dnf).

Rating:

6.5/10

4 thoughts on “Walking With Dinosaurs (2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s