47 Ronin (2013)

Kai: I’m not afraid of you

Mizuki: You should be

Image

Directed By: Carl Rinsch

Cast: Keanu Reeves, Hiroyuki Sanada, Ko Shibasaki, Tadanobu Asano, Rinko Kikuchi, Jin Akanishi, Min Tanaka, Cary- Hiroyuki Tagawa

Synopsis:

Kai (Keanu Reeves) adalah seorang keturunan Jepang- Inggris yang dibesarkan oleh Lord Asano (Min Tanaka). Dikarenakan dirinya yang memiliki darah campuran, Kai selalu mendapatkan perlakuan tidak mengenakan dari seluruh anggota klan Asano. Hanya anak dari sang penguasa, Mika (Ko Shibasaki) yang mau berteman dengannya.

Suatu hari, Lord Asano mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah pertandingan para Samurai dan menyambut Shogun Tsunayoshi (Cary- Hiroyuki Tagawa), sang pemimpin, dan penguasa dari propinsi tetangga, Lord Kira (Tadanobu Asano). Namun berkat tipu daya dan pengaruh penyihir suruhan Lord Kira, Mizuki (Rinko Kikuchi), Lord Asano yang dihipnotis sehingga mengira Lord Kira tengah memperkosa Mika, menyerang Lord Kira dan melukainya. Karena perbuatan memalukan ini, Shogun menjatuhkan hukuman sepukku kepada Lord Asano dan untuk menghindari perang saudara memerintahkan Lord Kira menikah dengan Mika dengan memberikan tempo waktu setahun. Shogun juga memerintahkan para samurai pelayan Lord Asano yang dipimpin oleh Oishi (Hiroyuki Sanada) untuk mencopot status kesamuraiannya dan sejak saat itu menjadi Ronin, samurai tak bertuan. Mereka juga dilarang untuk membalas dendam kematian tuannya itu. Lord Kira juga menambah hukuman bagi Oishi dengan menjebloskannya ke dalam lubang penjara selama setahun.

Setahun kemudian, Oishi yang kembali dari hukumannya mengumpulkan Kai dan para mantan anak buahnya untuk membunuh Lord Kira, menyelamatkan Mika, dan membalaskan dendam atas kematian Lord Asano. Dengan cinta dan kesetiaan, merekapun menyetujui ajakan Oishi meskipun tahu bahwa misi yang akan mereka lakukan akan berujung kepada hukuman mati.

Review:

Image

Tidak asing lagi jika Hollywood, yang dicap sebagai pusat industri perfilman dunia, selalu ingin membuktikan bahwa apa yang bisa diciptakan oleh negera lain sudah pasti bisa diciptakan oleh mereka. Maka itu muncullah film- film legenda ataupun membaut style film dengan menggunakan style film negara lain. Salah satunya adalah Jepang.

Masih ingat dibenak kita bagaimana, dengan egonya yang tinggi, Hollywood membuktikan bahwa mereka mampu menciptakan sebuah film percampuran antara Mecha dan Kaiju yang merupakan salah satu ciri khas film- film anime Jepang. Dilanjutkan dengan reboot film Godzilla yang akan tayang tahun depan.

Image

Meskipun selalu mendapatkan respon negatif dari penonton Jepang, yang terkenal memiliki rasa nasionalisme tinggi, tetap saja produsen- produsen film Hollywood selalu mencoba untuk mengadaptasi kisah- kisah dari negara asal Miyabi tersebut. Dan salah satunya adalah kisah tentang 47 Ronin yang membalas dendam atas kematian tuannya ini.

47 Ronin sendiri merupakan salah satu legenda asal Jepang yang dijadikan simbol tentang loyalitas, harga diri, serta pengorbanan. Dan sebagai salah satu cerita rakyat yang telah mendunia, legenda 47 Ronin telah berulang kali diadaptasi ke berbagai macam media. Seperti buku, komik, film, maupun drama theatre.

Image

Naskah yang ditulis oleh Chris Morgan, Hossein Amini, dan Walter Hamada cukup baik dalam menghadirkan versi terbaru dari kisah 47 Ronin. Dengan menggunakan elemen fantasi ternyata cukup efektif untuk membawa keseruan serta memberikan nuansa dongeng yang enak untuk diikuti.

Dengan piawai, Carl Rinsch mampu meracik adegan demi adegan sehingga pace cerita terasa cukup cepat. Rinsch tidak terlalu terlarut di dalam adegan- adegan drama yang biasanya menjadi trademark film- film Jepang. Sebagai gantinya, Rinsch memberikan porsi yang lebih untuk adegan- adegan aksi yang cukup spektakuler. Sayangnya saya tidak sempat menyaksikan dalam format 3D.

Image

Kredit tersendiri juga patut disematkan untuk tim art direction, production design, serta hasil tangkapan kamera yang dipegang oleh nominator Oscar, John Mathieson. Nuansa- nuansa serta pemandangan khas fantasi Jepang mampu tertangkap dengan apik.

Image

Dari jajaran cast nampak Hiroyuki Sanada yang cukup dominan dan mampu berakting paling baik di antara kolega- koleganya. Aktor watak tersebut mampu menampilkan karisma tersendiri sebagai Oishi, pimpinan ke 47 Ronin.

Rinko Kikuchi yang baru saja tampil lewat Pacific Rim juga ikut dalam jajaran cast sebagai penyihir jahat. Dan bagi saya pribadi, selain penampilan Hiroyuki Sanada, penampilan aktor langganan peran antagonis yang cukup nge- hits di tahun 80- 90 an, Cary- Hiroyuki Tagawa juga memberikan kesan tersendiri sebagai seorang Shogun.

Image

Yang sebenarnya tidak penting adalah peranan Keanu Reeves. Selain memang aktingnya yang selalu biasa- biasa saja, di sini aktor yang pernah mempopulerkan sebuah style potongan rambut di tahun 90 an ini, terasa hanya sebagai syarat untuk ada tokoh protagonis bule di film Hollywood yang diadaptasi dari dongeng Asia. Perannya mengingatkan kita kepada peran Tom Cruise di film The Last Samurai. Bahkan menurut saya pribadi, seandainya karakter Kai dihilangkan, sebenarnya film ini masih bisa dibuat.

Image

Overall, 47 Ronin versi Keanu Reeves ini merupakan sebuah tontonan yang menghibur. Meskipun masih memiliki kekurangan di sana- sini, namun setidaknya pace cerita yang cepat dan adegan- adegan aksi yang seru menjadikan film ini layak untuk dijadikan pilihan hiburan. (dnf).

Rating:

8/10

2 thoughts on “47 Ronin (2013)

  1. waduh reviewnya udah menggambarkan separoh dari isi film hehe, akting keanu biasa banget, yang paling menonjol memang oishi, cerita lumayan, action dan special effect bagus. overall 7 aja buat gw.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s