Paranormal Activity: The Marked Ones (2014)

Image

Directed By: Christopher Landon

Cast: Andrew Jacobs, Jorge Diaz, Gabrielle Walsh, Carlos Pratts, Gloria Sandoval

Synopsis:

Jesse (Andrew Jacobs) adalah seorang remaja yang baru saja menginjak usia 18 tahun. Suatu hari dia mulai merasakan perubahan- perubahan aneh di dirinya. Bersama dengan kedua temannya, Hector (Jorge Diaz) dan Marisol (Gabrielle Walsh), Jessee mulai menyelidiki perubahan- perubahan aneh tersebut yang diduga memiliki hubungan dengan tetangganya yang menjalani praktik sihir, Anna (Gloria Sandoval) dan juga keponakannya, Oscar (Carlos Pratts).

Review:

Image

Pada tahun 2007, seorang sutradara film independen yang memiliki nama Oren Peli membuat sebuah film indie yang berpusat pada pasangan muda yang diganggu oleh aktivitas- aktivitas gaib di sekitar rumah barunya. Dengan menggunakan teknik found footage dan tanpa menampilkan sosok mengerikan, film ini dianggap cukup berhasil untuk memberikan sebuah breakthrough bagi industri perfilman horor pada saat itu.

Ketika dibeli hak edarnya pada tahun 2009 oleh Paramount/ Dreamworks, Paranormal Activity meraih prestasi yang cukup gemilang. Selain respon positif dari para penonton dan kritikus, sejauh ini film tersebut adalah yang paling memberikan sumbangsih terbesar bagi studio itu. Dengan hanya bermodalkan uang sejumlah US$ 350,000 untuk membeli hak cipta, hasil yang didapat dari penjualan tiket secara global adalah US$ 193,355,800.

Image

Melihat hasil yang diraih, bukanlah seorang pebisnis namanya, jika bos- bos Paramount/ Dreamworks tidak tergelitik untuk meneruskan franchise tersebut. Dan akhirnya bagaikan franchise horor lainnya, setiap tahunnya, hingga 2012, Paranormal Activity selalu mengeluarkan seri terbarunya.

The Marked Ones merupakan spin- off resmi pertama dari Paranormal Activity. Sebelumnya pada tahun 2010 telah ada Paranormal Activity 2: Tokyo Night yang merupakan spin- off tidak resmi yang diproduseri oleh studio Jepang, Presidio Corporation.

Image

Sebagai sebuah spin- off yang terlepas dari seri- seri lainnya, The Marked Ones mencoba untuk menghilangkan beberapa elemen yang menjadi ciri khas franchiseri Paranormal Activity. Di mana adegan- adegan poltergeist (benda- benda yang bergerak sendiri atau bunyi- bunyian aneh di sekitar bangunan) hampir tidak ada sama sekali. Sebagai gantinya, Landon mencoba untuk mengeksplor lebih jauh lagi dengan memasukan elemen possession dan exorcism untuk menampilkan adegan- adegan kengerian. Namun ternyata unsur kengerian yang dihadirkan belum mampu menyamai seri- seri lainnya.

Perbedaan lain dengan seri Paranormal Activity lainnya adalah unsur komedi konyol yang cukup sering ditampilkan, khususnya oleh duet Jacobs dan Diaz. Dan bisa dikatakan, adegan- adegan lucu itu menjadi daya tarik sendiri bagi film ini. Ditambah dengan adegan- adegan eksyen yang melibatkan gangster Hispanic.

Image

Dari jajaran cast, trio pemeran utamanya (Jacobs-Diaz-Walsh) sudah cukup tampil dengan apik. Terutama dalam menghadirkan akting natural serta chemistry di antaranya.

Kekurangan utama dari film- film semacam ini adalah ketidakberhasilan dalam penggunaan teknik found footage. Teknik found footage sebenarnya digunakan untuk memberikan efek real yang lebih. Namun jika dipikirikan secara nalar, mana mungkin seseorang yang nyawanya sedang berada di ujung tanduk masih sempat- sempatnya menyalakan handycam untuk merekam kejadian sekitar.

Image

Overall, The Marked Ones merupakan film spin- off yang mencoba memberikan tampilan lain yang berbeda dari seri- seri lainnya. Dan dari beberapa segi masih terbilang cukup berhasil, namun dari segi lainnya kurang begitu efektif. (dnf).

Rating:

7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s