Devil’s Due (2014)

Cab Driver: Gratis! Gratis!

Image

Directed By: Matt Bettinelli- Olpin, Tyler Gillett

Cast: Allison Miller, Zach Gilford

Synopsis:

Sepulang dari honeymoon di Republik Dominika, sepasang suami- istri yang baru menikah, Sam (Allison Miller) dan Zach McCall (Zach Gilford) mendapatkan kabar gembira bahwa mereka berdua akan memiliki seorang anak. Namun tanpa diketahui oleh mereka berdua, bayi yang berada di janin Sam bukanlah bayi biasa. Bayi tersebut memiliki kekuatan jahat yang cukup kuat yang mungkin bisa membawa mala petaka bagi umat manusia.

Review:

Image

Found Footage merupakan salah satu genre film yang selama 2 dekade ini berkat meledaknya film horor berjudul The Blair Witch Project dan kemudian dipopulerkan kembali berkat film Paranormal Activity yang rilis di tahun 2007. Sebenarnya genre ini pertama kali tercatat digunakan oleh Cannibal Holocaust pada tahun 1980.

Found Footage kebanyakan digunakan untuk film horor karena penonton mampu merasakan kengerian yang cukup tinggi serta natural berkat gambar yang diambil menggunakan kamera handycam, dan belakangan mulai merambah ke kamera- kamera yang lebih modern, seperti CCTV, Motion capture di XBOX, ataupun webcam. Pada perkembangannya, found footage mulai digunakan di film- film genre lainnya, seperti action (End of Watch) dan superhero movie (Chronicle).

Image

Kini, hanya berjarak 2 minggu dari perilisan seri terbaru Paranormal Activity, sebuah film found footage berjudul Devil’s Due. Plot cerita yang digunakan mirip dengan film sejenis Rosemary’s Baby. Di mana seorang ibu mengandung bayi iblis.

Jika melihat dari trailer, film ini cukup menjanjikan. Dengan cerita ketegangan yang tinggi serta efek kengerian yang cukup besar, film ini bisa dikatakan akan mampu mengungguli seri Paranormal Activity.

Image

Namun ternyata hasil akhir film ini berkata lain. Dibuka dengan adegan yang cukup menjanjikan dengan efek yang lumayan bagus untuk film sekelasnya, film ini terasa dragging semenjak pertengahan cerita. Duet sutradara tidak mampu menyajikan ketegangan yang sebenarnya sangat efektif jika disaksikan menggunakan teknologi found footage.

Dari jajaran cast, pasangan Allison Miller dan Zach Gillford sudah bisa membawakan perannya secara natural. Chemistry yang ditampilkan di antara juga cukup baik. Namun chemistry yang baik tersebut hanya sebatas pada adegan- adegan pembuka yang romantis saja. After that, kemampuan akting serta chemistry nya cenderung menurun.

Image

Character development juga memiliki kelemahan tersendiri. Penggambaran yang buruk membuat kita masa bodo dengan nasib kedua karakter utamanya.

Overall, Devil’s Due merupakan sebuah sajian horor found footage yang gagal yang tidak bisa men- deliver pesan dari film tersebut. Dengan tingkat kengerian yang serba tanggung membuat film ini akan sangat mudah dilupakan begitu saja. Bahkan bagi saya pribadi, trailer- nya jauh lebih bagus dibandingkan filmnya sendiri. (dnf)

Rating:

5/10

4 thoughts on “Devil’s Due (2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s