Jack Ryan: Shadow Recruit (2014)

Viktor Cheverin: You Americans like to think of yourselves as direct. Perhaps you are just rude.

Jack Ryan: You Russians like to think of yourselves as poetic. Perhaps you’re just touchy.

Image

Directed By: Kenneth Branagh

Cast: Chris Pine, Kevin Costner, Kenneth Branagh, Keira Knightley, Alec Utgoff

Synopsis:

Jack Ryan (Chris Pine) adalah seorang mahasiswa yang tergerak untuk bergabung dengan militer paska peristiwa 9/11. Namun sebuah kecelakaan helikopter ,yang menyebabkan cedera punggung, membuatnya harus berhenti dari karir militernya. Di tengah masa penyembuhan tersebut, Ryan didekati oleh seorang agen CIA, William Harper (Kevin Costner), yang tertarik dengan bakatnya dan berniat untuk merekrut Ryan. Tugas Ryan adalah menyelusup ke bank- bank swasta dan mendeteksi kemungkinan adanya akun bank yang digunakan untuk mendanai aksi teroris.

Suatu hari, Ryan, menemukan sebuah transaksi mencurigakan yang berasal dari sebuah perusahaan milik seorang konglomerat Rusia, Viktor Cheverin (Kenneth Branagh). Diduga kuat, Cheverin memiliki agenda untuk menjatuhkan perekonomian Amerika Serikat.Mengetahui hal ini, Harper langsung menugaskan Ryan untuk ke Rusia dan menyelidiki kasus ini lebih lanjut.

Ternyata Cheverin juga merencanakan sebuah serangan teroris di Amerika Serikat. Ini berarti Ryan harus berpacu dengan waktu untuk menggagalkan niat Cheverin. Belum lagi nyawa sang kekasih, Cathy Muller (Keira Knightley), yang menyusul ke Rusia, ikut terancam.

Review:

Image

Bisa dikatakan Tom Clancy adalah salah satu novelis yang cukup berpengaruh di industri hiburan. Karena bukan hanya karya- karyanya yang memiliki fanbase tersendiri, namun kisah yang ditulisnya sudah mengilhami franchise- franchise baru di industri hiburan lainnya. Sebut saja industri video game dan film. Untuk para gamer pasti sudah akrab dengan franchise Splinter Cell dan Rainbow Six. Untuk moviegoer pasti sudah akrab dengan karakter Jack Ryan yang muncul di 9 judul novel karyanya.

So far, sudah 4 judul novel Jack Ryan yang diangkat ke layar lebar dengan 3 aktor berbeda. Yang pertama adalah The Hunt for Red October dengan Alec Baldwin sebagai Jack Ryan. Lalu Harrison Ford di film Clear and Present Danger dan Patriot Games. Lalu pada tahun 2002, Ben Affleck sempat memerankan Jack Ryan di film berjudul The Sum of All Fears. The Sum of All Fears sendiri direncanakan menjadi sebuah reboot franchise Jack Ryan.

Image

Ini berarti Shadow Recruit merupakan reboot kedua dari franchise ini. Untuk membedakan Shadow Recruit dengan judul- judul lainnya, maka sebuah pendekatan barupun dipilih. Bukanny hanya bertindak sebagai analis CIA yang bertugas di belakang meja, di sini Jack Ryan disulap menjadi agen lapangan serba jago layaknya James Bond dan Ethan Hunt. Mungkin perubahan pendekatan ini dimaksudkan untuk mengikuti perubahan aura franchise kala James Bond di reboot atau Mission: Impossible diperankan oleh Tom Cruise.

Perubahan ini merupakan sebuah perjudian yang cukup besar bagi para produser. Karena tidak menutup kemungkinan para pecinta novel, ataupun film- film lamanya, akan menolak approach yang ditawarkan. Namun bagi para penonton muda, pasti akan lebih terhibur dengan aksi- aksi seru yang ditayangkan.

Image

Saya pribadi bukanlah merupakan seorang fans fanatik dari kisah Jack Ryan. Jadi untuk menanggapi perubahan macam ini, sayapun masih bisa terima. Kenneth Branagh cukup piawai untuk menampilkan aksi seru sepanjang film. Dengan tempo yang lumayan cepat, aktor yang juga berperan sebagai villain utama ini, tetap tidak melupakan pengenalan background story karakter Jack Ryan yang begitu cepat, namun cukup informatif, bisa dikejar di 30 menit pertama.

Namun memang untuk ukuran sebuah film Jack Ryan, cerita yang ditampilkan terlalu cheesy. Seharusnya David Koep dan Adam Cozad sebagai penulis naskah bisa lebih menampilkan sebuah alur cerdas dan tidak hanya terfokus kepada aksi seru semata. Apalagi tagline yang dipilih “Trust No One” bisa dikatakan tidak mewakili cerita yang dihadirkan. Saya tidak mau cerita lebih lanjut lagi bagaimana saya bisa menilai tagline tersebut kurang mewakili cerita karena takut spoiler.

Image

Chris Pine sebenarnya sudah mampu diberikan tanggung jawab sebagai leading character. Hanya saja, untuk menjadi seorang Jack Ryan, saya pribadi merasa dirinya kurang memiliki karisma yang dibutuhkan. Dan wajahnya serta ekspresi wajahnya kurang begitu meyakinkan untuk menjadi seorang analis yang jenius. Berbeda dengan ketika dia berperan sebagai Captain Kirk, yang terlihat lebih cocok. Di sini terlihat pemilihan Chris Pine hanya bertujuan untuk menarik minat penonton muda, khususnya kaum hawa.

Keira Knightley terlalu miscast untuk menjadi Cathy Muller. Penampilannya di sini terlihat sebagai pemanis belaka. Lain halnya dengan 2 aktor senior Kenneth Branagh dan Kevin Costner yang tampil lebih meyakinkan. Kennet Branagh cukup baik memerankan karakter villain yang cukup menyebalkan. Meskipun sebenarnya karakter villain yang diperankannya sangat stereotype film- film James Bond tahun 80-an. Kevin Costner, yang karirnya sempat meredup dan kembali mencuri perhatian lagi paska Man Of Steel, cukup tampil apik sebagai mentor sang karakter utama.

Image

Overall, Jack Ryan: Shadow Recruit merupakan film mediocre yang cukup seru namun memiliki beban tanggung jawab yang cukup besar sebagai sebuah film Jack Ryan. Dan dengan merubah template film lebih ke arah sebuah film Mission: Impossible- nya Tom Cruise, menjadikan film ini lebih fokus ke adegan aksi dan melupakan thriller layaknya sebuah film Jack Ryan. Ya, setidaknya sebagai sebuah hiburan, film ini cukup bisa dijadikan pilihan, sambil menunggu adaptasi novel/ game Splinter Cell yang akan produksi dengan aktor Tom Hardy sebagai Sam Fisher. (dnf)

Rating:

7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s