American Hustle (2013)

Paco Hernandez: This whole thing is racist. Abscam? “Arab-scam”? It’s completely racist!

Richie DiMaso So what do you have to worry about, Sheik? You’re Mexican.

Image

Directed By: David O. Russell

Cast: Christian Bale, Bradley Cooper, Amy Adams, Jennifer Lawrence, Jeremy Renner, Shea Whigham, Robert De Niro, Michael Pena

Synopsis:

Irving Rosenfeld (Christian Bale) adalah seorang penipu yang membuka “praktek”nya bersama pacar gelapnya, Sindey Prosser (Amy Adams). Padahal sebenarnya dia sudah memiliki istri Roselyn (Jennifer Lawrence) yang serba menuntut dan menyebalkan “Cakupan bisnisnya” adalah penjualan barang seni curian dan palsu serta penggelapan uang. Namun malang, aksinya tertangkap agen FBI Richie DiMaso (Bradley Cooper). 

Untuk menghindari ancaman penjara, Irving dan Sidney harus bekerjasama dengan FBI di bawah pimpinan Richie untuk menangkap 4 penipu macamnya. Namun misi yang sederhana tersebut ternyata semakin berkembang dengan ingin menangkap walikota Carmine Polito (Jeremy Renner) serta petinggi- petinggi lainnya yang diduga melakukan tindakan korupsi. Dengan menggunakan modus yang dikenal bernama Abscam, tim yang terdiri dari agen- agen FBI serta para penipu tersebut mulai menjebak satu per satu politisi korup tersebut.

Review:

Image

David O. Russell merupakan nama seorang sutradara yang belakangan ini makin bersinar di perfilman Hollywood. 2 karya terakhirnya, The Fighter dan Silver Linings Playbook berhasil mendapatkan pujian di ajang- ajang bergengsi. Kepiawaiannya dalam menyutradarai film dibuktikan dengan berhasil membawa bintang- bintangnya mendapatkan nominasi, dan bahkan beberapa di antaranya berhasil memenangkan, piala Oscar.

Kali ini film yang aslinya berjudul American Bullshit ini bercerita seputar skandal Abscam yang pernah santer di Amerika di periode 70-80 an. Bagi yang belum tahu, skandal Abscam, singkatan dari Arab Scam, adalah metode yang dipakai FBI untuk menjebak penjabat- penjabat korup dengan menggunakan seorang sheik fiktif dari Arab yang memiliki sebuah perusahaan fiktif. Sama halnya seperti di film, awalnya Abscam diperuntukkan untuk menjebak penjual dan penadah barang- barang curian, namun makin lama berkembang ke arah menjebak politisi korup.

Image

Di tangan David O. Russell, plot yang sebenarnya lebih cocok untuk dijadikan sebuah film crime thriller ini malah menjadi sebuah tontonan berkelas yang menampilkan akting- akting yang tidak kalah memukau. Dialog- dialog yang disajikan sangatlah cerdas. Dengan menambah elemen voice over yang membuat penonton lebih mengerti dan lebih dekat dengan masing- masing karakter utama, Russell mampu membuat karakter- karakternya makin berkembang dan tidak hanya sekedar pelengkap kisah semata.

Mungkin bagi beberapa penonton, tutur cerita film ini terasa bertele- tele dengan mengangkat kisah pribadi setiap karakter, khususnya Irving. Namun sebenarnya itulah cara Russell untuk menjadikan karakter seorang conman adalah seorang manusia biasa yang mempunyai masalah pribadi maupun perasaan.

Image

Perpaduan antara crime, black comedy, drama, serta aksi tipu menipu yang disajikan selama 138 menit di layar cukup apik disajikan. Ditambah dengan alunan musik khas 70an yang menambah aura film lebih alami. Kredit tersendiri patut disematkan bagi tim wardrobe serta penata rambut yang membuat tampilan para karakter sangat blending dengan setting kisah yang berkisar di tahun 70an ini.

Sebenarnya nilai tertinggi dari film ini berada di tangan para cast yang berakting sangat brilian tanpa ada cacat satupun. Russell, yang terkenal memiliki ciri khas layaknya Christopher Nolan dan Quentin Tarantino, dalam hal memakai bintang yang pernah bekerja sama dengannya, kembali memboyong bintang- bintang dari film The Fighter (Christian Bale dan Amy Adams) dan Silver Linings Playbook (Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Shea Whigham, dan Robert De Niro). Dan sebagai wajah baru (untuk filmografinya), dipilihlah aktor Jeremy Renner. Sebenarnya keterlibatan Renner awalnya untuk menggantikan posisi Bradley Cooper memerankan karakter Richie DiMaso, karena harus menggantikan Bale, yang ketika itu bentrok jadwal dan tidak bisa memerankan Irving. Namun ketika Bale kembali ke jajaran cast, karakter Irving kembali diberikan kepadanya dan Cooper kembali memerankan Richie. Dan khusus untuk Renner yang sudah kadung gabung ke jajaran cast, Russell terpaksa harus menulis ulang naskah dan menciptakan karakter Carmine Polito, khusus untuknya.

Image

Seperti yang saya katakan tadi, akting jajaran cast sangatlah brilian. Terutama ke-4 pemeran utama, Bale, Cooper, Adams, dan Lawrence. Namun memang yang paling bersinar adalah Amy Adams. Aktingnya sebagai seorang wanita seductive sungguh luar biasa. Ditambah dengan pakaian yang benar- benar mencuri perhatian (para lelaki- red). Jennifer Lawrence yang biasanya memerankan karakter lovable di sini bisa berakting sangat menyebalkan. Kualitas akting Bradley Cooper juga semakin terlihat matang paska Silver Linings Playbook. Dan yang patut diberikan kredit lebih adalah Christian Bale yang mampu merubah bentuk badannya secara drastis. Bahkan kabarnya paparazzi tidak mampu mengenalinya. Dan ketika syuting adegan bersama Robert De Niro pun, aktor italia tersebut tidak mengenali sang batman. Sampai benar- benar diyakinkan oleh Russell baru dia percaya.

Tidak salah memang ke-4 nama tersebut mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori aktor utama (Bale), aktris utama (Adams), aktor pemeran pembantu (Cooper), dan aktris pemeran pembantu (Lawrence). Memang itu salah satu pencapaian Russell yang mampu memasukkan ke nominasi aktor dan aktris terbaik piala Oscar di setiap filmnya. Hanya Jeremy Renner saja yang tidak mampu mendapatkan nominasi.

Image

Overall, American Hustle merupakan sebuah tontonan berkelas dengan parade akting yang memukau. Para juri Oscar bahkan rela memberikan nominasi di 10 kategori, termasuk aktor- aktris utama dan pembantu, film terbaik, editing terbaik, sutradar terbaik, naskah terbaik, disain kostum, editing, serta disain produksi. Dengan plot ditail yang baik serta dialog yang enak dinikmati, American Hustle, bisa menjadi tontonan segar bagi pecinta film berkelas yang tidak begitu mementingkan aksi seru. (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s