The Lego Movie (2014)

Emmet: Batman? Awesome! Could you make one of these in orange?

Batman: I only work in black. And sometimes, very, very dark grey.

Image

Directed By: Phil Lord, Christopher Miller

Cast: Chris Pratt, Elizabeth Banks, Will Arnett, Alison Brie, Morgan Freeman, Will Ferrell, Liam Neeson, Anthony Daniels, Charlie Day, Jonah Hill,  Shaquille O’Neal, Cobie Smulders, Channing Tatum, Billy Dee Williams, Dave Franco

Synopsis:

Emmett Brickowski (Chris Pratt) adalah seorang minifigure yang sehari- hari bekerja sebagai pekerja konstruksi. Pertemuannya dengan seorang minifigure cantik bernama Wyldstyle (Elizabeth Banks) adalah awal dari perubahan hidupnya. Karena darinya, Emmett mengetahui bahwa ia adalah seorang masterbuilder yang selalu disebut- sebut di dalam sebuah ramalan dari yang telah ada bertahun- tahun lamanya. Emmett didaulat akan menjadi penyelamat dunia Lego dari ancaman Lord Business (Will Ferrell) dengan senjata pamungkasnya.

Review:

Image

Lego adalah sebuah brand name dari sekumpulan line production mainan yang diproduksi oleh The Lego Group yang berbasis di Denmark. Pertama kali diluncurkan tahun 1949, hingga sekarang Lego sudah sangat populer dengan fanbase yang cukup besar. Bentuk- bentuknya yang lucu, kreatif, serta tingkat kesulitan yang memiliki level berbeda- beda membuat Lego tidak hanya digemari oleh anak- anak, namun juga orang dewasa.

Pada awalnya line series Lego hanya memiliki tema- tema dasar kreasi sendiri seperti Trains, Homemaker, Town/ City, Classic, Space, Castle, dan lain- lain hingga membuat line yang lebih unik seperti The Pharaoh Quest, Friends, Monster Fighters, Alien Conquest, Aquazone, Atlantis, Ninjago, Legend of Chima, Bionicle, dan lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman, Lego mulai melebarkan sayapnya ke industri- industri hiburan lain seperti film (Star Wars, Jurassic Park 3, Avatar: The Last Airbender, Man of Stell, The Dark Knight Rises, The Lord of The Rings, Indiana Jones, Pirates of The Carribbean, The Lone Ranger, The Avengers, Toy Story, dan lainnya), film seri (The Simpsons, Ben 10. Teenage Mutant Ninja Turtles, Spongebob Squarepants, dan lainnya), hingga line comic (Batman, DC Superheroes, dan Marvel Superheroes).

Image

Untuk melebarkan sayapnya, Lego tidak hanya terus- terusan memproduksi mainannya saja. Hingga saat ini Lego telah mengeluarkan berbagai macam videogame, direct- to- video movie, buku, film seri, board game, serta theme park yang hingga saat ini sudah berjumlah 6 theme park di seluruh dunia.

Melihat kesuksesan film- film yang diangkat dari toys line seperti Transformers sudah pasti akan membuat bos- bos Lego gatal. Akhirnya dengan sukses menggandeng Warner Bros dan Village Roadshow, pada tahun 2014 The Lego Movie pun dirilis.

Image

The Lego Movie bisa dikatakan menjadi sebuah tribute serta ucapan terima kasih bagi para pecinta Lego. Layaknya gamers menonton Wreck- It Ralph, pecinta Lego akan merasa “orgasme” tersendiri setelah menyaksikan film ini. Pasalnya banyak sekali cameo- cameo minifigure populer serta trivia- trivia dari dunia Lego. Seperti part yang disebut hanya dengan nomor kode part, perusahaan raksasa Octan, serta hal- hal lainnya.

Namun bukan berarti The Lego Movie hanya bisa dinikmati oleh para pecinta Lego saja, film ini mampu menjadi sarana hiburan yang menyenangkan bagi penonton fans Lego. Pasalnya kisah yang ditulis oleh duo sutradara serta Dan Hageman, dan Kevin Hageman ini cukup enak diikuti. Meskipun sebenarnya kisah yang mengangkat plot from zero to hero macam ini sudah ribuan kali diangkat di berbagai macam film, namun twist di menjelang akhir kisah ternyata mampu mengangkat derajat film ini ke level tinggi. Twist film yang benar- benar unpredictable tersebut menjadi titik tolak dari kisah yang sangat standard dan saya jamin bisa membuat penonton lebih menyukai film ini.

Image

Jajaran pengisi suara juga memberikan peranan penting untuk film ini. Terutama Will Arnett dan Morgan Freeman yang sangat pas menyuarakan peran Batman dan Vitruvius. Bahkan banyak selebritis- selebritis top yang rela hanya tampil cameo menyuarakan peran- peran pendukung seperti Channing Tatum (Superman), Jonah Hill (Green Lantern),Cobbie Smulders (Wonder Woman), Dave Franco (Wally), Charlie Day (Benny), Alison Brie (Unkitty), serta Shaquille O’Neal yang menyuarakan minifigure- nya sendiri. Selain itu, film ini juga memberikan tribute tersendiri bagi para pecinta film, khususnya Star Wars, dengan mengundang Billy Dee Williams serta Anthony Daniels masing- masing menyuarakan Lando dan C-3PO. Bagi para pecinta film, khususnya Star Wars, pasti sudah tahu kalau Williams dan Daniels memang memerankan Lando dan C-3PO di saga populer tersebut. Sayangnya Harrison Ford gak ikutan menyuarakan Han Solo.

Theme song yang ditampilkan memberikan nyawa tersendiri untuk film ini. Lagu yang dibawakan Batman meskipun akan mebuat anda mengernyitkan dahi, namun juga akan cukup mengundang tawa. Lalu lagu Everything is Awesome yang sangat catchy dan pasti akan stuck di kepala anda selepas keluar dari ruang bioskop.

Image

Dengan nuansa fun serta box- office power yang dirasa cukup kuat, pihak produser sudah langsung memberikan lampu hijau untuk pengerjaan sekuel, meskipun filmnya belum rilis. Tapi kepastian apakah sekuel film ini dulu yang rilis atau serial animasi yang diambil dari line Lego City duluan.

Overall, film ini sangatlah menyenangkan. Jika saya ditanya apa pendapat saya tentang film ini. Saya akan menjawabnya dengan catchphrase dari film ini. Everything is Awesome! (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s