3 Days To Kill (2014)

Image

Directed By:  McG

Cast: Kevin Costner, Amber Heard, Hailee Steinfeld, Connie Nielsen, Tomas Lemarquis, Richard Sammel, Marc Andreoni, Bruno Ricci

Synopsis:

Setelah operasi terakhirnya berantakan dan gagal menangkap seorang teroris internasional, The Albino (Tomas Lemarquis), seorang agen CIA senior, Ethan Renner (Kevin Costner) mengetahui bahwa dirinya didiagnosa mengidap penyakit Globlatosma, sejenis kanker otak yang juga menyerang paru- paru. Dokterpun memvonis umurnya tinggal beberapa bulan saja. Menyadari hal ini, Ethan langsung mengundurkan diri untuk menebus kesalahannya terhadap mantan istrinya, Christine (Connie Nielsen) dan Zooey (Hailee Steinfeld) yang selalu ditelantarkan demi pekerjaannya.

Namun rencana itu terganggu oleh agen CIA Vivian Delay (Amber Heard) yang mendekati Ethan dan menyuruhnya untuk membunuh gembong teroris yang juga adalah bos The Albino, The Wolf (Richard Sammel). Sebagai bayarannya, Vivi akan memberikan obat eksperimen yang bisa menyembuhkan penyakit Glbatosma itu. Vivi membutuhkan Ethan karena hanya dialah satu- satunya yang pernah melihat wujud asli The Wolf.

Ethan menyadari ini adalah satu- satunya jalan agar dia bisa menghabiskan waktu lebih lama lagi dengan Zooey dan Christine. Namun juga berarti Ethan sekali lagi mengingkari janjinya kepada Christine untuk tidak berhubungan lagi dengan CIA.

Review:

ImageMengikuti jejak- jejak sekawannya, Kevin Costner berhak untuk mendapatkan kesempatan to raise up dari keterpurukan selama satu dekade lamanya. Aktor era 80 sampai 90-an yang image- nya lekat dengan film- film koboi ini, karirnya memang sempat jatuh paska film ambisius Waterworld dan The Postman. Padahal sang Robin Hood ini sempat menikmati puncak karir lewat film The Dances With Wolves yang memberikannya nominasi Best Actor dan Best Director. Filmnya pun berhasil mendapatkan Best Picture.

Kini melalui film buah karya sineas Prancis Luc Besson, yang terkenal dengan film- film action- thriller- nya, Kevin Costner berharap bisa ikut merasakan kenaikan pangkat seperti yang dialami rekan seangkatannya Liam Neeson lewat Taken yang juga hasil karya oleh Luc Besson. Dan sama halnya dengan film- film Besson lainnya, kota Paris sudah pasti menjadi setting utama cerita.

Image

Banyak orang yang mislead melihat trailer film ini. Memang dari trailer- nya film ini nampak seru dan akan full dengan adegan bombastis. Namun melihat sepak terjang sang sutradara, McG, kita bisa lihat bahwa sebenarnya film- film yang digawanginya lebih menekankan kepada plot komedi ketimbang aksi serunya. Lihat film semacam dwilogi Charlie’s Angels dan This Means War. Bahkan untuk film This Means War, komedi romantislah yang lebih ditekankan. Adegan- adegan aksi hanya sebagai pelengkap saja.

Formula ini juga dirasakan di film 3 Days To Kill yang lebih menekankan usaha redemption Ethan Renner terhadap keluarganya. Hubungan ayah- anak yang diperankan oleh Costner serta aktris cilik berbakat, Hailee Steinfeld, cukup baik secara naskah. Meskipun apa yang disajikan sebenarnya terlalu cheesy, namun momen- momen yang menampilkan perkembangan hubungan mereka bisa dikatakan cukup berkesan. Hanya sayang, chemistry di antara keduanya kurang berkembang dengan baik. Bukan berarti akting mereka jelek, namun Steinfeld di sini terasa kurang bebas berakting dengan Costner.

ImageKarakter Vivian Delay yang secara sempurna dibawakan oleh Amber Heard juga memberikan nilai lebih bagi film ini. Bisa dikatakan ciri khas femme fatale ala Luc Besson cukup terasa lewat penampilan aktris cantik ini. Kombinasi antara beautiful dan deadly mampu mengimbangi karakter Ethan yang sangat mengikuti template karakter yang dimainkan aktor- aktor sebaya Costner, old-school bad ass, lengkap dengan pakaian preman yang menambah kesan sembrononya.

Untuk melengkapi sisi komedinya, Besson dan McG memasukkan karakter Mitat (Marc Andreoni) dan Guido (Bruno Ricci) yang secara efektif memberikan unsur fun tersendiri. Karakter- karakter villain tipikal James Bond yang diwakili oleh The Wolf dan The Albino cukup apik, meskipun bagi saya hanya pelengkap supaya film ini bisa menjadi film action.

Image

Penekanan sisi father to daughter yang dihiasi adegan aksi memang bukanlah barang baru bagi Luc Besson. Lewat film Taken, Besson sempat melakukannya. Dan jika dibandingkan dengan Taken, sisi aksi di film ini memang kalah jauh, namun hubungan ayah- anaknya masih lebih bagus

Image

So, bagi saya pribadi, telepas dari kritikan- kritikan pedas yang menyatakan film ini adalah film yang buruk, 3 Days To Kill berhasil memuaskan hati saya pribadi. Apalagi sebuah twist kecil menarik telah disiapkan di akhir kisah. Terlepas dari aksi- aksinya yang biasa- biasa saja, 3 Days To Kill memberikan bonus sebagai film keluarga yang hangat. Apalagi bagi anda yang menyukai plot father to daughter relationship. Sekuel? Luc Besson telah memberikan hint akan ini sebagai penutup kisah. Namun harus menunggu animo masyarakat, apakah sebagian besar penonton masih mau menyaksikan aksi Ethan Renner selanjutnya? Ataukah cukup sampai di sini saja. (dnf)

Rating:

7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s