Non- Stop (2014)

Bill Marks: I’m not hijacking this plane. I’m trying to save it.

Image

Directed By: Jaume Collet- Serra

Cast: Liam Neeson, Julianne Moore, Scott McNairy, Michelle Dockery, Lupita Nyong’o, Nate Parker, Shea Whingham, Anson Mount, Corey Stoll

Synopsis:

Bill Marks (Liam Neeson) adalah seorang Air Marshall yang menjalani tugas rutinnya mengawasi keamanan sebuah perjalanan pesawat udara. Namun tiba- tiba dia mendapatkan SMS dari seorang misterius yang mengatakan bahwa dirinya akan membunuh setiap orang di dalam pesawat tersebut tiap 20 menit sebelum uang tebusan sejumlah 150 juta dollar masuk ke rekeningnya.

Gawatnya sang teroris yang piawai telah mengatur segalanya agar seolah- olah Marks- lah yang membajak pesawat tersebut. Kini Marks harus berusaha seorang diri menggagalkan aksi sang teroris sebelum korban makin bertambah banyak.

Review:

ImageBerbeda dengan rekan- rekan seangkatannya, aktor Liam Neeson bisa dikatakan memiliki nasib yang berbeda. Kredit tua- tua keladi memang pantas disematkan bagi aktor Inggris ini.

Jika rekan- rekan seangkatannya mendapatkan kredit sebagai action star  sejak usia muda, aktor yang memiliki suara berwibawa ini, mulai mendapatkannya ketika sudah berusia lanjut lewat film Taken, Star Wars, dan Batman Begins.

ImageKini Neeson kembali bekerjasama dengan sutradara yang pernah mengarahkannya di film Unknown. Film aksi thriller sejenis yang bernuansa misteri ala novel Agatha Christie. Konsep yang sama yang diambil untuk film Non- Stop ini.

Plot yang disuguhkan sebenarnya sangatlah simple. Dan bisa dikatakan sudah puluhan kali diangkat ke film. Namun yang membuat film ini menarik adalah pengenalan tiap karakter dengan kemungkinan- kemungkinan mencurigakan sebagai sosok yang memiliki motif pembajakan dengan sangat baik digambarkan di film ini. Bagi anda yang doyan menebak- nebak pelaku kejahatan layaknya cerita- cerita Detective Conan akan menyukai film ini.

Image

Jaume Collet- Serra yang cukup sukses menyimpan twist melalui Orphan dan Unknown, mampu menyimpan erat- erat siapa dalang pelaku pembajakan tersebut sampai akhir film. Tensi ketegangan juga cukup terjaga sampai akhir.

Hanya saja, cerita yang terjalin bagus dengan tensi ketegangan yang terjaga sampai akhir itu dinodai dengan ending yang menurut saya so lame untuk ukuran thriller macam ini. Ditambah dengan motif pembajakan yang so hollywood dan too cheesy.

Image

Sebagai pemeran utama, Liam Neeson masih cukup tampil prima melakoni adegan- adegan aksi. Meskipun usianya sudah tidak muda lagi. Pemeran- pemeran pendukung lainnya pun tampil cukup baik. Julianne Moore, Anson Mount, Michelle Dockery, dan aktris peraih Oscar tahun ini, Lupita Nyong’o tampil cukup pas untuk perannya masing- masing.

Kelalaian lain dari film ini adalah beberapa plot hole yang cukup mengganggu. Seperti begitu mudahnya merokok di penerbangan internasional dan membobol dinding cockpit lewat kamar mandi. Yang meskipun sebenarnya bisa saja dimaklumi untuk sebuah film, namun ini cukup mengganggu.

Image

Overall, saya masih suka dengan film ini. Despite of so many plotholes and cliche ending, saya masih cukup happy dengan ritme film yang sukses menjaga tensi ketegangan hingga akhir kisah. Liam Neeson pun masih cukup menjanjikan sebagai aktor laga. So, if you’re so into action thriller that keeps you guessing who the suspect is, you will find Non- Stop satisfying. (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s