Need For Speed (2014)

Tobey Marshall: We’ll settle this behind the wheel.

Image

Directed By: Scott Waugh

Cast: Aaron Paul, Dominic Cooper, Imogen Poots, Scott Mescudi, Rami Malek, Ramon Rodriguez, Harrison Gilbertson, Dakota Johnson, Michael Keaton, Stevie Ray Dallimore

Synopsis:

Tobey Marshall (Aaron Paul) adalah seorang jagoan balap asal Mount Kisco yang sedari kecil selalu bersaing dengan rival sekotanya, Dino Brewster (Dominic Cooper). Suatu hari, Dino kembali ke kota asalnya dan menemui Tobey untuk menawari kerjasama. Dino meminta Tobey untuk memperbaiki dan memodifikasi sebuah Shelby Mustang yang dirancang oleh Caroll Shelby sebelum meninggal dengan janji akan melelangnya dan memberikan 25% dari hasil lelang untuk Tobey. Karena kepiawaian Tobey dalam mengemudi dan berhasil membuktikan bahwa mobil tersebut mampu mencapai 234 mph membuat seorang billionaire Bill Ingram (Stevie Ray Dallimore) tertarik untuk membelinya.

Merasa tersinggung dengan kemahiran Tobey, Dino mengajaknya untuk adu balap. Pada saat yang sama, sahabat Tobey, Little Pete (Harrison Gilbertson) ikut serta juga. Namun sebuah kecelakaan yang disebabkan oleh Dino, membuat mobil yang dikemudikan Little Pete terbalik dan terbakar. Dino lalu menyembunyikan mobil yang dikemudikannya dan menciptakan alibi kuat bahwa dia tidak ada di TKP. Kontan tinggal Tobey yang harus mendekam di penjara dengan dakwaan pembunuhan tidak berencana.

Setelah bebas, Tobey kembali mengumpulkan teman- temannya untuk ikut pertandingan Monarch di mana Dino juga berpartisipasi sekaligus menuntut balas atas perlakuannya terhadap dirinya dan Little Pete.

Review:

Image

Sepanjang sejarah perfilman, film yang dibuat dari hasil adaptasi sebuah video game kerap mendapatkan respons yang kurang mengenakan. Terlebih dikarenakan hasil sumbangsih sutradara bernama Uwe Boll yang hasil karyanya sudah dapat dipastikan mendapatkan tomat busuk. Salah satu yang menjadi alasan kenapa tidak berhasil adalah absennya feel yang didapat dari memainkan game- nya. Seandainya adapun biasanya feel yang dirasakan jauh berbeda.

Tapi itu tidak menutup keinginan bos- bos Hollywood untuk selalu memfilmkan game- game populer. Karena bagaimanapun juga film- film hasil adaptasi video game masih menarik rasa penasaran. Khususnya untuk para fansnya.

Image

Termasuk salah satu franchise game balapan paling populer; Need For Speed. Sebenarnya desakan untuk membuat adaptasi dari game keluaran Electronic Arts ini sudah ada sejak lama. Dengan penjualan yang sangat menguntungkan dan seri franchise yang sampai sekarang masih terus berlanjut sudah pasti akan sangat menggiurkan untuk dibuatkan film.

Hanya saja sebagian besar penonton akan membandingkannya dengan franchise yang sudah kadung lebih dulu terkenal untuk genre balapan. Yaitu The Fast and The Furious. Maka tidak heran jika saat film ini keluar nantinya akan dibandingkan dengan franchise yang membesarkan nama Vin Diesel dan Almarhum Paul Walker ini.

Image

Saya tidak menyukai genre video game balapan. Otomatis saya tidak belum pernah memainkan franchise ini. Paling hanya nonton temen yang main Need For Speed kalau lagi ngumpul- ngumpul. Jadi saya tidak bisa membandingkan sebesar mana feel video game- nya yang dirasakan dari film ini. Hanya feel first person driving yang ditampilkan di beberapa scene dan mungkin itu bisa mewakili aura franchise.

Plot ceritanya sebenarnya sangat sederhana. Malahan dari segi naskah cenderung terlalu cheesy.  Memang untuk film semacam ini yang dibutuhkan hanya adegan balap- balapan saja. Dan memang untuk adegan balap- balapannya masih dikatakan cukup memuaskan. Dan bisa dibandingkan dengan seri- seri awal The Fast and The Furious.

Image

Jajaran cast tidak ada yang terlalu menonjol. Template karakternya sudah sangat standar untuk film ini. Aaron Paul menampilkan karakter protagonis utama yang cool. Dominic Cooper membawa karakter rival sang protagonis yang menyebalkan, dan lebih sukses secara finansial. Scott Mescudi, Rami Malek, dan Ramon Rodriguez mewakili side kick yang kocak dan membawa unsur komedi. Lalu ada Imogen Potts yang membawakan karakter cewek cantik yang sedikit banyak ngerti mobil.

Image

So, secara overall Need For Speed tidak menawarkan sesuatu yang baru yang bisa menaikkan level- nya sejajar dengan The Fast and The Furious. Namun untuk sekedar hiburan film balap- balapan, Need For Speed sudah menyediakan paket komplit seperti template yang harus dimiliki sebuah film balapan. (dnf)

Rating:

7.5/10

2 thoughts on “Need For Speed (2014)

  1. Saya demen sebenarnya dengan film ini karena kaya The Fast & The Furious lagi (back to basic). Tetapi sayang oh sayang itu kok karakter utamanya kaya jackass juga.

    (SPOILER) Mencelakai orang lain cuma karena mau menakut-nakuti cewe biar turun dari mobil? Psycho dude.😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s