Brick Mansions (2014)

Lino: Who taught you how to fight?

Damien: Who taught you how to speak English?

Image

Directed By: Camille Delamarre

Cast: Paul Walker, David Belle, RZA, Catalina Denis, Ayisha Issa, Gouchy Boy

Synopsis:

Damiel Collier (Paul Walker) adalah seorang polisi Detroit yang diberikan tugas untuk mencari dan menjinakan sebuah bom yang dibajak dan dicuri oleh seorang gembong gangster bernama Tremaine Alexander (RZA). Malangnya Tremaine berdomisili di Brick Mansions, sebuah kawasan yang ditutup pagar tinggi di mana dihuni oleh para kriminal dan tidak ada fasilitas umum yang tersedia. Intinya Brick Mansions adalah sebuah kawasan isolasi yang jauh dari sentuhan hukum.

Lino Dupree (David Belle) adalah seorang penduduk Brick Mansions yang menaruh dendam kepada Tremaine karena telah menyandera adiknya, Lola (Catalina Denis) sebagai ganjaran atas campur tangan Lino yang ingin Brick Mansions menjadi kawasan yang bersih dari sentuhan narkoba.

Keduanya harus bekerjasama dan mengesampingkan ego masing- masing demi misi- misi yang mereka emban bisa berhasil.

Review:

Image

Paul Walker adalah salah satu aktor yang berita kematiannya sempat menjadi trending topic dan headline media- media internasional. Bahkan berita kematiannya lebih populer dibandingkan berita kematian Shirley Temple yang memiliki jarak waktu tidak terlalu lama. Bisa dikatakan, sama halnya dengan Heath Ledger, kepopularitasan Paul Walker makin meningkat setelah kematiannya. Namun jika Heath Ledger ketika meninggal memang sedang berada di puncak karir, Paul Walker lebih ke arah kenyataan ironis di balik kematiannya. Seperti kita ketahui, Walker tewas karena kecelakaan mobil mahal yang sedang melaju kencang. Sementara franchise Walker yang paling terkenal (jika tidak mau dikatakan satu- satunya yang terkenal) bercerita seputar kebut- kebutan mobil dan memiliki quote tekenal “Ride or die.”

Image

Brick Mansions adalah film terakhir yang sempat dirampungkannya (Walker belum sempat merampungkan syuting Fast and Furious 7 ketika dipanggil yang maha kuasa). Brick Mansions sendiri adalah remake/ reboot dari film Prancis yang cukup terkenal arahan sutradara Pierre Morel yang difilmkan dari karya tulis Luc Besson berjudul Banlieue 13 (Distrct 13/ B13). B13, bersama Yamakasimerupakan salah satu film yang berjasa mempopulerkan olah raga parkour ke seluruh dunia. Meskipun sebenarnya elemen parkour pertama kali digunakan oleh Besson di film Taxi 2 (Bukan sekuel filmnya Rano Karno). Kepopuleran parkour menginspirasikan media- media hiburan lainnya menggunakan elemen ini, seperti Prince of Persia: The Sands of Time, Casino Royale, The Bourne Ultimatum, dan Breaking and Entering untuk media film. Bahkan beberapa video game juga menggunakan elemen ini, 2 di antaranya adalah seri Assassin’s Creed dan Mirror’s Edge. Nah, siapa sebenarnya pencipta olah raga yang biasa disebut sebagai Free Running ini? Dia adalah David Belle yang ikut bermain di film B13 dan mengulang perannya di film Brick Mansions ini.

Image

Satu hal yang sebenarnya cukup mengganggu dari film ini adalah proses dubbing yang tidak sinkron. David Belle, sebagai salah satu karakter utama yang diceritakan telah cukup lama tinggal di Brick Mansions diharuskan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang fasih. Namun pada kenyataannya, David Belle tidak lancar berbahasa Inggris. Karena itu semua dialog yang diucapkannya di- dubbing oleh Vin Diesel. Tapi bagaikan menonton film- film Shaw Brothers saat keluar dialog “you kill my brother”, antara gerak bibir serta suara yang keluar tidak pas satu sama lain. Namun Belle cukup membayarnya dengan menampilkan adegan- adegan parkour yang seru dan keren. Bahkan opening scene- nya lebih panjang dibandingkan versi aslinya.

Image

Sebagai penampilan terakhir, Paul Walker juga cukup bisa memberikan sajian yang baik. Meskipun kualitas bela dirinya tidak secanggih Cyril Raffaelli, namun sebagai orang yang baru menekuni Brazillian Jujitsu, adegan- adegan fighting-nya masih dikatakan cukup bagus. Memang seharusnya bagi saya pribadi, akan lebih pas jika peran Damien dibawakan oleh aktor- aktor yang memang ahli bela diri, seperti Ray Park atau Scott Adkins. Namun mungkin karena menimbang faktor komersialitas, maka akhirnya Paul Walker lah yang dipilih. Tapi demi memberikan tribute saya tidak akan mereview penampilan Paul Walker terlalu jauh di sini.

Image

Di kalimat- kalimat awal saya sempat menyebutkan ini adalah sebuah remake/ reboot dari B13. Karena memang film ini bisa dikategorikan sebagai remake atau reboot. Remake karena naskah dan plot film ini benar- benar 11-12 dengan film aslinya. Tidak mengeksplorasi lebih jauh lagi dan memberikan elemen berbeda layaknya sebuah reboot. Meskipun sebenarnya jika dikatakan sama sekali tidak ada perubahan, tidak benar juga. Tim penulis naskah juga menyelipkan beberapa perubahan untuk membedakan dengan versi aslinya (salah satunya karakter yang diperankan oleh RZA). Namun tidak memberikan efek perbedaan yang cukup signifikan untuk dikatakan sebuah reboot. Di samping itu, jika kita mengingat B13 telah menelurkan sebuah sekuel yang berjudul B13 Ultimatum, maka ketika seri pertamanya dibuat ulang, bisa dikatakan sebuah reboot.

Image

Kinerja tim sound editing dan original theme kurang baik. Alunan nada yang seharusnya bisa memberi emosi tersendiri untuk adegan yang tayang, malah cenderung agak melempem. Melempem membaluti naskah yang juga melempem standard film kelas B, meskipun masih menyisipkan twist di akhir kisah yang (diharapkan) tidak dipikirkan oleh fans film aslinya. Namun di balik itu semua, Brick Mansions masih menyisipkan aksi parkour yang sebenarnya sebagai jualan utama film ini. Ditambah dengan pacing yang cepat menjadikan Brick Mansions sebuah film yang menghibur. Terutama bagi anda yang menggemari brainless action macam ini. (dnf)

Rating:

7/10

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s