Teenage Mutant Ninja Turtles (2014)

April: What are you?

Leonardo: We’re ninjas.

Raphael: We’re mutants!

Donatello: Technically, we’re turtles.

Michelangelo: And we’re teenagers. But we can have adult conversations.

April: So, you’re… Ninja Mutant Turtle Teenagers?

Donatello: When you put it like that, it sounds ridiculous!

teenage_mutant_ninja_turtles_ver15_xxlg-720x1066

Directed By: Jonathan Liebesman

Cast: Megan Fox, Will Arnett, William Fichtner, Alan Ritchson, Noel Fisher, Pete Ploszek, Johnny  Knoxville, Jeremy Howard, Danny Woodburn, Tony Shalhoub, Tohoru Masamune, Minae Noji, Whoopi Goldberg

Synopsis:

Seorang reporter Channel 6 News, April O’Neil (Megan Fox) memiliki ambisi untuk membongkar sebuah organisasi yang disebut sebagai The Foot, yang bertanggung jawab terhadap kejadian- kejadian kriminal di kota New York. Banyak yang tidak mempercayai tentang keberadaan The Foot. Para penegak hukumpun tidak mampu menghentikan sepak terjang para Foot Soldier, pasukan lapangan organisasi tersebut yang dikomandoi oleh Karai (Minae Noji).

Penyelidikan tersebut membawa April bertemu dengan beberapa kura- kura ninja yang terdiri dari Leonardo (Pete Ploszek- Actor/ Johnny Knoxville- Voice), Raphael (Alan Ritchson), Donatello (Jeremy Howard), dan Michelangelo (Noel Fisher) yang hidup di bawah tanah dan dilatih oleh Master Splinter (Danny Woodburn- Actor/ Tony Shalhoub- Voice).

Ternyata mereka adalah hasil eksperimen yang melibatkan mendiang ayah April dan seorang industrialis, Eric Sacks (William Fichtner). Tanpa diketahui April, bahwa Sacks ternyata memiliki hubungan dengan Master Shredder (Tohoru Masamune), pimpinan tertinggi The Foot, yang memiliki rencana jahat untuk menguasai kota New York.

 

Review:

teenage-mutant-ninja-turtles-april

Bagi generasi 80-an pasti sudah tidak asing lagi dengan serial animasi Teenage Mutant Ninja Turtles (TMNT) yang di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Kura- Kura Ninja. Pada medio 80-an akhir, serial animasi tersebut memang sempat diputar di TV nasional kita dan sempat menjadi childhood hero anak- anak generasi tersebut, termasuk saya (ketahuan deh umurnya). Saking bekennya animasi tersebut, bahkan banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya TMNT berasal dari serial komik.

Teenage-Mutant-Ninja-Turtles-2014-Trailer-Michelangelo

4 ekor kura- kura yang bermutasi menjadi kura- kura humanoid ini diciptakan secara iseng oleh 2 orang sahabat bernama Peter Laird dan Kevin Eastman pada tahun 1984. Awalnya kisah ini merupakan parodi dari komik- komik yang terkenal pada saat itu, seperti Daredevil, Ronin, Cerebus, dan New Mutants. Bahkan jika kita menilik lebih jauh lagi, banyak trivia- trivia dari saga Daredevil. Seperti, meskipun tidak pernah digambarkan secara eksplisit, zat radioaktif yang merubah seekor tikus dan 4 ekor kura- kura adalah zat yang sama yang membutakan Matt Murdock (Daredevil), pengucapan “sensei” kepada Splinter sama halnya dengan panggilan Daredevil kepada sang suhu, Stick, organisasi ninja The Foot mirip dengan organisasi ninja di saga Daredevil bernama The Hand.

te

Dalam versi komik awalnya, kisah kura- kura ninja jauh lebih sadis dan dewasa dengan menampilkan adegan sadis, bunuh- bunuhan, kata- kata kasar, bagkan adegan bunuh diri salah satu karakter penting. Baru mulai dari serial animasi, TMNT digambarkan lebih kids- friendly. Selain lebih menonjolkan sisi komedi dan meringankan rating, di serial ini pula diperkenalkan karakter kura- kura yang memiliki bandana berbeda- beda warna. Biru, merah, ungu, dan oranye seperti yang kita kenal sampai saat ini. Ini ditujukan agar para anak- anak lebih mudah membedakan ke-4 karakter tersebut bukan hanya dari senjata yang dipakai saja. Dalam versi asli komiknya, ke-4 kura- kura memakai bandana dengan warna yang seragam, yaitu hitam/ merah.

Leonardo

Pembuatan reboot film ini awalnya banyak memiliki batu kerikil, yang bahkan, dikeluarkan dari pihak hardcore fans menyangkut perubahan- perubahan karakter yang akan dilakukan oleh Bay. Dalam skrip awal para kura- kura ninja digambarkan sebagai alien, Shredder adalah agen pemerintah black ops yang memimpin pasukan bernama The Foot.  Karakter April O’Neil dan Casey Jones digambarkan lebih muda, berusia 18 tahun, dan judul Ninja Turtles tanpa menggunakan kata- kata Teenage dan Mutant.

url

Pertama- tama kita harus memaklumi bahwa yang berambisi untuk me- reboot film ini adalah Michael Bay, seorang sutradara yang sempat sukses membuat saya menguap sepanjang film terakhir saga Transformers beberapa bulan lalu, karena sok- sokan pengen masukin unsur drama. Lalu sutradaranya adalah Jonathan Liebesman, yang sepertinya memiliki visi sama dengan Bay dalam hal mengedepankan segi aksi dibandingkan muatan cerita. Jadi sama halnya dengan hasil akhir film ini. Segi aksi saja yang ditonjolkan, bukan cerita. Memang dari segi cerita sangatlah lemah. Origins kura- kura ninja yang dipermak lebih modern sebenarnya cukup keren, namun cukup lemah dalam menggambarkan bagaimana asal- usul Master Splinter mampu menguasai ilmu ninjitsu kurang begitu kuat. Selain itu secara plot juga apa yang disajikan di sini mirip dengan plot cerita The Amazing Spider- Man, bahkan adegan klimaks di akhir film sangat mengingatkan kita dengan film pertama reboot manusia laba- laba tersebut.

Teenage-Mutant-Ninja-Turtles-Official-Trailer-3-1

Namun dari segi aksi film ini jelas sangat menghibur. Terutama di adegan snow chase yang benar- benar fun dan breathtaking. Meskipun secara taste sebenarnya masih terbawa- bawa oleh franchise paling menguntungkan yang sempat dikantongi Bay, Transformers. Beberapa adegan dan sound FX yang digunakan memang mirip dengan film yang mempopulerkan aktor Shia LaBeouf dan Megan Fox tersebut. Selain itu adegan- adegan komedinya memang sangat menghibur dan menambah level fun tersendiri dari film ini. Terutama adegan beatbox di elevator yang merupakan salah satu adegan paling menarik di film ini.

url

Disain TMNT mengalami perubahan. Lebih menonjolkan sisi humanoid dan mutant- nya. Dan sekali lagi mengingatkan kita pada disain Lizard dari franchise reboot The Amazing Spider- Man. Pada awalnya memang sangat jelek dan jauh dari kata- kata lovable, namun melihat aura film ini yang lebih mature dan lebih dark, disain kura- kura ninja memang sangat pas dan bisa dimaklumi. Yang lebih cool sebenarnya disain terbaru karakter Shredder yang lebih terlihat threatening.

TeenageMutantNinjaTurtlesShredderheadlinecropLSParamount_article_story_large

Hanya saja karakterisasi para turtles di film ini kurang digali. Kepemimpinan serta wisdom dari Leonardo dan bad-ass serta Rapahel yang temperamental kurang begitu diperkenalkan di film ini. Memang ada satu dua adegan yang sepertinya cuman secara naratif dan gambaran sedikit bahwa Leonardo pemimpin yang bijak dan Rapahel yang suka menentang. Mungkin hanya Donatello dan Michelangelo saja yang lumayan cukup penggambarannya. Donatello yang pintar dan Michelangelo yang lucu serta menjadi comic relief dari franchise ini. Speaking of which, pada awal kemunculannya Michelangelo diucap dan ditulis sebagai Michaelangelo. Baru pada tahun 2001, spelling-nya dibenarkan sesuai dengan nama seniman reinessance yang menjadi base penamaan ke-4 karakter kura- kura ninja tersebut.

Screen Shot 2014-07-07 at 4.26.22 PM

Megan Fox tampil beda di film ini. Image brainless hot chick yang menempel paska franchise Transformers bisa berubah menjadi seorang reporter yang smart dan mandiri. Wajahnya juga sempat membuat pangling. Kemasannya di film ini berbeda dengan Bay-babes lainnya. Sebaliknya, Will Arnett kurang begitu efektif memerankan karakter Vernon Fenwick yang tadinya diharapkan bisa memberikan unsur komedi.

4

So, apakah film ini cukup memuaskan? Yes. Perpaduan antara adegan fighting yang brutal, cerita yang dark serta unsur komedi yang komikal, penonton seperti disuguhkan versi modern kura- kura ninja yang memadukan unsur original yang bermuatan lebih dewasa serta kura- kura ninja yang fun yang lebih dikenal oleh masyarakat luas. Sekuel? Yes Please. And don’t forget to include Kraang, Bebop, Rocksteady, ana Casey Jones. Cowabunga! (dnf)

 

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s