The Expendables 3 (2014)

Conrad Stonebanks: How hard can it be to kill ten men?

176693

Directed By: Patrick Hughes

Cast: Sylvester Stallone, Jason Statham, Mel Gibson, Arnold Schwarzenegger, Jet Li, Wesley Snipes, Dolph Lundgren, Randy Couture, Terry Crews, Kellan Lutz, Kelsey Grammer, Antonio Banderas, Ronda Rousey, Glen Powell, Victor Ortiz, Robert Davi, Harrison Ford

Synopsis:

Setelah membebaskan salah satu anggota Expendable pertama, Doc (Wesley Snipes), para Expendables yang terdiri dari Barney Ross (Sylvester Stallone), Lee Christmas (Jason Statham), Gunner Jensen (Dolph Lundgren), Hale Caesar (Terry Crews), dan Toll Road (Randy Couture) langsung menuju Mogadishu untuk mengerjakan tugas dari CIA untuk menangkap seorang penjual senjata bernama Victor Minns. Tanpa mereka ketahui ternyata Minns adalah identitas baru dari salah satu Expendable lama bernama Conrad Stonebanks (Mel Gibson). Misi tersebut berakhir bencana setelah Stonebanks menembak dan membuat Caesar koma.

Takut akan keselamatan jiwa anak- anak buahnya yang mulai tua, Ross memecat mereka dan menghubungi mantan rekannya, Bonaparte (Kelsey Grammer) untuk merekrut anggota- anggota baru yang lebih muda. Akhirnya terpilihlah mantan tentara yang juga seorang hacker, Thorn (Glen Powell), wanita yang ahli bertarung tangan kosong, Luna (Ronda Rousey), sniper Mars (Victor Ortiz), dan mantan prajurit yang merupakan cerminan diri Ross ketika muda, John Smilee (Kellan Lutz).

Merekapun langsung dikontrak oleh agen CIA Drummer (Harrison Ford) untuk menangkap Stonebanks. Namun lagi- lagi misi berakhir buruk dengan tertangkapnya para anggota baru tersebut. Akhirnya dengan dibantu oleh tim lama, plus anggota baru Galgo (Antonio Banderas), Trench (Arnold Schwarzenegger), dan Yin Yang (Jet Li), Ross terbang menuju tempat persembunyian Stonebanks untuk membebaskan para sandera tersebut.

Review:

expendables-3-movie-2014-1920x1080

Tak bisa dipungkiri lagi, film The Expendables yang muncul di tahun 2010 lalu telah menjadi wet dream tersendiri bagi para penggemar film laga. Terlebih lagi, buat mereka yang menyukai film- film laga era 80-90an. Pasalnya melalui film ini, Sly berhasil mengumpulkan bintang- bintang laga yang sudah pudar sinarnya untuk beraksi di layar lebar didampingi bintang- bintang laga baru. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan film ini inspirasi untuk mengumpulkan bintang- bintang aksi lawas di belahan dunia lainnya. Selain rencana pembuatan Expendabelles, yang kabarnya akan mengumpulkan bintang- bintang laga wanita di dalam satu film, di Indonesia sendiri tersebar kabar akan rencana pembuatan film Garuda 7 yang tidak hanya dibintangi aktor- aktor macho lawas dalam negeri seperti Willy Dozan, Barry Prima, Advent Bangun, Fendy Pradana, dan Lam Ting. Namun juga akan dibintangi aktor- aktor laga impor yang di antaranya adalah Michael Dudikoff dan Mark Dacascos.

aaaa

Naskah yang sederhana, action yang bombastis dengan minim CGI merupakan surat cinta tersendiri bagi penggemar laga jadul. Bahkan beberapa aktor yang awalnya menolak ikut bergabung telah merubah pikirannya dan bergabung di sekuel- sekuelnya. Sebut saja nama- nama seperti Jean Claude Van Damme, Chuck Norris, dan Wesley Snipes yang meskipun memiliki syarat- syarat tersendiri tapi berhasil masuk ke universe The Expendables.  Mungkin tinggal Jacky Chan dan Steven Seagal yang masih belum memiliki titik temu untuk ikut gabung.

the-expendables-3-sylvester-stallone-randy-couture-1920x1080

Kali ini Sly ingin membuat The Expendables lebih modern dengan memasukkan unsur Mission: Impossible di dalamnya. Banyak yang menyayangkan hal ini, namun sebenarnya melalui film ini, Sly ingin menyindir industri film, dengan cara memposisikan Barney Ross sebagai seorang produser film aksi yang lebih memilih aktor- aktor muda dengan menggunakan teknologi modern, komputer, serta gadget- gadget modern lainnya dan melupakan aktor- aktor tua yang kurang begitu menjual namun sebenarnya masih mampu untuk beradegan laga (Selain memang untuk menarik minat penonton muda, karena memang mostly yang demen The Expendables penonton berumur semua). Cara ini sebenarnya cukup menggelitik bagi mereka yang mengerti dan mengikuti perkembangan industri film laga dari tahun ke tahun. Penggambaran darah muda yang arogan dan smart- ass juga merupakan hal yang wajar jika dilihat dari kacamata aktor- aktor laga tersebut, karena selain telah mengambil lahan nafkahnya, secara umum memang kebanyakan orang tua yang sudah berumur melihat anak muda jaman sekarang lebih kurang ajar dan sudah melupakan sopan- santun.

the-expendables-3-movie-poster-24

Namun yang cukup disayangkan dari film ini adalah pemilihan rating PG-13 dan melupakan rating R yang menempel di dwilogi film sebelumnya. Memang seperti kita ketahui, pemilihan rating PG-13 memang paling populer di kalangan produser karena mampu menjaring penonton lebih banyak yang berujung pada pemasukan lebih banyak. Namun yang terjadi adalah The Expendables 3 jadi terlihat soft dan kurang begitu bloody. Padahal seharusnya para produser telah belajar dari kegagalan reboot Robocop yang menggunakan metode yang sama dan malah dihujat fans- fans versi original- nya.

the_expendables_3_hd_desktop_image-780x519

Pemilihan cast- cast baru sangat pas untuk nostalgia film- film lama. Selain Wesley Snipes, nama- nama seperti Antonio Banderas, Harrison Ford, dan Mel Gibson masih dianggap bintang laga, meskipun sebenarnya mereka bukan murni action star, tapi setidaknya mereka punya franchise film laga yang populer dan beken pertama kali lewat film laga. Yang sebenarnya kurang pas adalah pemilihan aktor- aktor mudanya. Selain Kellan Lutz, jajaran aktor lainnya kurang begitu dikenal. Meskipun Ronda Rousey bisa mewakili sosok Expendabelle dengan perpaduan beautiful but deadly- nya. Di antara jajaran aktor pendukung baru, Antonio Banderas- lah yang bisa menjadi scene stealer dengan memerankan karakter Galgo yang cerewet. Jika di film pertama ada Chuck Norris yang memorable di film ini posisi tersebut digantikan oleh sang El Mariachi.

The Expendables 3 Stallone 2014

Khusus untuk jajaran bintang muda, sebenarnya jika Sly menggaet bintang- bintang seperti Dwayne Johnson dan Vin Diesel mungkin saja akan lebih berwarna. Namun mungkin yang disayangkan adalah jika memilih bintang- bintang laga yang bersinar belakangan ini sudah pasti aktor- aktor gaek tersebut akan tertutup sinarnya. Kesalahan Stallone lainnya adalah membuang sia- sia bakat- bakat yang bagus. Salah satu contohnya adalah Jet Li, well if you have watched this movie, you will understand.

expendables

Namun secara keseluruhan adegan laga serta joke- joke yang ada masih cukup menghibur. Meskipun joke yang disajikan kurang begitu populer karena kurang begitu umum diketahui. Beda dengan joke di 2 film sebelumnya yang lebih menggelitik. Seperti joke tentang perseturuan Sly dan Arnie jaman baheula, ataupun joke- joke saling tukar one- liner  terkenal antara Bruce Willis dan Arnold Schwarzenegger. Namun kehadiran Antonio Banderas cukup membuat segar suasana. Patrick Hughes sebagai sutradara cukup mampu menyajikan action yang baik. Hanya saja karena faktor rating yang terlalu soft sehingga kemampuannya kurang begitu terangkat. Mudah- mudahan di remake The Raid nanti, dia sebagai sutradara akan lebih unjuk gigi dan tidak menggunakan rating PG-13.

35a3a7f0-bb5c-11e3-9dc6-c351df2837bc_expendables3_rollcall_gs

Overall, The Expendables 3 merupakan sebuah one action packed yang baik meskipun masih berada di bawah ekspektasi para penonton akan kehadiran nostalgia dan adegan sadis yang sudah menjadi template franchise ini. Secara kemasan masih tetap fun. Sekuel yang telah digembar- gemborkan oleh Sly tetap patut dinantikan. Dan bagi saya pribadi saya mengharapkan nama- nama seperti Danny Trejo, Clint Eastwood, Steven Seagal, dan Jacky Chan bisa ikut join. Dan jika Sly mau membuat sesuatu yang berbeda, mungkin bisa mengajak David Belle agar ada unsur parkour-nya atau mengajak jebolan- jebolan The Raid, seperti Iko Uwais, Yayah Ruhian, Joe Taslim, dan Cecep Arief Rahman biar nama bangsa kita lebih eksis di Hollywood. How about you guys? Siapa yang anda harapkan untuk bergabung di The Expendables 4?

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s