Hercules (2014)

Atalanta: We will fight for you, and we will die for you

hercules-poster2-2014

Directed By: Brett Ratner

Cast: Dwayne Johnson, Ian McShane, Rufus Sewell, John Hurt, Aksel Hennie, Ingrid Bolso Berdal, Joseph Fiennes, Reece Ritchie, Rebecca Ferguson, Irina Shayk, Tobias Santelmann

Synopsis:

Hercules (Dwayne Johnson) adalah seorang demigod, manusia setengah dewa. Darah dewa yang didapat dari ayahnya, Zeus, membuatnya mampu mengerjakan tugas- tugas berat seperti membunuh Hydra (Hail H.Y.D.R.A!), mengalahkan singa nemean, dan menangkap erymanthian boar. Namun legenda yang mengisahkan kepahlawanan tersebut masih harus dipertanyakan, karena sebenarnya Hercules adalah seorang mercenary yang bekerja bersama- sama sahabat- sahabatnya; Autocylus (Rufus Sewell), Amphiarus (Ian McShane), Atalanta (Ingrid Bolso Berdal), Tydeus (Aksel Hennie), dan keponakannya Ioalus (Reece Ritchie) yang pandai bercerita dan bertugas untuk meng-hiperbolakan kisah petualangan Hercules.

Suatu saat Hercules didatangi oleh putri kerajaan Thrace, Ergenia (Rebecca Ferguson) yang diutus oleh sang ayah, Lord Cotys (John Hurt) untuk menyewa jasanya untuk melatih rakyat Thrace dan membantu mereka menghadapi Rhesus (Tobias Santelmann), seorang pemimpin perang haus darah yang menentang kekuasaan Lord Cotys. Namun semakin Hercules terlibat dalam peperangan tersebut, sang demigod menyadari sebuah kejahatan yang tertutup rapat sekaligus menyibak masa lalu kelam yang dialami Hercules dan keluarganya.

Review:

url

Siapa sih yang tidak tahu Hercules? Pahlawan dari Yunani ini merupakan folklore yang cukup terkenal seluruh dunia. Bahkan kepopulerannya mengalahkan nama- nama pahlawan lainnya, seperti Perseus, Theseus, Jason, ataupun Achilles. Di Indonesia sendiri nama Hercules, berdampingan dengan Samson, sudah menjadi sebuah idiom untuk menggambarkan seseorang dengan postur tubuh besar, berotot, dan sangar.

hercules-2

Hercules sendiri merupakan lafal versi Romawi untuk seorang legenda Yunani bernama Heracles. Di kemudian hari nama Hercules lebih populer dibandingkan nama aslinya. Dia merupakan hasil kawin silang antara raja para dewa, Zeus, dengan seorang manusia bernama Alcmene. Dalam literatur kuno, Hercules digambarkan memiliki kekuatan yang di atas rata- rata manusia normal dan melalui petualangan- petualangan yang cukup terkenal. Beberapa petualangan yang paling terkenal dirangkum menjadi satu kisah legenda yang dikenal dengan nama 12 Labours of Hercules. Meskipun tetap berjumlah 12, namun pada perkembangannya jenis- jenis tugas yang dirangkum berbeda- beda.

Dwayne-Johnson-in-HERCULES-e1406284913739

Kisah kepahlawanan Hercules tidak habis- habisnya diangkat menjadi dasar adaptasi literatur atau media hiburan lainnya. Yang paling terkenal di negara kita adalah film serial yang sempat tayang di tahun 90-an dan dibintangi oleh Kevin Sorbo. Bahkan Marvel juga mengangkat sang legenda sebagai salah satu superhero- nya. Kali ini yang difilmkan adalah adaptasi dari komik Hercules yang diterbitkan oleh Radical Comics. Kita boleh berbangga, karena penciller yang bertugas untuk menggambar komik yang terdiri dari 2 mini- seri tersebut adalah orang Indonesia, Admira Wijaya.

hercules-dwayne-johnson-picture

Tidak disangka film ini ternyata memiliki unsur fun yang memuaskan. Naskah yang ditulis ulang oleh Ryan Condal dan Evan Spiliotopoulos ini memang sungguh rapi dan baik. Meskipun di awal film sempat memiliki dragging yang cukup membosankan, namun semakin bergulir kisah, twist ceritapun satu per satu mulai diungkap dengan rapi. Terlebih bagaimana cara mereka me-realistis-kan kisah Hercules yang ajaib dengan cara yang mengasyikan. Perpaduan antara adegan laga serta joke- joke ringan yang cukup membuat penonton tertawa merupakan suatu strategi yang baik dan efektif untuk membuat penonton tetap berada di bangku bioskop.

hercules-hydra-clip

Karakterisasi Hercules di kisah ini cukup menarik. Berbeda dengan kisah- kisah adaptasi lainnya yang terlalu mendewakannya, di film ini, Hercules tidak layaknya sebagai seorang manusia biasa yang memiliki teman- teman seperjuangan dan bekerja dengan team work yang baik. Ibaratnya seorang pesulap yang memiliki crew yang sangat lihai dan kompak, sehingga di depan panggung kita bisa mempercayai bahwa sang pesulap tersebut benar- benar bisa menembus tembok dan melayang- layang.

HERCULES

Sebagai Hercules, The Rock sudah sangat pas. Meskipun pada awalnya para fans sempat menyayangkan pemilihan mantan pegulat profesional ini, namun dia dapat menampilkan sosok Hercules yang lebih membumi dan realistis. Jajaran cast lainnya juga tampil cukup meyakinkan untuk porsinya masing- masing. Meskipun sebenarnya saya tahu, yang jadi sorotan para penonton pria adalah penampilan Irina Shayk, model profesional yang juga merupakan kekasih pesepakbola, Cristiano Ronaldo, dan sempat menjadi model cover majalah Sports Illustrated Swimsuit Issue tahun 2011 kemarin.

Hercules-2014-Dwayne-Johnson-Desktop-Images-540x357

So, saya pribadi sangat puas dengan film Hercules ini. Tidak usah mengkritik kebenaran kisah legenda ini, karena memang ya namanya fiksi adaptasi yang begini ini. Saya juga cukup menyarankan untuk menonton dalam format 3D, karena beberapa adegan pop- up cukup bagus. Oiya, jangan buru- buru keluar ketika pertama kali credit title bergulir. Perhatikan layar dengan seksama. Karena rangkaian animasi yang ada di layar cukup menggelitik dan membuat kita bertanya; Is he really a demi-god?

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s