The Equalizer (2014)

Robert McCall: You got to be who you are in this world. No matter what.

equalizer_ver3

Directed By: Antoine Fuqua

Cast: Denzel Washington, Chloe Grace Moretz, Marton Csokas, Melissa Leo, Bill Pullman

Synopsis:

Robert McCall (Denzel Washington) adalah seorang pekerja toserba peralatan pertukangan yang memiliki masa lalu misterius. Hanya dicurigai, masa lalunya sangatlah kelam dan dirinya berusaha untuk melupakannya. Malam harinya, dia habiskan membaca buku di kedai dekat rumahnya di mana dia akhirnya bersahabat dengan seorang pelacur remaja yang memiliki impian untuk menjadi penyanyi, Teri (Chloe Grace Moretz).

Ketika Teri babak belur dihajar oleh mucikarinya, Slavi (David Meunier), Robert menuntut balas dendam dengan membunuh Slavi beserta anak buahnya. Namun ternyata, Slavi adalah anak buah mafia Rusia bertaraf Internasional, Pushkin (Vladimir Kulich). Pushkin pun kemudian mengutus tangan kanannya, Teddy (Marton Csokas) untuk mencari tahu perihal pembunuhan Slavi yang mengancam aktivitas bisnisnya di Amerika.

 

Review:

ae

Nama Denzel Washington telah menjadi jaminan kualitas sebuah film. Baik itu drama serius maupun aksi brutal. Terlebih film ini didukung oleh 2 nama yang juga menjadi jaminan mutu sebuah film. Sutradara Antoine Fuqua, yang berhasil mengantarkan Denzel menerima satu piala Oscar, melalui film legendaris Training Day. Serta Chloe Grace Moretz, aktris muda yang namanya melejit berkat perannya sebagai Hit- Girl.

afaafas

The Equalizer adalah adaptasi dari film seri berjudul sama yang telah tayang selama 4 musim dari tahun 1985 sampai tahun 1989. Film seri yang dibintangi oleh almarhum Edward Woodward itu bercerita tentang seorang mantan agen pemerintah yang berusaha untuk menebus dosa masa lalunya dengan cara menolong orang- orang lemah yang tertindas. Phrase terkenal dari film ini adalah iklan koran yang bertuliskan “Odds against you? Need help? Call the Equalizer. 212 555 4200.”

asadadfa

Sama halnya dengan film- film aksi Fuqua lainnya, adegan kekerasan yang digarap dengan serius menjadi nilai jual film ini. Digarap lebih mirip dengan Bourne Trilogy, atau jika ingin menyebut contoh film lain yang disutradarinya, The Shooter, ketimbang Olympus Has Fallen yang mengumbar aksi sadis yang cenderung lebih fun. Fuqua membawa The Equalizer ke level yang nyaris sempurna untuk sebuah action flick serius yang sepadan dengan rating R yang diberikannya. Meskipun jika dilihat cacatnya, masih ada satu- dua adegan yang terlalu over the top dan kurang pas dengan nafas yang dibawa oleh film ini. Namun tensi ketegangan di setiap adegan aksi dan thriller-nya tetap terjaga dari awal sampai akhir.

img_18927_600

Namun dikarenakan terlalu fokus pada adegan kekerasan, Fuqua melupakan hal penting lainnya yang sebenarnya bisa lebih digali. Seperti chemistry antara Robert dan Teri yang sebenarnya menjadi pemicu plot cerita sepanjang film. Motifasi Robert untuk membalas dendampun kurang begitu jelas. Bagi seseorang yang ingin melupakan masa lalunya yang kelam dan penuh kekerasan, harusnya mempunyai motif yang lebih kuat ketimbang menjadi sekedar teman ngobrol, untuk kembali melakukan hal- hal yang telah lama ditinggalkannya (baca: membunuh). Dalam menggambarkan chemistry film ini masih kalah dengan film Man of Fire, yang juga dibintangi oleh Denzel dan menggambarkan hubungan yang baik dengan seorang anak kecil yang diperankan oleh Dakota Fanning. Saya ingin berusaha positive thinking, mungkin ini cara Fuqua untuk membuat kesan misterius Robert terjaga terus sepanjang cerita.

aaaaaa

Dari segi casting, film ini nyaris memiliki jajaran cast yang sempurna. Selain Denzel yang pas memerankan Robert yang keras namun memiliki hati yang baik, Moretz juga cocok membawakan karakter anak muda yang fragile dan menjadi center of heart dari film ini. Marton Csokas pas menjadi karakter villain utama. Dengan wajah yang dingin serta akting yang sadis, dirinya terasa nyaman beradu akting dengan aktor sekaliber Denzel. Ditambah penampilan 2 aktor- aktris senior sebagai cameo, Bill Pullman dan Melissa Leo, yang melengkapi kesempurnaan jajaran cast.

first-look-at-chloe-moretz-and-denzel-washington-in-the-equalizer

The Equalizer cukup mengibur dari segi aksi. Kemisteriusan karakter Robert tetap terjaga meskipun berdampak pada kurangnya chemistry yang bisa digali lebih dalam lagi. Selain itu bagi anda yang merupakan action fans dan adrenaline freak, wajib menjadwalkan agenda anda untuk menonton film ini. Duet Denzel serta Fuqua telah sukses mengadaptasi film serial ini dan bisa saja ke depannya menjadi sebuah franchise baru. Yang mungkin saja jika ada sekuelnya nanti, sedikit banyak masa lalu Robert lebih terkuak ketimbang hanya diceritakan kulit luarnya saja seperti yang diberikan melalui film ini. (dnf)

Rating:

8.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s