Annabelle (2014)

Annabelle Higgins: I like your doll

Annabelle-2014-Movie-Poster-750x1111

Directed By: John R. Leonetti

Cast: Annabelle Wallis, Ward Horton, Tony Amendola, Alfre Woodard, Tree O’Toole

Synopsis:

Mia (Annabelle Wallis) dan John (Ward Horton) adalah pasangan muda yang sedang menantikan kelahiran putri pertamanya. Suatu malam mereka diserang oleh putri tetangganya, Annabelle Higgins (Tree O’Toole) dan pacarnya yang belakangan diketahui mengikuti sebuah sekte pemuja setan. Sang pacar tewas terkena 3 timah panas polisi, sedangkan Annabelle bunuh diri sambil memegang boneka porselen hadiah John kepada Mia, yang juga tanpa diketahui sebabnya sangat diinginkan oleh Annabelle.

Semenjak peristiwa itu nyawa Mia kerap terancam bahaya sampai dia harus melahirkan bayinya secara prematur. Merekapun memutuskan untuk pindah rumah demi keselamatan sang bayi yang kemudian diberi nama Leah.

Namun sepertinya arwah Annabelle yang menempel di boneka porselen tersebut tidak berhenti mengganggu ketenangan hidup mereka. Karena setelah pindahpun, ada kekuatan jahat yang tetap mengikuti.

Review:

annabelletrr620350

Dalam jagad dunia hiburan, istilah spin- off dikenal sebagai sebuah cerita yang berkembang untuk mengikuti cerita yang sudah ada dengan memfokuskan kepada salah satu unsur dari film yang sudah ada. Biasanya yang dibuatkan spin- off adalah salah satu karakter yang disukai, namun bukan karakter utama. Atau salah satu karakter utama, jika pada kisah aslinya memiliki lebih dari satu karakter utama. Spin- off biasa juga disebut sebagai sidesequel atau sideprequel.

annabelle-3

Contoh untuk spin- off dalam industri film adalah X-Men Origns: Wolverine dari franchise X-Men, Elektra dari Daredevil, The Scorpion King dari The Mummy Returns, Puss in Boots dari Shrek, The Bourne Legacy dari The Bourne Identity. Dan yang akan datang adalah Penguins of The Madagascar dari Madagascar. Serta apabila jadi dibuat, Deadpool akan menjadi spin-off yang berasal dari spin- off karena pertama kali muncul di film X-Men Origins: Wolverine. Bukan hanya di feature film saja, dunia film serial juga mengenal istilah spin- off. Di antaranya ada Joey dari serial Friends, Angel dari serial Buffy The Vampire Slayer, dan Booker dari serial 21 Jump Street.

url

Kali ini yang mendapatkan kehormatan untuk di spin-off- kan adalah karakter Annabelle yang merupakan sebuah boneka menyeramkan yang menjadi perkenalan karakter suami- istri Warrens di film The Conjuring. Saking menariknya boneka ini bahkan mengalahkan popularitas karakter vilalin utamanya, Bathsheba. Yang membuat karakter ini menarik perhatian adalah selain disain boneka yang memang sudah menyeramkan, bagi publik Amerika sendiri kasus Annabelle merupakan salah satu kasus paranormal terkenal yang ditangani oleh The Warrens, selain The Amytville Horror.

annabelle-unboxing

Kursi sutradara yang lengser dari James Wan ke John R. Leonetti yang lebih dikenal sebagai sinematografer membuat kualitas film ini menurun dibandingkan film induknya. Naskah yang tidak lagi ditulis oleh saudara kembar Chad dan Carey Hayes, namun ditulis oleh penulis naskah yang belum memiliki CV yang panjang, Gary Dauberman, membuat film ini lebih lagi kehilangan esensi filmnya. Apa yang tersaji di film ini bisa dikatakan pengulangan adegan film- film horor Wan seperti Insidious, Child’s Play, Rosemary’s Baby, bahkan The Conjuring itu sendiri. Banyak unsur- unsur yang sepertinya menjiplak film- film tersebut.

annabelle-2014-horror-movie-news-3

Adegan- adegan serampun belum bisa terlalu efektif membuat penonton mengalami pengalaman semenyeramkan menonton Insidious dan The Conjuring. Musik yang digubah oleh Joseph Bishara, yang biasanya sangat depresing dan menjadi kekuatan tersendiri bagi film- film horor James Wan tampak kurang terlalu membantu di film ini.

annabelle

Namun dari segi cast, akting yang ditampilkan, khususnya oleh peran utama yang nama depannya sama dengan judul film ini, Annabelle Wallis, sangat terlihat natural. Dan bagi saya, penampilan fisiknya lebih menarik ketimbang Lili Taylor (maklum cowok, agak- agak ganjen dikit).

annabelle-12

At certain point, niat produser untuk mengisi masa vakum 2 tahun antara The Conjuring dan sekuelnya yang akan rilis tahun depan, dengan menyajikan spin- off Annabelle di satu sisi merupakan langkah yang baik untuk mengumpulkan pundi- pundi emas. Pasalnya, tidak peduli bagus atau jelek, penggemar film sumbernya pasti akan merogoh kocek untuk membeli tiket bioskop. Namun dengan eksekusi yang terlihat terburu- buru, apalagi paska kursi sutradara ditinggalkan oleh James Wan yang lebih memilih menyutradarai seri ketujuh franchise aksi kebut- kebutan paling terkenal seluruh dunia, dan asal main ganti sutradara serta scriptwriter tanpa dipilih secara benar, menjadikan Annabelle, yang sebenarnya memiliki potensi menjadi sebuah horor yang bagus malah menjadi melempem.

303416_600

Melihat kualitas Insidious 2 yang menurun, dan Annabelle yang lebih parah, saya pribadi jadi agak sangsi dengan kualitas The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist, yang sayapun tidak tahu akan disutradari oleh siapa, meskipun sedikit banyak saya masih berharap film tersebut kelak dapat mengobati kekecewaan. Yah, semoga saja The Conjuring dan Insidious tidak berakhir seperti Saw dan Final Destination yang cerdas di awal, namun lama- lama semakin menjemukan dengan banyaknya seri- seri lanjutan. Eh, malahan judul franchise terakhir Saw yang rilis di tahun 2010 adalah Saw 3D: The Final Chapter, but sekuel lanjutan Saw VIII sudah diumumkan akan dibuat. *facepalm* (dnf).

Rating:

6/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s