The Judge (2014)

Hank Palmer: My father is a lot of unpleasant things, but murderer is not one of them.

The-Judge-2014-Movie-Poster

Directed By: David Dobkin

Cast: Robert Downey Jr., Robert Duvall, Vera Farmiga, Billy Bob Thornton, Vincent D’Onofrio, Jeremy Strong, Dax Sheppard, Leighton Meester

Synopsis:

Hank Palmer (Robert Downey Jr.) adalah seorang pengacara handal yang mendapati kekayaannya dari membela klien- klien besar yang kebanyakan bersalah namun bisa dimenangkannya. Ketika mendengar berita kematian ibunya yang mendadak, Hank langsung pulang menuju kota kelahirannya dan bereuni dengan keluarganya yang telah lama tidak ditemuinya. Termasuk abangnya, Glen (Vincet D’Onofrio) dan adiknya, Dale (Jeremy Strong). dan sang ayah, Joseph (Robert Duvall), yang berprofesi sebagai hakim dan mendedikasikan hidupnya untuk membela kebenaran.

Belum sempat lepas dari rasa duka, tiba- tiba keluarga Palmer dikejutkan tentang berita bahwa sang ayah menabrak seorang pengendara sepeda hingga tewas. Bukti- bukti dan motif kuat memang memberatkan sang ayah. Pasalnya, si korban adalah Mark Blackwell (Mark Kiely), yang pernah didakwanya selama 20 tahun. Hanya ketiga kakak- beradik Blackwell, yang tidak percaya bahwa ayahnya tidak bersalah.

Satu- satunya yang mampu membantu sang ayah lepas dari tuntutan adalah Hank, yang sudah pengalaman ratusan kali membebaskan orang yang bersalah. Namun hal ini tidaklah mudah, pasalnya hubungan ayah- anak di antaranya tidak harmonis, bahkan cenderung saling membenci.

Review:

TheJudge

Opportunity seldom knocks twice, but every man deserves second chance. Frase tersebut layak disematkan untuk mewakili karir Robert Downey Jr. Sempat dinominasikan Oscar lewat perannya sebagai komedian legendaris, Charlie Chaplin, Downey kemudian sempat terpuruk dan kebintangannya meredup akibat ketergantungannya terhadap narkoba. Namun thanks to Marvel Cinematic Universe, kebintangan Downey kembali melejit. Bahkan moviegoer generasi baru yang belum pernah mengenal Downey, banyak yang menjadi fans barunya. Kecocokan karakter Tony Stark dengan dirinya, dalam hal melepaskan diri dari kecanduan sesuatu, menjadi salah satu pertimbangan penting pemilihan dirinya untuk memakai armor suit Iron Man.

robert-duvall-in-the-judge-movie-6

The Judge merupakan film terbarunya yang mempertemukan dirinya dengan seniornya, Robert Duvall. Mengambil racikan ramuan antara perpaduan drama keluarga dengan drama pengadilan. Apa yang disajikan di film ini hampir dikatakan sangat amazing. Unsur drama keluarga yang menggambarkan krisis di antara para anggota keluarga yang harus merekonsiliasi perbedaan di antaranya demi menghadapi sebuah cobaan bersama dengan sangat apik dilantunkan melalui permainan emosi up and down. Courtroom drama yang disajikan juga sangat khas dengan permainan emosi yang baik. Proses pencarian bukti, ketegangan melawan pihak oposisi yang kuat, serta kemungkinan kalah dalam persidangan berhasil membuat penonton terpukau dan tetap duduk di bangku sampai ending title bergulir.

asasaa

Kekuatan naskah memang menjadi faktor penentu keberhasilan film ini. Tulisan hasil buah pemikiran sang sutradara dan Nick Schenk, memang menawarkan paket komplit dalam sebuah tontonan cerdas berkualitas. Karakter- karakter yang ditampilkan di sini sangat pas untuk melengkapi muatan drama yang disajikan. Terlebih karakter Glen dan Dale, 2 saudara Hank. Glen yang harus mengubur mimpinya karena kesalahan masa lalu Hank, membuat proses pendewasaan serta bisa dikatakan menjadi salah satu faktor keretakan hubungan Hank dan Joseph. Dale yang hobi merekam momen- momen lewat kamera videonya, menjadi excuse untuk menampilkan film- film masa kecil mereka yang akan menimbulkan rasa haru tersendiri.

judge-car

Namun Dobkin masih tetaplah seorang sutradara komedi. Dengan cerdasnya dia memasukan unsur komedi yang telah menjadi comfort zone-nya selama bertahun- tahun. Unsur komedi ringan yang banyak diselipkan di sana- sini, memberikan penonton lebih rileks dan cool down sedikit dari keseriusan menyaksikan sajian drama film ini. And believe me, situasi ackward dan adegan menggelitik yang dihasilkan dari eksistensi karakter Carla yang dimainkan oleh aktris cantik Leighton Meester sangat menggelitik dan meninggalkan signature komedi khas Dobkin.

the-judge-review

Dari segi akting, Downey masih menampilkan karakter stereotype-nya paska bermain sebagai Tony Stark. Di mana karakter- karakter setelahnya yang dimainkan rata- rata memiliki sifat self righteous yang sangat sempurna dimainkan olehnya. Paska The Soloist, The Judge menjadi ajang pembuktian bagi Downey, bahwa dirinya masih mampu bermain di ranah drama dan film- film serius. Duvall, yang masih mampu berakting prima meskipun telah berusia 83 tahun. Aktor watak ini mampu menampilkan sosok Joseph yang idealis, memiliki pride yang besar, namun tetap saja merupakan seorang manula yang dalam kehidupan sehari- hari harus membutuhkan sosok anak- anak yang mengurusnya. Chemistry di antara keduanya sangat terbangun dengan baik. Dan bukan hanya di antara mereka berdua. Meskipun tidak ada yang mirip, chemistry di antara para anggota keluarga Palmer sangatlah baik.

The Judge 2014 movie 4

The Judge alih- alih menjadi drama yang membosankan, malah menjadi sebuah sajian bermutu yang menarik yang meskipun memiliki durasi yang cukup lama (sekitar 141 menit), namun mampu memainkan emosi penonton dan tetap menarik sampai detik terakhir. Faktor sutradara, naskah yang kuat, dialog cerdas, serta akting yang mumpuni, menjadikan film ini sebagai salah satu perpaduan manis antara drama keluarga dan drama persidangan. Satu hal yang menjadi pelajaran bagi kita di film ini. “Sehebat apapun dirimu. Setinggi apapun egomu. Sekesal apapun dirimu dengan keluargamu. Jika kamu menemukan masalah, hanya anggota keluargalah tempat kamu berpulang dan dengan tangan terbuka mereka akan merangkulmu serta berusaha melepaskanmu dari masalah tersebut. ” (dnf)

 

Rating:

8/10

 

PS: Watching this movie, really really really really made me miss my dad. We will meet again in Heaven, Dad. Someday.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s