Fury (2014)

Wardaddy: This is my home

Poster

Directed By: David Ayer

Cast: Brad Pitt, Shia LaBeouf, Logan Lerman, Michael Pena, Jon Bernthal, Jason Isaacs

Synopsis:

Di penghujung tahun 1945, sekelompok pasukan Amerika Serikat yang tergabung dalam 2nd Armored Division diberikan tugas untuk membantu pasukan sekutu untuk merebut beberapa kota di negara Jerman yang cukup krusial bagi pertahanan pasukan SS. Salah satu dari pasukan tersebut adalah 1st Sgt. Dan “Wardaddy” Collier (Brad Pitt) yang memimpin 4 orang anak buahnya; Boyd “Bible” Swan (Shia LaBeouf), Trini “Gordo” Garcia (Michael Pena), Grady “Coon- Ass” Travis (Jon Bernthal), serta asisten kemudi yang masih hijau, Norman “Machine” Ellison (Logan Lerman), yang bertugas di dalam sebuah tank Sherman berjenis M4A3E8 yang bernama Fury.

 

Review:

stills from film "Fury"

Bagi yang mengikuti sejarah dan menggemari kisah perang- perang modern, pasti sudah tidak asing lagi dengan 2nd Armored Division, sebuah divisi artileri Amerika Serikat yang memiliki peranan penting dalam Perang Dunia ke-2. Khususnya dalam melawan tentara NAZI di Afrika Utara, Sisilia, Prancis, Belanda, Belgia, serta Jerman. Divisi ini juga ikut andil dalam perang dingin dan perang teluk sebelum dinonaktifkan pada tahun 1995. Kini dengan semangat “Amerika itu Hebat dan Benar” serta “Hitler dan NAZI adalah utusan Iblis karena telah membantai jutaan warga Yahudi”, David Ayer mencoba untuk mengankat tema patriotisme pasukan 2nd Armored Divison dalam sebuah film perang yang cukup kuat dalam penyajian.

5

Jika ditelusuri terdapat 2 hal yang menjadi dasar kekuatan film ini. Yang pertama adalah kualitas akting, dan yang kedua adalah naskah yang solid. Jajaran cast yang diisi oleh aktor- aktor yang cukup punya nama di Hollywood, merupakan nilai jual utama. Khususnya pemilihan Brad Pitt sebagai lead character.  Tingkat kebintangannya sudah pasti jadi magnet tersendiri untuk menarik minat penonton. Terbukti banyak penonton awam yang “tertipu” saat membeli tiket film The Tree of Life yang dikira akan menjadi film pop corn keren dan bukan cuman kumpulan gambar wallpaper komputer (jika meminjam perkataan teman saya) karena memasang nama serta wajah Brad Pitt di poster.

8

Sebagai sebuah batalion, ke-5 aktor utama sudah mampu menampilkan chemistry yang kuat serta saling melengkapi satu sama lainnya. Bahkan Brad Pitt pun rela untuk tidak tampil terlalu mencolok dan masih memberikan kesempatan rekan- rekan cast nya untuk lebih mengembangkan kemampuan aktingnya. Brad Pitt cukup pas tampil sebagai seorang pemimpin karismatik yang sadis dan tidak kenal ampun. Logan Lerman, yang kemampuan aktingnya, makin diuji di film ini, semakin menunjukkan bahwa dirinya merupakan aktor yang paling memiliki masa depan karir cerah di antara rekan- rekan seangkatannya. John Bernthal seperti biasa, tampil cool serta macho. Mungkin hanya Michael Pena yang kurang begitu cemerlang aktingnya, namun itupun masih bisa dikatakan bagus. Yang cukup membuat saya terpukau adalah penampilan Shia LaBeouf, yang sepertinya ingin merubah imej sweet boy lewat film ini. Dengan tampilan kumis untuk menambah kesan “cowok”-nya, LaBeouf berhasil menunjukkan kedewasan berakting.

1

Naskah yang ditulis oleh sang sutradara sendiri mampu menciptakan sajian yang apik. Meskipun bisa dikatakan sangat stereotype serta simple, namun Ayer mampu menggubah script yang biasa- biasa saja tersebut menjadi sebuah tontonan yang menarik. Tensi ketegangan serta karakterisasi ke-5 karakter utama berhasil digali dengan apik. Meskipun masih terdapat beberapa kelemahan, khususnya perubahan yang dialami karakter Norman yang menurut saya terlalu cepat hanya dalam hitungan hari.

3

Fury bukan merupakan film perang terbaik, namun bisa dikategorikan sebuah tontonan perang yang menarik. Racikan kualitas akting serta naskah yang baik, ditambah dengan rekaman gambar ala sinematogafer Roman Vasyanov, merupakan perpaduan yang baik untuk membuat penonton tahan duduk selama 134 menit. Bagi anda yang menggemari kisah peperangan yang tidak terlalu berat, saya sangat menyarankan untuk menyaksikan film ini sambil melihat kali kedua Brad Pitt memimpin pasukan untuk membantai tentara- tentara NAZI (dnf)

 

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s