John Wick (2014)

John Wick: Everybody keep asking me if I’m back. I don’t know the answer then. But now I do. Yeah, I’m thinking I’m back.

PHGyeBP6gM3EJO_1_m

Directed By: David Leitch and Chad Stahelski

Cast: Keanu Reeves, Michael Nyqvist, Alfie Allen, Willem Dafoe, Adrianne Palicki, Daniel Bernhardt, Bridget Moynahan, Ian McShane, John Leguizamo

Synopsis:

John Wick (Keanu Reeves) adalah mantan hitman mafia yang memutuskan untuk mundur dari dunianya setelah bertemu dan ingin menikahi istrinya, Helen (Bridget Moynahan). Namun sayangnya kisah cinta mereka tidak sampai 5 tahun, sebab Helen menderita sakit keras dan harus meninggal. Namun sebelum meninggal, Helen sempat membeli anak anjing yang diperuntukkan untuk menghapus kesepian dan duka yang diderita John Wick.

Namun kemalangan tidak sampai di situ. Rumah John didatangi perampok yang selain menghajar John dan mencuri mobil Mustang-nya, juga membunuh anjing pemberian mendiang istri dengan kejam.

Tanpa diketahui oleh sang perampok, Iosef Tarasov (Alfie Allen), dia salah pilih target kejahatan. Karena ternyata John Wick adalah mantan hitman yang kerap disewa oleh ayahnya, Viggo Tarasov (Michael Nyqvist). Dan semasa bertugas, John Wick adalah orang yang paling ditakuti di dunia kriminal, bahkan Viggo pun tidak mau berurusan dengannya.

Review:

John-Wick-Movie (7)

Gun Fu adalah sebuah terms yang pertama kali ditampilkan oleh John Woo lewat A Better Tomorrow pada tahun 1986. Istilah Gun Fu itu sendiri merupakan perpaduan antara Gun dan Kung Fu. Jadi bisa diartikan Gun Fu adalah proses penggunaan senjata api yang dipadukan dengan ilmu bela diri, atau pada pengembangannya, dengan aksi- aksi akrobatik. Tidak terbatas hanya menggunakan handgun saja. Namun bisa menggunakan shotgun, rifle, ataupun RPG Launcher.

ap

Berbanding lurus dengan perkembangan jaman, teknik Gun Fu, mengalami pengembangan yang lebih jauh lagi. Lewat film Equilibrium yang diperankan oleh Christian Bale pada tahun 2002, terdapat teknik bela diri yang disebut Gun Kata. Gun Kata lebih memperhitungkan gerakan lawan dan menganalisa probabilitas serangan lawan. Berbeda dengan Gun Fu yang lebih mengandalkan refleks tanpa perhitungan yang lebih akurat. Di era modern, Gun Fu telah menjadi suatu keharusan agar adegan aksi yang ditampilkan tampak lebih cool dan keren. Bukan hanya film yang menampilkan martial arts saja seperti The Raid, The Matrix, Romeo Must Die, dan Rapid Fire yang menampilkan teknik Gun Fu. Film- film semacam Desperado, Wanted, The Transporter, dan Ultraviolet juga menggunakan teknik tersebut.

koaia

John Wick juga merupakan salah satu film modern yang kental dengan penggunaan Gun Fu. Di atas kertas, film ini memiliki syarat lengkap untuk sebuah film direct- to- video. Apalagi melihat premis serta plot film yang sepertinya sepele dan sangat murahan; Seorang pembunuh bayaran membabi buta membantai puluhan mafia hanya karena mobilnya dicuri dan anjingnya dibunuh. Hell, just put John Cena in the cast and you wouldn’t be seeing it in the Cinema. Namun efek kebintangan Keanu Reeves serta koreografi fighting serta adegan aksi yang ditampilkan serta merta mengangkat derajat film ini menjadi salah satu film aksi terbaik tahun 2014.

BN-FE806_wick_G_20141024094212

Yup, koreografi Gun Fu yang ditampilkan di film ini bisa dikatakan merupakan salah satu adegan Gun Fu terbaik dari aktor yang bukan merupakan ahli bela diri. Aksi yang ditampilkan cukup brutal dan fun. Film ini memang memiliki standar untuk memuaskan para action freaks. Tanpa basa- basi, naskah yang ditulis oleh Derek Kolstad, sangat straight-to-the-point dengan pace yang cepat. Yang lebih membuat saya terpukau adalah bahwa film ini disutradarai oleh 2 orang stunt coordinator yang sama sekali belum memiliki pengalaman menyutradarai di CVnya. Yah mungkin karena memang yang nanganin lansung duet stunt coordinator, makanya paham betul bagaimana menonjokan adegan aksi yang apik demi menutupi naskah yang terlalu cheesy.

pop

Keanu Reeves memang sangat pas jika memerankan film aksi. Sama halnya dengan Channing Tatum, Reeves tidak memiliki bakat akting yang baik, namun memiliki faktor luck yang bagus. Mungkin juga rezekinya yang bagus karena Reeves terkenal sebagai aktor yang murah hati dan dermawan. Sehingga dirinya bisa dikontrak untuk film- film kaya Point Break, Dracula, dan film yang sempat heboh, bukan karena memang bagus saja, namun juga heboh karena potongan rambutnya yang nge-trend, Speed. Template wajahnya yang tidak bisa berakting dan cenderung dingin itu memang pas jika untuk bermain film aksi. Ditambah lagi postur tubuhnya yang tinggi (1.86 meter…. beda 1 cm sama penulis review ini), otomatis bisa menambah aura threatening.

john-wick

Pemeran- pemeran pendukungnya merupakan orang- orang yang cukup punya nama di Hollywood. Sebut saja Ian McShane, Adrianne Palicki, Willem Dafoe, Michael Nyqvist, dan aktor laga yang menggantikan Van Damme di kontinuitas franchise Bloodsport, Daniel Bernhardt. Kehadiran nama- nama tersebut cukup memberikan fun tersendiri bagi film ini. Peran- peran yang diberikannyapun cukup pas untuk karakter masing- masing.

TMN_8943.NEF

Sinematografi serta musik pengiring yang dihadirkan juga efektif memberikan nyawa yang membuat film aksi ini lebih mengasyikan. Dan untuk lebih mengentalkan unsur fun film ini, unsur dark comedy di beberapa adegan cukup efektif mengundang tawa penonton. Terutama untuk menggambarkan bagaimana mengerikannya sosok seorang John Wick.

john_wick2

Akhir kata, John Wick, menjelma menjadi sebuah tonton aksi seru yang bagus dan sangat direkomendasikan. Bersanding bersama The Equalizer, John Wick cukup bisa mengobati kekecewaan para penggemar film- film keras terhadap film The Expendables 3 yang dinilai terlalu soft. Sequel probability? Melihat respond penonton serta rating yang tinggi di IMDB dan Rotten Tomatoes bisa jadi minimal 2 tahun ke depan akan segera dibuat kelanjutannya. Dan saya berharap tetap mempertahankan trademark film ini yang menggunakan koreogarfi aksi gun fu yang fantastis dengan cerita yang tetap cheesy. Mungkin John Wick nanti miara kucing dan kucingnya mandi… eh mati dibunuh Yakuza? Who knows? (dnf)

Rating:

8.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s