Interstellar (2014)

Cooper: Mankind was born on Earth. It was never meant to die here.

interstellar-poster

Directed By: Christopher Nolan

Cast: Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Michael Caine, Jessica Chastain, Casey Affleck, Ellen Burstyn, John Lithgow, Mackenzie Foy, Timothee Chalamet, Wes Bentley, David Gyasi, Topher Grace, Matt Damon, Bill Irwin, Josh Stewart

Synopsis:

Tidak jauh di masa depan, bumi sudah mengalami krisis pangan dan udara bersih yang diakibatkan oleh semakin menuanya planet ketiga di sistem tata surya tersebut. Pemerintah kemudian lebih memfokuskan penggunaan dana untuk kebutuhan pangan ketimbang kemajuan teknologi. Pada masa itu, seorang mantan pilot NASA, Cooper (Matthew McConaughey) menemukan kejadian- kejadian aneh di kamar putrinya, Murph (Mackenzie Foy/ Jessica Chastain/ Ellen Burstyn) yang kemudian membawanya ke pangkalan rahasia NASA dan bertemu dengan mantan mentornya, Professor Brand (Michael Caine) yang langsung meminta Cooper untuk ikut bergabung dalam misi eksplorasi untuk mencari planet yang bisa ditinggali oleh manusia.

Tanpa memperdulikan peringatan dari Murph yang merasakan perasaan tidak enak akan kepergian sang ayah, Cooper bergabung dengan misi eskplorasi tersebut bersama ketiga ahli, Amelia Brand (Anne Hathaway), Doyle (Wes Bentley), dan Romilly (David Gyasi). Namun apa yang terjadi ternyata akan memberikan dampak besar terhadap perubahan hidup Cooper dan masa depan umat manusia.

Review:

interstellar_02

Dalam satu dekade belakangan ini, nama Christopher Nolan, telah menjadi magnet tersendiri bagi dunie perfilman. Bagi para aktor/ aktris, bergabung dengan film Christopher Nolan adalah kebanggan tersendiri dan dapat mempercantik CV-nya. Bagi para penonton, karya- karya Christopher Nolan sangat menjanjikan dari segi kualitas, cerita, maupun bobot naskah yang bagus. Hal tersebut dimulai dari kesuksesan Batman Begins. Padahal sebelumnya, Christopher Nolan sudah berhasil menciptakan karya- karya yang indah lewat film- film semacam Memento dan Insomnia. Namun baru lewat Batman Begins-lah penonton awam mulai mengenal kejeniusan karya Christopher Nolan, meskipun tidak sedikit yang masih bingung dengan kisah yang disajikan.

interstellar-ft

Saking kuatnya sosok Chritopher Nolan, banyak yang menyangka kalau Interstellar adalah hasil pemikirannya. Padahal sebenarnya proyek Interstella dilahirkan dari buah pemikiran produser Lynda Obst dan ahli astrofisika Kip Thorne, yang pada awalnya diperuntukkan untuk Steven Spielberg dengan Jonathan Nolan pada kursi penulis naskah. Namun seiring dengan akuisisi Dreamworks dari Disney ke Paramount, proyek inipun otomatis berpindah tangan dari Spielberg ke abang sang penulis naskah, Christopher Nolan.

da

Dengan adanya perpindahan tersebut, naskah yang tadinya sudah hampir siap dirombak dengan tambal sulam di sana- sini. Hal ini disebabkan oleh ciri khas Christopher Nolan yang doyan memasukkan unsur realistis dalam karya- karya fiksi. Dalam arti kata sefiksi apapun karya yang dibuat, harus menggunakan penjelasan- penjelasan realistis yang bisa diterima akal sehat.

aawww

Meskipun memiliki naskah yang cenderung berat, apalagi bagi mereka yang tidak mendalami ilmu astrofisika, Interstellar merupakan sajian yang masih enak dinikmati. Terlihat dari unsur pop corn movie yang masih terasa di filmnya. Meskipun menjadi salah satu tribute bagi film- film sci-fi tahun 60-an, di mana saat itu plot eksplorasi luar angkasa sedang menjadi trend paska pendaratan manusia pertama di bulan, Interstellar tidak langsung terjebak menjadi sebuah sajian yang hanya bisa dinikmati penggemar sci- fi belaka. Dengan kejeniusan duo Nolan, mereka memasukan father-to- daughter relationship yang cukup kuat menjadi salah satu plot terbesar dari film ini.

url

Nolans mengerti bahwa penonton yang datang membeli karcis bioskop, mostly bukanlah seorang science freak yang mengerti seluk beluk istilah worm hole, Murphy’s Law, teori relativitas, ataupun istilah- istilah fisika yang dipakai di film ini. Maka itu banyak sekali dialog- dialog cerdas yang menjelaskan secara singkat perihal teor- teori yang cukup “aneh” di telinga kebanyakan orang. Selain itu, interaksi antarkarakter yang dihadirkan juga cukup baik dengan didukung oleh kualitas akting yang mumpuni dari bintang- bintang lintas generasi. Selain itu character development yang ditampilkan cukup kuat.

rio

Salah satu ciri Chritopher Nolan adalah proses seleksi cast yang baik dengan hasil yang sempurna. Dan apabila sang sutradara puas, maka otomatis sang aktor/ aktris akan dipakai lagi di film berikutnya. Sama halnya dengan Anne Hathaway dan Michael Caine yang di film ini diplot sebagai ayah anak dengan akting yang sempurna. Dan sebagai pemeran utama, aktor yang awal tahun ini mendapatkan Oscar, Matthew McConaughey, dipilih menjadi Cooper dengan menampilkan salah satu penampilan terbaiknya sepanjang karirnya, pun dengan chemistry-nya yang kuat dengan Jessica Chastain, meski tidak ada satu adeganpun yang mereka bertemu secara langsung. Sisa para cast yang sudah saya sebutkan di awal artikel ini juga semakin menjadikan film ini semakin mantap.

Matthew-McConaughey-in-Interstellar-2014-Movie-Image

Dari segi audio- visual sangatlah menjanjikan. Dengan sinematografi yang bagus, film ini berhasil menggambarkan depresi kehidupan di muka bumi dan luar angkasa yang sangat indah. Ditambah lagi dengan special effect yang mumpuni. Selain itu unsur sound editing serta sound effect cukup apik dan menggelegar. Sayapun sangat menyarankan untuk menyaksikan dalam format IMAX, meskipun saya hanya sempat menoton format 2D. Dengan pencapaian yang apik itu, saya berasumsi juri Oscar mau melirik film ini untuk kategori- kategori yang melibatkan unsur audio dan visual.

2014-11-04-interstellar2.thm_

Overall, Interstellar adalah sebuah sajian paket lengkap pemuas dahaga penggemar film- film bermutu. Dengan jajaran cast yang menjanjikan, serta teknik- teknik sinematografi yang over the top. Unsur cerita yang kali ini memiliki kadar kekentalan unsur drama yang lebih dibandingkan film- film Nolan lainnya, menjadikan film ini sebagai salah satu sci- fi terbaik untuk beberapa tahun belakangan ini. Meskipun sebenarnya dari teori- teori yang disajikan bukanlah merupakan hal yang baru untuk diangkat ke layar lebar. Ditambah dengan twist plot yang, mungkin bagi sebagian orang cukup aneh. Namun bagi penggemar film- film Sci- Fi, twist yang dihadirkan adalah hal yang lumrah. Bahkan saya berani jamin, penggemar genre semacam ini pasti sudah bisa menebak salah satu twist dari pertengahan film. (dnf)

Rating:

8.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s