Kung Fu Jungle (2014)

Kung-Fu-Jungle-Donnie-Yen-cover

Directed By: Teddy Chan

Cast: Donnie Yen, Wang Baoqiang, Charlie Young, Michelle Bai

Synopsis:

Ha Hou- mou (Donnie Yen) adalah seorang instruktur bela diri kepolisian yang tanpa sengaja membunuh seorang ahli bela diri dalam adu tanding untuk membuktikan siapa yang terbaik. Diapun divonis 5 tahun untuk menebus kesalahannya.

Namun 3 tahun setelah menjalankan masa tahanannya, terjadilah sebuah pembunuhan yang dilakukan oleh seorang ahli bela diri yang memiliki kelainan fisik pada kaki, Fung Yu-sau (Wang Baoqiang). Ha yang mengetahui motif pelaku, menawarkan diri untuk membantu memecahkan kasus tersebut yang dipimpin oleh polisi wanita, Luk Yue-sum (Charlie Young) dengan bayaran pembebasan dirinya.

Review:

kfj-pics-1

Hong Kong merupakan surga bagi penikmat film bela diri. Karena memang dari negara inilah, martial arts movie diperkenalkan dan menjadi populer di dunia. Hal ini tidak lepas dari sepak terjang Shaw Brothers, sebuah production house asal Hong Kong yang sangat populer di era 60-80an.

adadqq

Dari setiap generasi, perfilman Hong Kong-pun turut menyumbangkan nama- nama yang menjadi imej seorang martial arts- action superstar. Sebut saja Bruce Lee yang merajai genre tersebut di tahun 70-an. Lalu selama kurang lebih 2 dekade, nama- nama seperti Jacky Chan dan Jet Li menjadi jaminan kesuksesan sebuah film martial arts di medio 80 sampai 90-an. Untuk tahun 2000-an, muncul sebuah nama, yang sebenarnya sudah cukup lama malang melintang di industri perfilman, bahkan sempat mengambil peran di film- film Hollywood, namun pamornya masih belum mampu mengalahkan nama- nama yang saya sebutkan tadi. Dia adalah Donnie Yen.

kungfujungle-lemmebreakthat_0

Meskipun sebelumnya sempat naik daun lewat SPL, Flashpoint, dan Seven Swords, titik balik karir Donnie Yen tidak luput dari kesuksesan film Ip Man, yang selain melabungkan namanya ke dalam jajaran bintang papan atas Hong Kong, juga membuat tren terbaru perfilman Kung Fu yang mengangkat guru Bruce Lee tersebut menjadi protagonis utama. Sama halnya dengan karakter Wong Fei Hung yang sempat beken di tahun 80-an.

Kung Fu Jungle Pics - 12

Paska film Ip Man, Yen sempat bermain dalam film- film aksi ebla diri lainnya, yang memiliki kualitas menurun, namun berkat kebesaran namanya menuai box office yang cukup tinggi. Sebut saja semacam Special ID, The Monkey King, dan Ice Man. Namun semua itu terbayarkan dengan penampilan terakhir dari filmKung Fu Jungle, yang mempunyai judul asli 一個人的武林 ini.

kung-fu-jungle-004

Bisa dikatakan bahwa film ini sendiri merupakan surat cinta untuk genre film aksi bela diri. Terlebih untuk film- film legendaris. Karena selain memasukkan beraneka ragam seni bela diri, dengan cerdas Teddy Chan memasukan filosofi dasar ilmu bela diri sebagai plot utama dari rangkaian pembunuhan berantai yang menjadi inti cerita film ini. Selain itu surat cinta tersebut juga dibumbui dengan keterlibatan nama- nama dari perfilman Hong Kong lintas generasi yang sudah tidak asing lagi bagi mereka yang mengikuti industri perfilman Hong Kong.

kung-fu-jungle-009

Film ini juga tidak lupa menampilkan adegan- adegan aksi dengan koreografi yang patut diacungi jempol. Chan sadar betul apa yang diharapkan penonton dari sebuah film Donnie Yen. Dengan piawai Yen beserta beberapa nama yang masuk ke dalam tim koreografi meracik perpaduan unsur seni bela diri, bukan hanya Kung Fu, menjadi indah di dalam layar. Sama halnya yang dilakukan oleh Iko Uwais dan Yayan Ruhian lewat The Raid, di mana mereka berhasil mencampur aduk berbagai macam seni bela diri, lengkap dengan ciri khas masing- masing cabang.

KFJ008-thumb-909x545-50738

Yang menjadi nilai lebih dari film ini ketimbang film- film terakhir Donnie Yen adalah naskah yang baik serta storytelling yang menarik. Tanpa melupakan unsur drama mellow yang menjadi ciri khas film- film Asia, Kung Fu Jungle tetap mampu menjaga tensi ketegangan dari awal sampai akhir. Hanya saja ending yang disiapkan untuk mengakhiri sebuah pertarungan klimaks yang seru, sangatlah mengecewakan.

kung-fu-jungle-2014-001-donnie-yen

Dari jajaran cast masih masuk kategori biasa- biasa saja. Namun penampilan Wang Baoqiang, yang memang mempunyai cita- cita menjadi seorang action superstar sejak kecil, patut diacungi jempol. Wang mampu berperan sebagai seorang psikopat gila yang sangat berbahaya. Dari gaya berlaku sampai gaya tersenyumnya memang sangat cocok menggamarkan seseorang yang rada korslet otaknya. Selain Wang mungkin cameo- cameo bintang film lintas generasi akan memberikan senyum simpul bagi penggemar film- film Hong Kong.

url

Last but not least, Kung Fu Jungle merupakan sebuah sajian terbaik Donnie Yen paska Ip Man 2. Dengan koreografi yang menarik serta cara bercerita yang baik, menjadikan film ini sebagai ajang pembuktian eksistensi Donnie Yen masih belum berakhir. Setidaknya untuk 10 tahun ke depan. (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s