The Hunger Games: Mockingjay – Part I (2014)

Katniss Everdeen: I have a message for President Snow: If we burn, you burn with us!

hunger_games_mocking_jay_a_p

Directed By: Francis Lawrence

Cast: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Donald Sutherland, Philip Seymour Hoffman, Julianne Moore, Jeffrey Wright, Stanley Tucci

Synopsis:

Setelah diselamatkan oleh para pemberontak dari District 13, Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) didekati oleh President Coin (Julianne Morre) untuk mau menjadi The Mockingjay, wajah propaganda untuk membakar semangat District- district lain agar mau bergabung untuk menjatuhkan kesewang- wenangan Capitol.

Katniss yang tadinya enggan untuk bergabung merasa terpanggil setelah mengetahui Capitol membumi hanguskan District 12 sebagai balasan karena Katniss tanpa sengaja telah menyulut api pemberontakan di hati masyarakat Panem.

Namun ternyata hal tersebut mendapatkan tantangan berat, setelah diketahui President Snow (Donald Sutherland) telah mencuci otak Peeta Mellark (Josh Hutcherson) untuk menentang Katniss dan pemberontakan tersebut. Lebih jauh lagi, Snow merencanakan sesuatu dengan Peeta yang mengancam keselamatan Katniss.

Review:

la_ca_1023_hunger_games

Tidak banyak film adaptasi franchise novel yang bisa bertahan sampai tamat. So far, hanya judul- judul seperti Harry Potter, The Lord of The Rings, dan Twilight saja yang berhasil memuaskan penggemar novelnya dengan menamatkan keseluruhan seri tanpa ada satupun yang tidak jadi diangkat ke film. Sementara judul- judul seperti The Golden Compass, Narnia, Inkheart, dan Eragon kemungkinan kecil untuk ditamatkan. Ditambah dengan franchise Percy Jackson yang belum jelas masa depannya.

SS_D7-2805.dng

Berpacu dengan waktu adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan agar kelangsungan franchise tersebut bisa langgeng sampai tamat. Apalagi jika sumber yang diangkat adalah bergenre teenflick. Faktor usia para pemain sentral yang semakin hari semakin tua akan menjadi pertimbangan penting kelangsungan franchise tersebut. Maka itu kelangsungan The Golden Compass akan sulit terealisasi karena usia Dakota Blue Richards yang sudah menginjak usia 20 tahun ini.

url

Hal yang menarik lagi jika dilihat dari kelangsungan franchise- franchise tersebut adalah membagi jilid terakhir menjadi 2 bagian. Bisa dilihat dari adaptasi jilid terakhir Twilight dan Harry Potter. Dan untuk ke depannya yang tengah dipersiapkan adalah Phase 3 adapatsi The Avengers dan Allegiant, yang merupakan seri chapter terakhir dari Divergent Trilogy. Bahkan jika diperhatikan franchise The Hobbit yang aslinya hanya berisi 2 judul dijadikan 3 bagian dengan menambahkan beberapa sumber lain. Apa yang menjadi pertimbangan? Sudah pasti menggemukan pemasukan menjadi pertimbangan utama. Meskipun secara bulls**t, produser film beragumen agar tidak ada unsur novel yang dihilangkan dari film. But as smart educated man, kita sudah menebak. Uang alasan utamanya.

SS_D8-3371.dng

Sama halnya dengan seri terakhir dari The Hunger Games yang berjudul Mockingjay ini. Meskipun banyak yang menyayangkan keputusan ini, namun pihak fans sangat antusias dengan terbaginya judul ini menjadi 2 parts. Karena memang di antara ketiga buku dari The Hunger Games trilogy, Mockingjay-lah yang paling mendapatkan respons kurang memuaskan. Meskipun secara penjualan masih terbilang bagus. Karena apa? Karena unsur survival game yang di benak pembaca sudah menjadi trademark seri ini tidak ada sama sekali.

the-hunger-games-mockingjay-part-1-teaser-106782

Hal ini menjadi Pe-Er tersendiri bagi Francis Lawrence yang menjadi tulang punggung kesuksesan bagian pertama ini. Namun sebenarnya tidak usah khawatir, karena performa Jennifer Lawrence, sebagai bintang utama sudah tidak diragukan lagi. Secara kualitas akting, seperti biasa, Jen-Law memberikan sebuah sajian akting berkualitas tinggi. Josh Hutcherson yang biasanya tampil kurang baik, di sini semakin menunjukkan kedewasaan berakting yang sangat bagus. Belum lagi dukungan aktor- aktris watak lainnya seperti Julianne Moore, Woody Harrelson, Donald Sutherland, dan Philip Seymour Hoffman, yang merupakan penampilan terakhirnya sebelum menghembuskan nafas terakhir.

The-Hunger-Games-Mockingjay-Part-1-Latest-Images

Naskah yang disadur oleh Peter Craig dan Danny Strong ini cukup bagus dan cukup menjaga tensi penonton. Di sini konflik pemberontakan yang menjadi tema utama Mockingjay cukup bagus terjaga dari awal sampai akhir. Meskipun unsur melodrama ala telenovela masih tetap dipertahankan di film ini, Lawrence telah menyiapkan beberapa adegan aksi yang menarik yang mungkin dapat menghibur sedikit penonton pria. Unsur melodrama yang diangkat memang sulit untuk dihindari mengingat, itu telah menjadi ciri khas adaptasi novel- novel teenflick. Tapi setidaknya di film ini, Lawrence tidak lupa menyisipkan pengembangan karakter dan membangun tensi yang saya harapkan dapat terbayar lunas di paruh keduanya tahun depan.

the-hunger-games-mockingjay-part-1-lawrence-moore-600x421

Then again, terlepas dari kontroversi para penonton yang kecewa dengan film ini, saya pribadi cukup nyaman menyaksikan film ini. Meskipun secara kualitas tidak bisa menyamai seri pertamanya, tapi setidaknya dengan tidak adanya ekspektasi saat masuk ke ruangan theatre, saya masih mampu menikmati film ini. Khususnya akting Jen-Law, dan adegan- adegan aksi yang lumayan fantastis. Saya masih mengharapkan Lawrence menyimpan sebuah kejuatan yang cukup heboh di tahun depan. Seperti halnya Bill Condon, menyuguhkan adegan epic battle di Breaking Dawn Part 2, yang memberikan efek what-the-f**k bagi para penonton pria, yang terpaksa menonton demi menemani sang pacar. We’ll see… maybe the odds will be in their favor… (dnf)

Rating:

7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s